Hingga kini, para peneliti masih terus berusaha mencari metode terbaik untuk memperlambat sekaligus menghentikan Covid-19. Hal ini juga termasuk mengurangi reaksi berlebihan sistem kekebalan tubuh terhadap virus corona – atau disebut juga sebagai badai sitokin.

Dalam membantu proses pemulihan ketika terinfeksi Covid-19, berbagai pihak menyarankan untuk vitamin B kompleks.

Ternyata, vitamin B juga disebut dapat membantu mengurangi risiko buruk virus corona, karena vitamin ini juga berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan. Berikut ini informasi selengkapnya.

 

 

Manfaat Vitamin B Kompleks Bagi Pasien Covid-19

Credit Image - cnnindonesia.com

Dalam sebuah studi yang melibatkan peneliti dari Universitas Oxford, Universitas Uni Emirat Arab, dan Universitas Melbourne mengemukakan analisis lebih lanjut mengenai efek vitamin B kompleks pada pasien Covid-19.

Vitamin B memiliki peranan penting dalam fungsi sel, metabolisme energi, dan fungsi kekebalan yang tepat. Vitamin ini dapat membantu aktivasi tepat dari respons imun bawaan dan adaptif, mengurangi tingkat sitokin pro-inflamasi, meningkatkan fungsi pernapasan, serta mengurangi masa rawat inap di rumah sakit.

Meski penelitian itu sendiri tidak menganalisis efek vitamin B pada pasien Covid-19 secara langsung, tetapi studi itu mengatakan bukti yang ada tentang bagaimana vitamin B berfungsi menunjukkan bahwa itu akan sangat bermanfaat.

Vitamin B tidak hanya dapat membantu membangun dan memelihara sistem kekebalan yang sehat, tetapi berpotensi mencegah – atau mengurangi gejala Covid-19. Gizi yang buruk bisa membuat orang lebih mudah terpapar infeksi, jadi diet seimbang sangat diperlukan untuk kompetensi imunitas.

 

Tapi, Bukan Berarti Vitamin B Dapat Sepenuhnya Mencegah Infeksi Virus

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Meski studi di atas menunjukkan hasil yang baik, namun bukan berarti kamu boleh terburu-buru dalam menafsirkan hasil penelitian tersebut. Ingatlah, vitamin B tidak dapat sepenuhnya mencegah infeksi virus corona, lho. Tetapi, memiliki manfaat yang besar ketika dikonsumsi oleh para pasien Covid-19.

Vitamin B kompleks mungkin berpengaruh terhadap pengurangan risiko gejala berat terhadap pasien. Ini termasuk meningkatkan sistem imunitas, mengurangi kemungkinan orang yang terinfeksi mengalami badai sitokin, sekaligus menurunkan tingkat kematian.

Jadi, sangat mungkin bahwa mendapatkan asupan vitamin B, termasuk dari makanan dan suplemen dapat berkontribusi untuk mencegah gejala parah dari Covid-19.

 

Penuhi Kebutuhan Vitamin B dengan Cara Ini!

Credit Image - halodoc.com

Mendapatkan asupan vitamin B kompleks, termasuk bagi pasien Covid-19 mungkin dapat berdampak baik terhadap proses pemulihan. Kebutuhan vitamin ini bisa diperoleh dari sumber makanan seperti daging merah, ikan, produk susu dan olahannya, buah dan sayur seperti bayam dan brokoli, roti dan pasta, telur, gandum, dan biji- bijian.

Selain dari sumber makanan, biar pemenuhan kebutuhan vitamin B makin maksimal, kamu dianjurkan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terlebih untukmu yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, kamu bisa minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Sudah pasti, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C maupun Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama, serta membantu mengurangi stres. Dan, kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu menjaga sistem imun tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau, dapatkan di drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Itulah ulasan mengenai peran vitamin B untuk meningkatkan kekebalan serta mengurangi risiko parah terhadap pasien Covid-19. Biar perlindungan terhadap virus makin optimal, pastikan kamu terus melakukan prokes dan jaga selalu kesehatan tubuh!

 

 

Featured Image – 3meds.com

Source – kompas.com