Lingkungan kerja merupakan salah satu hal yang penting di perhatikan dalam suatu perusahaan. Karena lingkungan kerja merupakan salah satu penentu dalam bagus atau tidaknya kinerja karyawaan di suatu perusahaan.

Lingkungan kerja yang kurang baik biasanya akan menyebabkan karyawan jadi tidak nyaman, dan kinerja pun menurun. Lalu, bagaimana cara membangun lingkungan kerja yang menyenangkan? Berikut penjelasannya.

1. Membangun komunikasi yang baik

Credit: Hipwee

Komunikasi yang baik adalah dasar dari sebuah kerjasama. Jika tidak ada komunikasi, sebuah tim tidak dapat bekerjasama dengan baik. Kalau komunikasi yang baik sudah terjadi, nantinya akan tercipta sebuah keharmonisan. Dan keharmonisan inilah yang dapat membuat suatu tim dapat menghadapi tantangan atau target dengan baik.

2. Merancang tempat kerja yang nyaman

Credit: Jawapos

Baik atau tidaknya hasil kerja seseorang terkadang ditentukan dengan tingkat kenyamanan tempat atau ruang kerjanya. Berikanlah karyawan kebabasan untuk menata meja kerja atau ruang kerjanya sendiri. Biarkan karyawan membawa hiasan atau poster yang dapat meningkatkan semangatnya dalam bekerja. Dan biarkan juga karyawan untuk mendengarkan music, selama tidak mengganggu.

3. Dukungan dari pihak manajemen

Credit: Hipwee

Kenyamanan kerja para karyawan harus didukung oleh pihak manajemen. Hal ini berkaitan dengan peraturan kerja dan kesejahteraan bagi karyawan. Caranya. Dengan memberikan fasilitas yang baik kepada karyawan. Seperti, jika diawal ada rewards kerja bagi karyawan yang dapat memenuhi target, maka berikanlah reward tersebut.

4. Lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil

Credit: Hudson.org

Dalam lingkungan kerja yang berorientasi pada hasil, karyawannya bebas melakukan apapun sepanjang mereka dapat memenuhi target sesuai deadline. Jadi, sekali- kali bebaskan karyawan untuk keluar saat jam kerja, atau mengajak karyawan untuk meeting di kafe. Selain itu, bisa juga siapkan sofa untuk karyawan beristirahat sejenak. Hal ini bermanfaat untuk mengurangi rasa penat saat bekerja.

5. Ciptakan kebersamaan

Credit: Jawapos

Ciptakan kebersamaan dalam perusahaan sebagai sebuah tim. Misalnya, bisa mengadakan office gathering atau team building. Atau hal yang paling sederhana adalah mengadakan acara makan siang bersama, maupun mengadakan pesta kejutan bagi karyawan yang sedang berulang tahun.

Nah, itu dia 5 tips untuk membangun suasana kerja yang nyaman. Jika diikuti, karyawan serta manajemen pun akan senang karena kinerja yang meningkat.

 

Featured Image - egghead.photography