Ternyata, Ini 5 Pantangan Sakit Tipes, Wajib Dihindari, Ya!

Ternyata, Ini 5 Pantangan Sakit Tipes, Wajib Dihindari, Ya!

Selama musim pancaroba, tidak hanya batuk, pilek, dan diare saja yang kerap menyerang, namun begitu juga dengan tipes – yang kerap menjangkit banyak individu. Saat sakit tipes, umumnya kamu harus istirahat secara total, baik di rumah maupun di rumah sakit.

Nah, di masa penyembuhan, tentu saja ada beragam pantangan sakit tipes yang wajib kamu hindari, sehingga dapat lekas sembuh. Memang, tipes biasanya dapat sembuh sendiri seiring berjalannya waktu, asalkan kamu sudah beristirahat secara penuh.

Tipes atau disebut juga demam tifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi yang bisa menyebar di lingkungan kotor serta sanitasi air buruk. Nantinya, bakteri dapat masuk melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Lantas, apa saja pantangan sakit tipes yang perlu dihindari dahulu? Berikut ini 5 di antaranya!

 

 

Jajan Sembarangan

Ternyata, Ini 5 Pantangan Sakit Tipes, Wajib Dihindari, Ya!

Credit Image - plimbi.com

Meski sedang sakit tipes, keinginan untuk jajan di pedagang kaki lima mungkin tetap ada. Apalagi jajanan pinggir jalan kerap lebih menggugah selera ketimbang “makanan orang sakit”, seperti bubur. Namun, pantangan sakit tipes ini perlu dihindari, lho.

Membali makanan sembarangan justru menjadi pantangan paling utama dan pertama saat kamu sakit tipes. Pantangan ini juga bahkan tetap harus dilanjutkan setelah kamu sembuh sekali pun.

Jajan sembarangan dilarang karena kamu tidak pernah tahu bagaimana cara si pedagang menyiapkan memasak, menghidangkan masakannya, sampai caranya membersihkan peralatan masaknya. Selain itu, kamu juga tidak bisa tahu apakah pedagang sudah cuci tangan atau bahan makanan yang dipakainya benar-benar sehat dan segar atau tidak.

Makanan dan minuman yang tidak higienis adalah penyebab terjadinya tipes. Jajan sembarangan saat tipes justru dapat semakin memperparah gejalanya. Bakteri Salmonella typhi bisa hidup dan berpindah ke dalam makanan dari tangan orang yang terkontaminasi feses.

 

Konsumsi Makanan Mentah

Dikutip dari Mayo Clinic, makan makanan mentah atau kurang matang adalah pantangan sakit tipes yang harus dipatuhi. Pasalnya, jenis makanan tersebut dapat mengandung bakteri seperti Salmonella, E. coli, dan Listeria yang dapat memperparah infeksi.

Umumnya, makanan yang termasuk dalam pantangan sakit tipes, seperti buah dan sayur yang tidak dicuci dan dimasak, salad sayur yang tidak diolah sendiri, susu dan produk olahannya yang tidak melewati proses pasteurisasi, daging mentah – atau setengah matang, kerang dan udang mentah, serta ikan mentah – seperti sushi dan sashimi.

Ada baiknya, selalu cuci bersih dan masaklah setiap bahan makanan sampai matang sempurna. Pastikan juga kamu membersihkan peralatan masaknya seperti talenan, pisau, hingga sendok dan garpu sebelum dipakai.

Setelah digunakan untuk mengolah makanan mentah atau daging, kamu wajib mencuci lagi peralatan makan tersebut sebelum digunakan untuk mengolah bahan mentah lainnya. Pastikan mencuci semua buah dan sayuran mentah dengan air matang dan bersih sebelum dikonsumsi.

 

Minum Air Sembarangan

Ternyata, Ini 5 Pantangan Sakit Tipes, Wajib Dihindari, Ya!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Pantangan sakit tipes selanjutnya, yaitu minum air yang tidak higienis. Saat masih kena tipes, hindari minum air putih yang tidak diolah, misalnya air keran atau air galon kemasan isi ulang eceran.

Mengonsumsi minuman yang dijual sembarang di pinggir jalan atau minum air yang tidak jelas sumbernya dari mana bisa membuat tipes semakin parah karena berisiko terkontaminasi oleh bakteri Salmonella typhi. Tak kalah penting, pantangan tipes selanjutnya adalah jangan jajan minuman dingin yang pakai es batu bongkahan saat di luar rumah.

Jadi, kamu disarankan hanya minum air matang, air kemasan botol, atau minuman ringan dalam kemasan. Gunakan juga air matang saat berkumur habis menggosok gigi. Cobalah untuk tidak menelan air mentah saat di kamar mandi.

 

Tak Mencuci Tangan, Apalagi Setelah Habis dari Toilet

Ingat, kamu jangan sampai lupa untuk cuci tangan setelah dan sebelum dari toilet selama masih sakit tipes. Pasalnya, bakteri Salmonella yang ada di dalam tubuh bisa berpindah ke tangan kamu dari feses sehabis buang air besar.

Apabila kamu menyentuh dan menggunakan benda lain sehabis dari toilet, bakteri bisa berpindah ke orang sehat lainnya yang menyentuh benda yang sudah disentuh sebelumnya. Penting untuk selalu langsung cuci tangan sesudah dari toilet pakai air dan sabu demi mencegah penyebaran tipes.

 

Aktivitas Terlalu Berat

Ternyata, Ini 5 Pantangan Sakit Tipes, Wajib Dihindari, Ya!

Credit Image - omilights.com

Ketika sedang sakit tipes, kamu biasanya dianjurkan untuk untuk cuti kerja atau absen sekolah agar bisa istirahat semaksimal mungkin di rumah. Selama waktu ini, kamu pantang untuk beraktivitas terlalu berat karena dapat memperlambat proses penyembuhan dari tipes.

Tubuh membutuhkan waktu dan energi untuk melawan bakteri Salmonella typhi. Selain itu, tidur dan istirahat di rumah dapat membantu memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak karena infeksi bakteri. Sehingga ini dapat mempercepat pemulihan sakit tipes.

Istirahat di rumah juga dapat mencegah penyebaran sakit tipes kepada orang lain di sekolah, lingkungan rumah, atau tempat kerja. Jadi, pantangan sakit tipes ini sangat perlu dipatuhi, ya.

 

Tips Mencegah Sakit Tipes

Kalau kamu sudah mengetahui berbagai pantangan sakit tipes, kini, waktunya mengenali beragam cara mencegahnya. Memang, mencegah lebih baik dibanding harus mengobati, kan? Nah, ada pun beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari tipes, yaitu:

  • Rutin cuci tangan
  • Konsumsi air matang dan minum dari wadah yang sudah dicuci bersih
  • Jaga kebersihan makanan, hindari jajan sembarangan. Ada baiknya, kamu memasak sendiri di rumah
  • Bisa juga dengan mendapatkan vaksin tifoid
  • Yang penting – selalu terapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat – baik diterapkan untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan begitu imunitas pun tetap bekerja secara optimal dan kamu pun terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk gejala tipes.

Kamu dapat menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin berolahraga, istirahat yang cukup, penuhi kebutuhan cairan tubuh, serta kelola stres dengan baik. Dan yang tak boleh dilupakan – penuhi pula kebutuhan vitamin yang berperan untuk menjaga kekebalan tubuh.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – dua jenis vitamin yang penting dipenuhi, yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks – berperan efektif untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama selama musim hujan.

Bagaimana cara penuhinya? Mudahnya, kamu dapat mengonsumsi multivitamin. Direkomendasikan minum Enervon-C  dan Enervon Active.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk memperoleh produk Enervon yang tepat kamu bisa membelinya di official store Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, temukan produk Enervon di drug store terdekat.

 

Wah, itulah beragam jenis pantangan sakit tipes yang penting dipatuhi ketika sedang terserang penyakit tersebut. Dengan demikian, kondisi tubuh bisa semakin cepat pulih, lho!

 

 

Featured Image – halodoc.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!