Diketahui, angka positif varian Omicron di Indonesia semakin meningkat drastis. Ini disebabkan akibat Omicron punya jumlah mutasi tinggi, sehingga penularannya pun semakin cepat terjadi. Untuk itu, pastikan kamu selalu waspada – dan patuhi protokol kesehatan jika harus bepergian keluar rumah.

Menurut penuturan dari Kementerian Kesehatan, mayoritas pasien Omicron tidak bergejala – atau hanya mengalami gejala batuk dan pilek saja. Tentunya, gejala tersebut sangat bias dengan flu pada umumnya, kan? Tak sedikit orang yang terinfeksi Omicron, justru tidak sadar kalau sedang terpapar Covid-19.

Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk membedakan gejala flu biasa dengan akibat Omicron? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

Gejala Umum Varian Omicron

Credit Image - halodoc.com

Varian Omicron bisa menyebabkan berbagai gejala, namun ini masih tergolong ringan. Ada pun sejumlah indikasi tersebut, yaitu:

  • Nyeri otot
  • Kelelahan ekstrem
  • Tidak enak badan
  • Sakit kepala

Deretan gejala tersebut terbilang berbeda, meskipun masih tergolong ringan jika dibandingkan dengan kasus yang sebelumnya. Meski demikian, batuk juga seringkali dirasakan. Sementara itu, WHO memastikan bahwa varian ini dapat memicu reinfeksi – artinya, bagi yang sudah pernah terpapar, maka ada risiko terjangkit kembali.

Yang membedakan apakah seseorang terinfeksi covid-19 atau flu biasa adalah dengan memerhatikan gejala utama yang muncul. Uniknya untuk varian Omicron, indra penciuman cenderung tidak mengalami penurunan fungsi. Jadi bedanya memang sangat tipis dengan flu biasa. 

Sedangkan untuk flu, biasanya memang ada demam namun suhu tubuh cenderung tidak terlalu tinggi. Kemudian, gejala flu biasa juga ditandai dengan mata atau hidung berair, nyeri otot hingga bersin-bersin. 

 

Gejala Flu Biasa

Sedikit berbeda dengan gejala Covid-19, CDC juga menghimpun data pada pasien dengan penyakit flu biasa. Beberapa gejalanya meliputi sebagai berikut: 

Seperti diketahui, Covid-19 dan flu biasa sama-sama termasuk ke dalam penyakit pernapasan menular. Namun, Covid-19 diketahui lebih mudah menular ketimbang flu biasa dan beberapa gejalanya jauh lebih berat. 

Apalagi bagi orang yang belum mendapat vaksinasi lengkap pada seseorang dengan kondisi kesehatan tertentu. Sehingga ada imbauan dari pemerintah untuk tidak meremehkan varian Covid-19 apapun. 

 

Jika Alami Gejala, Jangan Takut Untuk Segera Tes!

Credit Image - megapolitan.kompas.com

Salah satu cara paling valid untuk membedakan keduanya adalah dengan melakukan tes Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan juga terus mengimbau masyarakat agar tidak takut untuk tes Covid-19. 

Sebab, seperti yang sudah diketahui sebelumnya kalau Covid-19 ini cepat sekali menular, maka pemeriksaan dini ketika mengalami gejala yang mencurigakan bisa menekan angka penularan Covid-19 di lingkungan keluarga. 


 Yuk, Terus Patuhi Prokes dan Jaga Kesehatan!

Diketahui, varian Omicron sudah terdeteksi di Indonesia, untuk itu, terus lakukan protokol kesehatan – dan jaga selalu kesehatan tubuh. Mencegah lebih baik dari mengobati.

Pastikan kamu sudah disiplin dalam rutin mencuci tangan, menghindari kerumunan, hingga membatasi mobilitas – apalagi kalau bukan karena urusan yang mendesak.

Biar perlindungan diri semakin optimal, kamu disarankan untuk Enervon-C.

Multivitamin andalanmu yang satu ini memiliki kandungan lengkap, mulai dari Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yakni 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra, serta mampu membuat tubuhmu terasa lebih segar.

Dengan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon-C, imunitas tubuh bakal lebih kuat, sehingga tidak mudah terjangkit penyakit, termasuk Covid-19. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama, lho!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon-C, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Gejala varian Omicron memang sangat mirip dengan flu pada umumnya. Untuk itu, terus perhatikan perkembangan gejala – dan jangan lupa segera melakukan tes guna menghindari risiko penularan yang semakin masif!

 

 

Featured Image – keckmedicine.org

Source – popmama.com