Tahukah kamu bahwa penilaian kinerja dalam suatu perusahaan bisa mendatangkan banyak manfaat positif, baik bagi sisi manajemen maupun karyawannya? Ya, kegiatan tersebut dapat membantu menghilangkan masalah perilaku sampai meningkatkan kualitas kerja, lho.

Sudahkah kantor tempatmu bekerja menerapkan sistem penilaian kinerja secara rutin? Ingat, penilaian kinerja merupakan bagian penting dari departemen human resources. Hal ini juga akan membantu meningkatkan motivasi karyawan, sehingga bisa memberikan kontribusi yang lebih banyak. Kalau sudah gini, produktivitas pun juga meningkat, kan?

Tak hanya itu saja, tapi masih ada beberapa manfaat lainnya dari penilaian kerja. Tanpa perlu berlama-lama, yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Meningkatkan Motivasi dan Kepuasan Karyawan

Credit Image - today.line.me

kegiatan penilaian kinerja adalah wadah di mana karyawan diakui atas pekerjaannya yang baik dan penting untuk mengenali pekerjaan yang dilakukan oleh seorang karyawan. Sekalipun karyawan tersebut tidak melakukan pekerjaan dengan baik, penting untuk menunjukkan bahwa organisasi tersebut tertarik dengan kinerja individu dan pertumbuhan mereka di perusahaan.

Nantinya, hal tersebut akan memotivasi karyawan untuk bekerja keras – yang pastinya juga dapat menguntungkan perusahaan. Program penilaian reguler dapat berdampak mendalam pada tingkat kepuasan dan motivasi karyawan.

Spencer Johnson dalam bukunya “One Minute Manager” menegaskan bahwa memberikan feedback adalah tugas utama seorang manajer.  Ini dibenarkan oleh banyak ahli psikologis karena saran yang konstruktif akan membangun motivasi karyawan. Dan kamu pun tahu karyawan yang termotivasi akan berusaha untuk meningkatkan kinerjanya.

 

Mengetahui Kebutuhan Pelatihan

Selama pertemuan penilaian kinerja, perusahaan dapat menunjukkan area-area di mana karyawan perlu ditingkatkan. Karyawan dapat melihat data dan setuju dengan atasan, dan kemudian menyusun rencana untuk pelatihan dan pengembangan.

Pelatihan ini akan membantu karyawan untuk berkinerja lebih baik dan itu akan membuka jalan menuju pertumbuhan di masa depan. Perusahaan dapat melihat data penilaian tersebut, lalu memutuskan bidang mana saja yang memerlukan peningkatan, baik berkaitan dengan kinerja individu maupun tim. Kemudian, perusahaan bisa segera merencanakan pelatihan karyawan.

Penilaian kerja yang baik akan memberikan kesempatan pada karyawan untuk memberikan penilaian terhadap dirinya sendiri – dan juga memberikan masukan mengenai pengembangan diri yang diinginkan.  

Bisa dikatakan, dengan penilaian kinerja, para atasan dapat mengarahkan pengembangan dan pelatihan yang dibutuhkan karyawannya untuk berhasil.

 

Menganalisa Data Penilaian Guna Perekrutan yang Lebih Baik

Credit Image - finance.detik.com

Data penilaian kinerja membantu dalam memantau keberhasilan praktik rekrutmen perusahaan. Analisa data penilaian kinerja dapat digunakan untuk melihat keterampilan atau kepribadian yang saat ini kekurangan dan akan dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan perusahaan.

Jadi, ke depannya, tim rekrutmen dapat diarahkan pada pencarian orang yang dibutuhkan. Sebagai contoh, seberapa baik kinerja karyawan yang dipekerjakan dalam satu atau dua tahun terakhir. Berdasarkan hal itu, departemen SDM dapat menyusun strategi perekrutan di masa depan.

 

Meningkatkan Komunikasi Dalam Perusahaan

Kesenjangan komunikasi antara manajemen dan karyawan seringkali terjadi, terutama ketika karyawan baru di perusahaan. Penilaian kinerja yang dilakukan secara rutin akan membantu memecah komunikasi yang lebih baik mengarah pada produktivitas yang lebih baik.  

Perusahaan yang menerapkan penilaian kinerja berkesinambungan melalui “on-going discussion” akan menciptakan komunikasi yang baik antara manajer dan karyawan.

Dengan pertemuan yang lebih rutin dan teratur, karyawan akan terus menerus mendapatkan feedback yang berguna untuk membenarkan cara kerja atau perilaku yang dinilai kurang baik, sehingga perbaikan kinerja dapat dilakukan sejak awal.

Pertemuan peningkatan kinerja yang baik juga mendorong karyawan untuk memberikan performanya, sehingga tercipta komunikasi dua arah antara manajemen dan karyawan yang akan meningkatkan motivasi karyawan.

 

Agar Produktivitas Terjaga, Pastikan Kamu Sudah Memenuhi Kebutuhan Vitamin!

Credit Image - idxchannel.com

Kamu pasti tahu bahwa menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, maka tingkat produktivitas pun bisa jalan terus, sehingga pekerjaan bisa dilakukan secara maksimal, lalu kamu pun bisa memiliki penilaian yang baik di kantor! Untuk itu, sangat direkomendasikan rutin mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, itulah sejumlah manfaat penilaian kerja yang sebaiknya dilakukan secara rutin, sehingga para karyawan mampu memberikan performa terbaiknya. Lantas, apakah di tempat kamu bekerja sudah ada kegiatan yang satu ini?

 

 

Featured Image – glints.com