7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

font size A Ǎ

Apakah kamu pernah merasakan masih mudah lelah padahal sudah mendapat waktu tidur yang cukup? Wah, ini bisa saja berkaitan dengan makanan yang kamu konsumsi, lho. Mendapat asupan penambah energi ternyata penting agar tubuhmu tetap bertenaga seharian penuh.

Energi yang kamu butuhkan memang paling banyak berasal dari makanan. Selain itu, mengonsumsi suplemen vitamin tertentu juga tak kalah pentingnya. Nah, ketika keliru memilih makanan kamu justru bisa mudah lemas, lesu, hingga mudah jatuh sakit.

Untuk mengatasi atau menghindari permasalahan tersebut, ada 7 makanan penambah energi yang dapat dikonsumsi. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

 

 

#1 – Nasi Merah

7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

Credit Image - kompas.com

Nasi merah merupakan salah satu sumber karbohidrat kompleks. Berbeda dengan nasi putih yang tergolong karbohidrat sederhana, tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna nasi merah. Nah, hal inilah yang akan membuatmu kenyang lebih lama.

Selain memberikan rasa kenyang, nasi merah juga dapat mengembalikan tenaga yang hilang dan mempertahankannya selama beberapa jam ke depan. Jadi, kamu bisa tetap berenergi bahkan setelah beraktivitas seharian.

 

#2 – Ubi Jalar

Seperti nasi merah, ubi jalar juga termasuk makanan penambah energi yang kaya akan karbohidrat kompleks. Mengonsumsi ubi jalar tak hanya menambah stamina, tapi juga membuat Anda kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Kerabat kentang yang satu ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti mangan, vitamin A, dan vitamin B12. Sejumlah vitamin dan mineral tersebut memiliki peran penting dalam perubahan karbohidrat menjadi energi – yang nantinya membuatmu tak gampang lelah.

 

#3 – Salmon dan Tuna

7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

Credit Image - yummy.ph

Kemudian, ada pula jenis makanan laut yang kaya akan nutrisi untuk membantu meningkatkan energi tubuh. Ya, salmon dan tuna merupakan sumber terbaik vitamin B12 dan B9 – atau yang dikenal sebagai folat.

Menurut penelitian dalam Danish Medical Journal, vitamin B12 bekerja sama dengan folat meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu kerja zat besi dalam tubuh. Sel darah merah sehat yang mengandung cukup zat besi dapat membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh secara optimal.

Bila tubuh mendapatkan oksigen yang cukup, hal ini bisa mengurangi rasa lelah dan menambah energi, lho.

 

#4 – Pisang

Siapa tidak kenal makanan penambah energi yang satu ini? Pisang merupakan sumber yang baik dari karbohidrat kompleks, vitamin B6, dan kalium. Kandungan tersebut merupakan zat gizi yang berperan penting dalam proses pembentukan energi.

Kandungan seratnya yang tinggi juga menjadikan pisang sebagai salah satu makanan yang paling mengenyangkan. Coba tambahkan pisang ke dalam menu sarapan, maka kamu akan tahan beraktivitas hingga siang hari tanpa merasa terlalu lapar.

 

#5 – Telur

7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

Credit Image - food.unl.edu

Telur mengandung protein berkualitas tinggi yang memberikan tubuh energi sepanjang hari. Menurut penelitian dalam Nutrition Journal, manfaat tersebut berasal dari leusin, yakni sejenis asam amino yang mampu mendorong produksi energi dalam sel tubuh.

Leusin bekerja dengan cara mempercepat pemecahan lemak untuk menjadi energi dan membantu sel tubuh menyerap gula. Berkat keunggulan tersebut, tak heran bila telur merupakan salah satu makanan penambah stamina yang sangat menyehatkan.

 

#6 – Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan secara alamiah mengandung banyak kalori sehingga cocok menjadi makanan penambah energi. Meski punya kalori yang terbilang cukup tinggi, tapi tenang, kacang-kacangan juga mengandung zat gizi esensial seperti protein, karbohidrat, dan lemak menyehatkan.

Beberapa jenis kacang juga kaya akan zat besi, vitamin B kompleks, vitamin E, dan mangan. Berbagai zat gizi tersebut dapat membantu meningkatkan stamina sehingga bisa mengurangi rasa lelah dan mengantuk.

 

#7 – Peroleh Asupan Vitamin B dari Suplemen Juga Dianjurkan!

7 Makanan Penambah Energi Ketika Lelah, Kaya akan Vitamin B, Lho!

Credit Image - medicalnewstoday.com

Berdasarkan penjelasan di atas, hampir setiap makanan penambah energi tersebut punya kandungan vitamin B. Ya, vitamin yang satu ini memang punya peran penting dalam proses metabolisme, sehingga tubuh mampu mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi sumber energi untuk beraktivitas.

Nah, selain mengonsumsi makanan di atas, kamu juga dapat mengoptimalkan kebutuhan vitamin B harian dengan rutin meminum multivitamin, lho. Direkomendasikan untuk minum multivitamin Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, maupun Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

Untuk mendapatkan sejumlah produk Enervon, kamu bisa kunjungi official store Enervon di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Selain itu, multivitamin Enervon juga bisa didapatkan di drug store maupun apotek terdekat di daerahmu.

 

Gimana, nih? Sudah jelas ya ulasan mengenai makanan yang dapat menambah energi tubuhmu. Yuk, dikonsumsi secara rutin!

 

 

Featured Image – livescience.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!