Yuk, Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Lakukan 6 Cara Ini

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Lakukan 6 Cara Ini

font size A Ǎ

Dalam dunia kerja, berbagai kemampuan sangat diperlukan guna membantu meraih kesuksesan. Salah satunya, yaitu skill berpikir kreatif. Apakah kamu sudah memiliki kemampuan yang satu ini? Tenang, kemampuan berpikir kreatif bisa diasah secara perlahan, kok.

Creative thinking – nama lain dari berpikir kreatif menjadi kunci utama dalam membuat keputusan dan menemukan solusi untuk sebuah masalah. Lebih dari ini, kemampuan tersebut juga mampu membuatmu merasa lebih bahagia, lho.

Lalu, gimana caranya untuk meningkatkan kemampuan kreativitas? Kamu direkomendasikan melakukan 6 hal berikut ini. Yuk, simak informasi selengkapnya sampai habis!

 

 

#1 – Mendengarkan Musik

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Lakukan 6 Cara Ini

Credit Image - kampusyuk.com

Mendengarkan musik, bahkan ikut berdendang, merangsang bagian otak kyang mengatur emosi dan kemampuan berpikir kreatif. Semua jenis musik dianggap dapat memunculkan efek tersebut. Namun, kalau kamu selama ini hanya mendengarkan genre musik yang itu-itu saja, coba sesekali dengarkan yang lain.

Menurut beragam studi, mendengarkan musik klasik bisa jadi salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Menyetel musik klasik karya Mozart, Beethoven, atau komponis lainnya juga bisa mempertajam fokus dan meningkatkan fungsi kognitif otak, lho.

 

#2 – Melamun Juga Bermanfaat Meningkatkan Kreativitas!

Banyak yang menganggap melamun adalah kebiasaan orang pemalas dan tidak produktif. Namun, anggapan ini tak selalu benar, lho. Padahal, “mimpi di siang bolong” bisa jadi kegiatan yang manjur untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Melamun membantu pikiran mengembara ke area bawah sadar yang mungkin belum pernah terjamah. Nah, siapa tahu, sehabis melamun akan muncul pemikiran dan ide-ide baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, nih!

 

#3 – Berjalan Kaki

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Lakukan 6 Cara Ini

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Semakin sering bergerak, makin banyak asupan oksigen yang mengalir ke otak. Oksigen diperlukan otak untuk menjalankan berbagai fungsinya, mulai dari belajar, mengingat, sampai berpikir kreatif. Apakah kamu sudah tahu akan hal ini?

Bergerak akan membuat otak melepaskan hormon endorfin yang bisa memicu perasaan senang.  Ketika hati merasa senang dan tak terbebani, kamu akan lebih mudah untuk berpikir jernih. Reaksi dari endorfin juga membuat kita merasa tidak ada yang mustahil untuk dilakukan.

Usahakan untuk rutin bergerak minimal 10-15 menit per hari. Akan makin terasa manfaatnya baik kalau kamu berolahraga di luar, seperti jalan kaki, lari pagi, maupun bersepeda. Apapun itu, yang penting kamu rajin bergerak, ya!

 

#4 – Tidur Sejenak

Jika pikiran sedang mentok, sehingga rasanya sulit untuk mencari solusi untuk masalah yang sepele, coba tidur siang. Manfaat tidur siang untuk pekerja tidak sekedar mengusir kantuk saja. Kenyataannya, tidur itu menyegarkan pikiran.

Tidur sebentar saja sudah dapat membantu otak bekerja lebih baik untuk memicu proses creative thinking, membuat koneksi, membentuk ide, dan memecahkan masalah.  Kalau kurang tidur, otak justru jadi berjuang lebih keras untuk menjalankan fungsi terbaiknya.

 

#5 – Memandangi Benda Berwarna Biru atau Hijau

Yuk, Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif, Lakukan 6 Cara Ini

Credit Image - parenting.co.id

Dalam psikologi warna, biru dan hijau dikaitkan dengan peningkatan performa kognitif otak untuk berkonsentrasi, merencanakan, dan bernalar. Teorinya adalah karena warna biru kita hubungkan dengan laut dan langit yang membentang luas. Sementara itu, warna hijau kita sangkut pautkan dengan pepohonan yang terus bertumbuh.

Ketika kamu melihat sesuatu yang hijau atau biru, otak akan menerjemahkannya sebagai kesempatan tanpa batas dan pertumbuhan alias growth. Maka, kalau sudah kelamaan memandangi layar komputer, cobalah keluar ruangan sebentar untuk menatap pepohonan atau langit biru biar pikiran tak lagi suntuk.

 

#6 – Menjaga Stamina Biar Pikiran Kreatif Terus Mengalir!

Kamu pasti tahu bahwa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap – dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, tapi multivitamin, terutama yang mengandung vitamin B kompleks – juga berfungsi untuk menjaga stamina tubuh, lho.

Kalau stamina tubuh sudah terjaga dengan baik, maka kamu bakal tetap produktif dan tentunya pemikiran kreatif bisa berjalan terus. Nah, kamu direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung!

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, itulah keenam tips meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Selamat mencoba, ya!

 

 

Featured Image – entrepreneur.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!