Negara Indonesia memang terkenal dengan laut dan pantai yang indah. Bahkan, Indonesia memiliki lebih dari 3.000 spesies ikan dan 600 jenis terumbu karang, lho! Dan tidak ada negara yang memiliki ragam organisme laut sebanyak di Indonesia.

Nah, buat kamu yang memiliki hobi atau sedang berminat untuk menyelam, tidak ada salahnya kamu mengetahui spot menyelam terbaik di Indonesia. Siapa tau kamu nanti akan berkesempatan untuk mengunjungi salah satu spot di bawah ini!

1. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Credit: Liputan6

Di laut sekitar Pulau Derawan, kamu bisa menjumpai ikan- ikan kecil, gurita cincin biru, naga laut berdaun, dan ikan kodok. Sementara, di Pulau Maratua, ada ikan- ikan besar seperti barakuda, hiu karang, dan pari elang. Dan di Pulai Sangalaki, kamu akan disambut oleh penyu hijau. Serta di Pulau Kakaban, kamu bisa menyelam di danau yang penuh dengan ubur- ubur tidak bersengat. Seru ya!

2. Bunaken, Sulawesi Utara

Credit: http://blog.airyrooms.com

Bunaken merupakan salah satu titik menyelam terindah di Indonesia. Bahkan, seluruh wilayahnya dilindungi oleh pemerintah sehingga terumbu karangnya masih hidup dan sehat. Laut di sekitar Pulau Bunaken tidak hanya memiliki jenis flora dan fauna laut, tetapi juga memiliki air yang sangat jernih. Selain itu, kamu bisa menjumpai terumbu karang, ikan, kawanan penyu, hiu, ikan dugong, kawanan barakuda, hingga buaya air asin.

3. Pulau Komodo, NTT

Credit: superadventure.co.id

Taman Nasional Komodo tidak hanya melindungi Komodo saja, tetapi juga alam sekitarnya termasuk ekosistem laut. Laut di Taman Nasional Komodo merupakan tempat pertemuan antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Jadi, jangan heran jika makhluk hidup disana sangat beragam. Dan biasanya para penyelam memilih lokasi ini untuk melihat kawanan ikan manta yang berenang bebas.

4. Raja Ampat, Papua Barat

Credit: akurat.co

Kepualauan Raja Ampat memiliki ribuan jenis satwa serta tumbuhan air yang unik. Dalam wilayah yang kecil saja, tercatat ada 540 jenis karang keras, 1.000 jenis ikan karang, dan 700 jenis moluska. Dan hanya dengan sekali menyelam, kamu bisa menemui sekitar 200 spesies ikan berenang- renang di sekitarmu.

5. Pulau Lembeh, Sulawesi Utara

Credit: IDN Times

Pulau yang terletak di sebelah utara Sulawesi ini belum banyak dikenal wisatawan lockal, namun para penyelam dari seluruh dunia telah mengakui keindahannya. Banyak hewan langka yang bisa kamu temui disini.

Penyelaman biasanya dilakukan di Selat Lembeh yang memisahkan antara Pulau Sulawesi dan Pulau Lembeh. Dasar lautnya yang berlumpur menjadi tempat tinggal bagi ikan sotong flamboyan, ikan kodok, udang dan lobster berambut, serta udang sentadu.

6. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Credit: motivasinews.com

Dari  850 spesies terumbu karang yang ada di bumi, 112 di antaranya bisa kamu temui di Wakatobi! Selain itu, disini kamu bisa melihat berbagai jenis udang dan kuda laut kerdil yang sulit ditemui di laut lain.

Jadi, di antara 6 spot menyelam di atas, kamu pilih yang mana nih?

 

Featured Image - ihgma.com