Ingin Sukses Menjadi Freelance? 6 Tips Ini Dapat Membantu, Lho!

Ingin Sukses Menjadi Freelance? 6 Tips Ini Dapat Membantu, Lho!

font size A Ǎ

Kata freelance sepertinya sudah seringkali terdengar di telinga banyak orang. Ya, jenis pekerjaan yang satu ini nyatanya kerap menjadi pilihan banyak pekerja – karena, bisa memberikan beragam keuntungan, misalnya waktu kerja yang lebih fleksibel. Apakah kamu tertarik menggeluti profesi yang satu ini?

Tidak hanya kamu yang baru lulus kuliah, namun banyak juga karyawan yang sebelumnya bekerja di kantor, kemudian memutuskan untuk menjadi freelancer, lho.

Untukmu yang masih bingung, apa itu freelance? Ini merupakan pekerjaan di mana seseorang bisa bekerja buat dirinya sendiri tanpa harus terikat dengan perusahaan. Dalam beberapa hal, pekerja lepas juga bisa mengatur jam kerja serta menentukan klien yang diinginkan.

Nah, buat kamu yang tertarik menjalaninya, berikut ini 6 tips sederhana yang dapat membantumu sukses dalam menjalani pekerjaan freelance. Yuk, pastikan sudah menyimak informasi lengkapnya sampai habis, ya!

 

#1 – Bangun Personal Branding

Ingin Sukses Menjadi Freelance? 6 Tips Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - industry.co.id

Cara menjadi freelancer yang pertama adalah kamu harus membangun sebuah personal branding. Alasannnya, karena sebagai freelancer, kamu akan bekerja dan mencari klien secara individu, maka dari itu kamu harus bisa memasarkan diri dengan baik.

Dengan membangun personal branding yang baik, klien tentu akan lebih mempercayai kamu beserta keahlian yang kamu miliki. Ini bisa kamu lakukan memajang hasil karya di beragam sosial media. Selain itu, kamu juga bisa membuat konten yang berhubungan dengan hal yang kamu kerjakan, lho.

Kalau sudah begitu, tentu calon klien akan melihat kamu sebagai freelancer yang berkualitas dan tak segan menjalin kerja sama denganmu.

 

#2 – Bekerja Dengan Baik

Saat diberikan pekerjaan oleh klien, pastikan kamu mampu menyelesaikan tugas secara maksimal. Biasanya, masalah yang sering dihadapi oleh seorang freelancer, yaitu rasa malas, mengingat kamu sangat dekat dengan suasan santai – dan pekerjaan fleksibel bisa dilakukan di mana saja.

Maka dari itu, kamu harus mengontrol rasa malas tersebut, sehingga bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan tepat waktu sesuai deadline. Berhubung dirim bekerja dengan klien, tentu saja mereka yang akan menentukan tenggat waktunya, seperti kapan harus menyelesaikan pekerjaan tersebut. Ingatlah, ini merupakan tanggung jawabmu, lho.

Ketika kamu sudah bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik sesuai deadline, klien akan menganggap kamu pribadi yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan. Hal ini akan membuat klien percaya dengan kualitas kerja – dan kamu bisa menjadi freelancer yang sukses!

 

#3 – Tetapkan Upah yang Sesuai

Ingin Sukses Menjadi Freelance? 6 Tips Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - cermati.com

Jangan lupa, tentukan juga upah yang sesuai dengan pekerjaan, ya. Hindari sembarangan! Untuk itu, cobalah mencari tahu dahulu, kira-kira berapa harga di pasaran dari orang-orang yang juga freelancer seperti dirimu.

Lalu setelah itu, bandingkan dengan upah yang ditawarkan oleh calon klien. Dengan membandingkan seperti ini, kamu jadi tahu apakah upah yang kamu tetapkan terlalu kecil atau besar. Tapi kamu juga harus memastikan, bahwa upah yang ditetapkan sesuai dengan kualitas yang diberikan.

Setelah mendapatkan upah, jangan lupa untuk mengaturnya dengan baik untuk bekal di masa depan. Sebagai seorang freelancer tentu kamu bisanya tidak mendapatkan tunjangan hari tua atau asuransi kesehatan dari kantor, karena itu kamu harus menyiapkan dana darurat, asuransi dan jaminan pensiuan seorang diri.

 

#4 – Mengikuti Perkembangan Industri yang Digeluti

Mau sebaik apapun pekerjaan yang kamu lakukan – atau sejago apa dirimu, kamu mesti selalu haus akan ilmu serta mempelajari hal baru, lho. Salah satu hal yang bisa dilakukan, yaitu tetap mengikuti perkembangan mengenai informasi dan ilmu terbaru dalam industri yang digeluti.

Dengan mengetahui sejumlah tren yang berkembang di masyarakat, tentu saja kamu dapat memberikan hasil yang lebih relevan untuk klien di kemudian hari. Nah, cara sukses menjadi freelancer ini juga bisa membuat klien jatuh hati, karena kamu dapat menawarkan topik terkini kepada mereka.

 

#5 – Kerjakan Hal yang Disukai

Ingin Sukses Menjadi Freelance? 6 Tips Ini Dapat Membantu, Lho!

Credit Image - nesabamedia.com

Tidak ada yang lebih penting dari poin terakhir ini. Ketika memutuskan untuk menjadi freelancer, pastikan kamu menggeluti tidak hanya bidang yang kamu suka, tapi membuatmu bergairah setiap kali melakukannya.

Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa bidang tersebut tidak membuat kamu bosan untuk terus mempelajari hal-hal baru darinya. Dengan begitu, ke depannya kamu akan tetap semangat walaupun mengalami kesulitan ketika mengerjakannya.

Nantinya, walaupun ada rasa malas menghadang, kamu akan tetap berusaha menyelesaikan pekerjaan tersebut.

 

#6 – Tetap Jaga Stamina Agar Produktivitas Terjaga

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, maka tingkat produktivitas pun bisa jalan terus, benar kan? Nah, dalam hal ini, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah mengetahui beragam tips untuk menjadi freelancer sukses, ya. Bagimu yang tertarik menggeluti jenis profesi ini, yuk, terapkan 6 hal di atas!

 

 

Featured Image – idntifia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!