Menu diet sehat merupakan makanan bergizi seimbang dengan kadar yang disesuaikan oleh kebutuhan tubuh. Menu ini tidak hanya dikhususkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan saja, melainkan untuk semua orang yang ingin hidup sehat.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, menu diet sehatmu harus mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh. Nutrisi yang harus ada dalam menu diet sehat dibagi menjadi dua kategori, yatu  makronutrien dan mikronutrien.

Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

Nutrisi yang Wajib Ada dalam Menu Diet Sehat

1. Karbohidrat

Credit: Liputan6

Sumber energi utama tubuh berasal dari karbohidrat. Contoh karbohidrat yang baik yaitu makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh, sayuran, buah, dan kacang-kacangan. Sedangkan, karbohidrat yang harus kamu batasi pengonsumsiannya antara lain nasi putih, minuman bersoda, keripik kentang, permen, dan kue-kue yang manis.

2. Protein

Credit: newideafood.com.au 

Asupan protein yang cukup, sangat penting untuk pertumbuhan jaringan tubuh, membantu menjaga kesehatan tubuh, serta membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Protein dapat ditemui pada telur, ikan, daging, kedelai, daging unggas, keju, dan kacang-kacangan.

3. Lemak

Credit: healthawin.com

Tidak semua makanan berlemak harus selalu dihindari. Tubuh juga butuh asupan lemak untuk menjaga struktur sel dan membantu jaringan tubuh berfungsi dengan baik, menjaga sistem imun, dan membantu tubuh menyerap vitamin. Pilihlah makanan berlemak yang baik, seperti ikan, daging unggas tanpa lemak, minyak dari sayuran (minyak zaitun). Dan batasi makanan berlemak seperti makanan cepat saji, karena tinggi akan lemak jenuh.

4. Vitamin dan mineral

Credit: health.veggieshake.com

Kedua zat ini dapat membantu organ-organ tubuh dalam menjalankan fungsinya. Vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin A, B, C, D, E, dan K. Sementara mineral yang dibutuhkan tubuh, antara lain adalah kalsium, zat besi, kalium, zinc, dan selenium.

Contoh Menu Diet Sehat 2000 Kalori

Berikut menu diet sehat 2000 kalori yang bisa kamu terapkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam:

  • Sarapan

Kamu mengonsumsi semangkuk sereal dengan taburan kismis dan susu bebas lemak. Setelah itu, satu buah pisang berukuran kecil dan satu lembar roti whole grain dengan olesan margarin dan selai.

Atau kamu bisa mengonsumsi oatmeal yang dicampur kismis dan dimasak dengan margarin. Dan untuk minumannya, kamu bisa memilih antara jus jeruk atau susu tanpa lemak.

  • Makan siang

Kamu bisa membuat roti isi yang terdiri dari roti dari biji-bijian utuh, ayam, selada, tumis jamur, dan saus mustard.

  • Makan malam

Kamu bisa mengonsumsi capcay tahu dengan sayuran dan paprika, semangkuk nasi merah dan satu cangkir es teh lemon sekitar 250 ml. Atau kamu bisa mencoba 140 gram salmon panggang yang ditaburi daun seledri, bawang, dan remah-remah roti. Sajikan dengan nasi, 125 gram brokoli kukus, dan kacang almond.

  • Camilan

Contoh camilan yang bisa kamu konsumsi tiap hari terdiri dari 250 gram yoghurt rendah lemak dicampur buah-buahan.

 

Featued Image - Unsplash.com/@brookelark