Jika ingin memiliki berat badan ideal, sebenarnya sah- sah saja untuk mulai berdiet. Namun, kamu harus melakukan cara diet yang sehat agar rencana dietmu berjalan dengan baik dan berat badan pun turun tanpa membahayakan kesehatan tubuh.

Diet sering diartikan sebagai usaha menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Itu sebabnya banyak yang menganggap bahwa diet hanya perlu dijalani oleh orang gemuk saja. Padahal, diet merupakan kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Jadi, jika kamu terbiasa makan banyak buah dan sayur berarti kamu menjalani diet tinggi serat.

Kalau tujuan utama dietmu adalah untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini cara diet sehat yang perlu kamu terapkan:

1. Pilih makanan yang tepat

Credit: Jawapos

Jika selama ini kamu terbiasa makan makanan berlemak, asin, atau berminyak, sebaiknya mulai tukar menu makanmu dengan yang lebih sehat. Pilih makanan yang bisa mendukung diet sehatmu seperti sayur, buah, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang, susu, dan produk susu rendah lemak.

2. Atur porsi

Credit: HipWOW - WordPress.com

Untuk menerapkan diet sehat, kamu harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat, lauk protein, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral dari sayuran.

3. Buat jadwal makan teratur

Credit: Hipwee

Setiap waktu makan itu penting bagimu. Melewatkan waktu makan justru akan mengacaukan diet sehatmu. Kamu bisa membagi 3 waktu makan besarmu menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil.

4. Kurangi gula dan garam

Credit: Hipwee

Selain mengatur porsi makan, kamu juga harus lebih bijak membatasi konsumsi garam, gula, lemak trans, dan minyak. Makanan yang mengandung bahan- bahan tersebut dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti diabetes, hipertensi, kolesterol, dan jantung. Kamu bisa mengganti gula pasir dengan gula murni dengan pemanis rendah kalori. Karena pemanis alternative cendrung lebih aman bagi tubuhmu.

5. Rajin olahraga

Credit: Jawapos

Dalam menjalankan diet sehat, mengatur porsi makan saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan olahraga rutin. Jadi, mulailah untuk membiasakan diri olahraga secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari. Kamu bisa memulai olahraga dengan jalan- jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumahmu. Dan jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan kewajiban.

 

Featured Image - Unsplash.com/@brookelark