Untuk menenangkan diri, apalagi masa pandemi dan tengah meningkatnya kasus positif varian Omicron, tak sedikit orang yang mempraktikkan meditasi. Ini merupakan metode yang melibatkan pemusatan pikiran, sehingga dapat meningkatkan kesadaran, mengurangi stres dan cemas, serta meningkatkan kesejahteraan dalam diri.

Lebih dari itu, meditasi juga bisa memberikan manfaat baik buat kesehatan fisik. Jika kondisi mental sudah baik – tentunya kesehatan fisik turut terjaga serta imunitas pun tak mudah lemah. Apakah kamu tertarik mencoba meditasi?

Berikut ini 5 tips mudah melakukan meditasi di rumah, yuk, mulai diterapkan!

 

 

#1 – Gunakan Tempat yang Nyaman

Credit Image - berita.baca.co.id

Langkah pertama adalah temukan area yang nyaman di rumahmu tanpa banyak gangguan. Ini bisa di mana saja seperti kursi favoritmu, sofa, sudut di rumah, atau kamar tidurmu. Kamu dapat berbaring jika kamu mau. Namun sebenarnya duduk dapat membantu mencegah kamu tertidur. 

Idealnya untuk melakukan meditasi, kamu harus santai tapi juga harus sadar. Akan sangat membantu untuk bermeditasi di tempat yang sama setiap hari jika itu memungkinkan agar otak terbantu untuk menciptakan kebiasaan baru yang sehat.

 

#2 – Gunakan Pengingat Harian

Kemudian, perlu diketahui bahwa akan membantu jika kamu mengatur pengingat untuk bermeditasi pada waktu yang sama setiap hari. Hal ini juga dapat membantumu membangun kebiasaan yang bertahan lama.

Kamu bisa memulai mengatur waktu meditasi di pagi hari saat bangun tidur. Namun, jika kamu sulit dan sibuk, melakukannya sebelum tidur pun tidak apa-apa dilakukan. Yang terpenting, kamu bisa konsisten dalam melakukan meditasi, ya.

 

#3 – Ambil Langkah Kecil Dahulu

Credit Image - halodoc.com

Dibutuhkan banyak latihan dan kesabaran untuk memusatkan perhatianmu pada satu hal di satu waktu. Jadi, disarankan untuk mengambil langkah kecil saat kamu baru memulai. Cobalah meditasi yang lebih pendek pada awalnya dan lanjutkan ke meditasi yang lebih panjang. 

Tidak ada jangka waktu yang ditetapkan, kok. Sehingga kamu bisa melakukannya sesuai dengan kebutuhanmu. Lalu, hindari terlalu terburu-buru dalam melakukannya. Pastikan kamu bisa enjoy selama proses meditasi!

 

#4 – Mencoba Berbagai Jenis Meditasi

Terdapat berbagai jenis meditasi yang mungkin dapat kamu coba. Namun ingat, mungkin ada perasaan kurang cocok terhadap satu jenis meditasi. Hal ini tidak menjadi masalah, kok. Kamu bisa mencoba berbagai jenis tersebut – dan menemukan yang paling cocok untukmu.

Ada tiga jenis meditasi, yaitu cinta kasih, pemindaian tubuh, dan perhatian terpusat.

Jenis meditasi cinta kasih adalah cara yang bagus untuk menumbuhkan belas kasih bagi diri sendiri dan orang lain. Meditasi ini membuka hatimu dan membantumu melihat betapa saling berhubungannya kita semua.

Kemudian, jenis meditasi pemindaian tubuh adalah cara yang bagus untuk memperkuat koneksi pikiran tubuhmu. Kamu tidak diajarkan untuk memperhatikan sensasi dalam tubuh, tapi kamu bisa belajar banyak saat kamu memperhatikan tubuh.

Dalam meditasi pemindaian tubuh, kamu akan dipandu melalui pemindaian lembut tubuhmu dari atas kepala hingga kaki. Kamu akan segera melihat area umum di mana kamu cenderung menahan ketegangan di tubuh dan akan ditawarkan alat untuk membantu tubuh dan sistem saraf menjadi rileks.

Sedangkan, jenis meditasi perhatian terpusat adalah jenis paling umum. Bentuk meditasi ini melibatkan menempatkan kesadaranmu pada satu hal, seperti nafasmu, suara di lingkunganmu, frase, lilin, atau tubuhmu.

Ketika kamu mulai memusatkan perhatianmu pada satu hal itu, kamu akan segera menyadari betapa cepatnya pikiran mengambil alih dan membawamu ke dalam pikiran dan ini normal.

 

#5 – Bersikap Baik Terhadap Diri Sendiri

Credit Image - suara.com

Meskipun latihan meditasi terbilang cukup sederhana, namun sebenarnya hal ini tidaklah mudah. Akan ada hari-hari ketika pikiran lebih tenang, saat-saat pikiran tidak berhenti mengoceh, atau saat-saat pikiran berada di antara keduanya dan ini normal. 

Sangat penting untuk bertemu dengan diri sendiri di mana kamu berada pada saat itu dan menerima apa yang ada dengan kebaikan – dan pikiran positif.

 

#6 – Selain Meditasi, Maksimalkan Relaksasi Dengan Konsumsi Vitamin B

Tahukah kamu bahwa vitamin B kompleks dapat memberikan efek relaksasi, termasuk meningkatkan suasana hati? Ya, jadi tidak hanya rajin melakukan meditasi, kamu juga bisa memaksimalkan relaksasi tubuh dengan rutin mengonsumsi vitamin B, lho.

Yang pertama, ada vitamin B3 – yang berperan dalam produksi serotonin, yaitu sebuah neurotransmiter yang memungkinkan sel otak dan sel saraf lainnya berkomunikasi. Jika kadar serotonin terlalu rendah, seseorang menjadi lebih mudah stres dan depresi.

Dalam kata lain – kekurangan vitamin B3 dapat mengganggu kadar serotonin dalam tubuh dan berdampak pada suasana hati.

Kemudian, ada pula vitamin B6 yang juga dapat dapat memelihara kesehatan fungsi saraf. Hal ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental, termasuk depresi. Vitamin ini memiliki peran untuk metabolisme estrogen – yang berdampak pada mood.

Vitamin B12 juga dikenal sebagai nutrisi yang dapat bantu meningkatkan suasana hati dan energi positif di dalam tubuh. Hal ini juga dibenarkan oleh seorang Naturopath di Metro Integratate Pharmacy, Sally Warren, yang menyebutkan bahwa memenuhi kebutuhan Vitamin B12, dapat mempertahankan energi baik dalam tubuh.

Dan, yang terakhir ada pula vitamin B9 dapat bantu memiliki peran dalam mengatur suasana hati seseorang. Instruktur Kesehatan Nutrisi, Kerri Axelrod mengatakan bahwa banyak orang yang mengalami depresi – disebabkan oleh kurangnya kadar vitamin B12 dan vitamin B9.

Asupan vitamin B bisa dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan. Namun, lebih mudahnya – kamu dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dengan minum multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Enervon-C tablet mengandung sejumlah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk daya tahan yang baik. Beberapa multivitamin itu adalah Vitamin C 500 gram, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Kamu juga bisa mengonsumsi Enervon-C Effervescent yang memiliki kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – dan tentunya bisa memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

Dan, bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Yang pasti, Enervon-C dan Enervon Active dapat mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang dapat mengubah makanan jadi energi untuk beraktivitas.

Tak ketinggalan, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kedua multivitamin tersebut memiliki kandungan vitamin B yang dapat meningkatkan suasana hati alias mood booster, sehingga stres dan cemas dapat teratasi.

 

Itulah beragam tips untuk memulai meditasi yang bisa membuatmu merasa lebih rileks. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – klikdokter.com

Source – idntimes.com