Ini Sejumlah Manfaat Rutin Membacakan Cerita Pendek Untuk Anak

Ini Sejumlah Manfaat Rutin Membacakan Cerita Pendek Untuk Anak

font size A Ǎ

Setiap anak tentu saja memiliki hak untuk tumbuh dan kembang dengan baik. Dalam hal ini, orangtua memiliki peran yang besar, moms. Anak mesti mendapatkan pendidikan dini yang mampu mengoptimalkan tumbuh kembang kecerdasan psikologis, psikis, dan kognitif.

Seperti diketahui, golden age Si Kecil berada di sekitar usia 0 sampai 6 tahun. Dalam jenjang usia tersebut, anak lebih mudah menyerap ilmu baru – yang bisa membuat perkembangan kognitifnya semakin meningkat.

Untuk menstimulasi kecerdasan dan daya imajinasi anak, moms bisa mulai rajin membacakan cerita pendek sebelum tidur. Selain penuh akan pesan moral, ketika membacakan cerita pendek, kamu juga bisa sekalian menyisipkan nasihat-nasihat untuk anak.

Tak berhenti sampai situ saja, masih ada beragam manfaat lainnya dari rutin membacakan cerita pendek pada anak. Apa saja? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini, moms!

 

 

Membacakan Cerita Pendek bisa Memperkaya Kosa Kata Anak

Ini Sejumlah Manfaat Rutin Membacakan Cerita Pendek Untuk Anak

Credit Image - alodokter.com

Moms, tahukah kamu bahwa rajin membacakan cerita pendek pada anak, apalagi di malam hari merupakan aktivitas yang bisa menambah kosa kata Si Kecil? Ya, mungkin sebagian darimu masih ada yang belum mengetahui hal ini, ya.

Pada dasarnya dalam sebuah cerita pendek terdapat struktur bahasa yang baik dan benar. Pada saat orang tua membacakan buku, akan merangsang anak untuk menyerap dan menirukan kata tersebut. Ini artinya moms membuat Si Kecil memiliki tambahan kosa kata.

 

Membantu Anak Lebih Aktif dan Kreatif

Manfaat rajin membacakan cerita pendek anak selanjutnya, yakni berkaitan dengan tingkat kreativitas Si Kecil. Tapi sebelumnya, pernahkah kamu menonton film lawas dengan judul Baby's Day Out? Film jenaka ini bercerita mengenai anak bayi yang diculik namun berhasil kabur dan mengunjungi tempat-tempat aneh. 

Nah, plot twist di akhir film adalah tempat-tempat aneh yang dikunjungi si bayi merupakan lokasi dalam cerita yang sering dibacakan oleh pengasuh kepada si bayi. Lalu, apa kaitannya dengan manfaat cerita pendek? Pesan moralnya, yaitu apa yang diceritakan pada Si Kecil akan melekat di dalam ingatannya. Sehingga secara tidak sadar, ia akan melakukan – atau mengunjungi hal yang digambarkan dalam buku cerita.

 

Mampu Membentuk Moral

Ini Sejumlah Manfaat Rutin Membacakan Cerita Pendek Untuk Anak

Credit Image - fimela.com

Seperti yang sudah disebutkan, rutin membacakan cerita moral juga bisa memberikan pesan moral untuk Si Kecil. Pesan moral – dan juga nilai baik dapat moms sisipkan dalam cerita-cerita yang disampaikan. Dengan cara ini, anak jadi tidak merasa sedang digurui, melainkan masuk secara halus ke dalam bawah sadarnya.

Cerita pendek yang disampaikan umumnya jika memberikan contoh konkret sebab dan akibat dari sebuah peristiwa. Maka itu pastikan pesan moral yang ingin kamu sampaikan adalah nilai-nilai terbaik, ya.

 

Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Memberinya Asupan Multivitamin

Memang, membacakan cerita pendek secara rutin bisa memberikan dampak yang baik untuk tumbuh kembang anak, moms. Hal ini termasuk ketiga manfaat di atas, ya.

Tapi, agar proses perkembangan anak semakin maksimal, pastikan pula moms sudah memberikan asupan nutrisi yang baik. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi, salah satunya dengan memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin khusus anak yang satu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak, bantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, meningkatkan napsu makan, memelihara kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga daya tahan tubuh Si Kecil agar tidak mudah sakit.

 

Gimana, moms? Sudah bisa dipastikan bahwa rutin membacakan cerita pendek pada anak bisa memberikan dampak yang baik, ya. Yuk, rutin bacakan jenis cerita yang satu ini untuk dukung tumbuh kembangnya – dan optimalkan dengan memberi asupan multivitamin lengkap!

 

 

Featured Image – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!