Melakukan kebiasaan- kebiasaan yang ramah lingkungan, sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi alam saja. Tetapi, kebiasaan ini juga mempersiapkan anak agar lebih sadar saat memilih makanan untuk dikonsumsi. Dan jika hal ini dilakukan secara konsisten dalam jangka Panjang, maka gaya hidup ini dapat membuat keluargamu menjadi keluarga sehat

Gaya hidup ramah lingkungan sebenarnya bukan mengganti barang yang biasa digunakan dengan barang berlabel eco-friendly saja, tetapi gaya hidup ini seharusnya membuat keluarga jadi lebih hemat. Misalnya, menggunakan popok kain atau memberikan bubur bayi buatan sendiri.

Berikut ini hal yang bisa kamu tetapkan untuk menjadi keluarga sehat:

1. Bermain di luar ruangan

Credit: greengroundswell.com

Kamu bisa membiasakan anak- anak untuk sering bermain di luar ruangan seperti di taman. Sambil bermain, kamu bisa memberi pemahaman tentang bagaimana menjaga alam, misalnya tidak buang sampah sembarangan.

2. Menggunakan produk alami

Credit: soulemama.com

Berbagai produk pembersih rumah banyak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Untuk itu, kamu bisa beralih ke produk yang lebih ramah lingkungan. Misalnya, menggunakan deterjen tanpa pewangi dan dengan lebih sedikit busa, serta menghasilkan limbah kimia yang lebih sedikit.

3. Kurangi pemakaian, gunakan kembali, dan daur ulang

Credit: thelocal.ch

Banyak barang lain yang tidak harus dibeli baru, seperti mainan, buku, dan pakaian, terutama jika jangka waktu pemakaiannya tidak lama. Anak- anak bisa diajak melakukan hal- hal sederhana seperti menggunakan kalender bekas untuk sampul buku, agar mengurangi pemakaian kertas.

4. Hindari plastik sekali pakai

Credit: Hipwee

Membiasakan keluarga membawa botol minum sendiri saat berpergian adalah salah satu langkah mudah untuk mengunangi penggunaan air minum kemasaan. Selain itu, kamu bisa membawa sedotan stainless steel , dan lap bersih yang bisa dipakai ulang.

5. Belanja lebih bijak

Credit: cheatsheet.com

Tiap akan membeli produk, terutama makanan, ajak keluarga untuk ikut berpikir tentang kemasaannya, apakah bisa didaur ulang atau tidak. Misalnya, membawa kantong atau keranjang belanja sendiri saat melakukan belanja bulanan.

Selain kelima hal tersebut, hal yang tidak kalah penting adalah kamu sebagai orangtua bisa menjadi contoh bagi anak- anak melalui berbagai hal sederhana yang lebih ramah lingkungan. Dengan membiasakan keluarga hidup lebih ramah lingkungan, keluargamu akan lebih terbiasa menjaga diri dan lebih sehat.

 

Featured Image - maxliving.com