7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

font size A Ǎ

Kemunculan varian Omicron di Indonesia membuat angka penularan Covid-19 kembali meningkat. Varian yang satu ini memang disebut lebih menular dibanding varian lainnya, termasuk Delta. Untuk itu, kamu disarankan melakukan aktivitas di rumah saja – dan hindari bepergian kecuali karena urusan mendesak.

Sayangnya, lebih banyak menghabiskan waktu di rumah berisiko menyebabkan kenaikan berat badan, lho. Tak perlu khawatir, kamu pun masih bisa melakukan diet, asalkan dengan cara yang tepat. Pasalnya, diet ketat justru dapat menurunkan imunitas, lho.

Lalu, apa saja tips diet yang bisa diterapkan selama maraknya ancaman infeksi varian Omicron? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Terapkan Diet Intermittent Fasting

7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

Credit Image - bbc.com

Di tengah maraknya virus Covid-19 mungkin sulit untuk mengatur pola makan, maka kamu bisa menerapkan diet intermittent fasting. Menurut Kristen Kirkpatrick, pakar diet dari Cleveland Clinic mengatakan bahwa diet ini aman dilakukan di tengah Omicron yang terus melonjak.

Cara diet intermittent fasting tidak perlu memikirkan kalori atau nutrisi khusus. Kamu hanya perlu mengatur dan menargetkan jadwal makan serta hanya mengkonsumsi cemilan sehat. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi asupan pagi dan larut malam agar dapat membantu menjaga berat badan supaya tidak bertambah.

 

#2 – Makan Tepat Waktu

Sejak harus melakukan segala aktivitas di rumah saja selama pandemi ini, maka sangat mudah untuk ingin menikmati makanan apapun. Namun, cobalah untuk mengontrol jadwal makan yang ditentukan agar tidak makan berlebihan.

Nah, kamu bisa mengatur kapan harus menyantap makanan berat, ringan, atau bahkan konsumsi minuman yang mengandung kalori. Kalau kamu tak menerapkan intermittent fasting, maka kamu dapat membuat jadwal makan sendiri – yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, ya.
 

#3 – Kurangi Asupan Garam

7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

Credit Image - medicalnewstoday.com

Dikutip dari situs WHO, konsumsi garam sebaiknya dibatasi hingga 5 gram – atau setara 1 sendok the dalam sehari. Gunakan garam secukupnya ketika masak dan kurangi penggunaan saos, bumbu asin, kecap asin, kaldu atau kecap ikan.

Hal terpenting adalah mengurangi konsumsi makanan cepat saji selama diet. Jika memang ingin mengkonsumsinya pilih jenis makanan yang tidak menggunakan tambahan gula buatan. Disarankan untuk menggunakan bumbu rempah dan makanan dengan kandungan natrium yang rendah.

 

#4 – Kurangi Lemak dan Makanan Berminyak

Aturan diet yang aman saat omicron melonjak tinggi juga menganjurkanmu untuk mengurangi makanan tinggi lemak dan berminyak. Alih-alih memasak pakai mentega, kamu bisa memilih minyak zaitun atau jagung untuk memasak, lho.

Kemudian, pilihlah daging putih, seperti ikan yang umumnya lebih rendah lemak dibanding daging merah. Pilihan susu juga disarankan yang rendah lemak. Cobalah lebih banyak mengukus atau merebus makanan saat memasak. Selain membantu menurunkan berat badan tentu akan menjadi pilihan makanan yang lebih sehat.

 

#5 – Batasi Asupan Gula

7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

Credit Image - thejakartapost.com

Batasi asupan gula juga termasuk dalam aturan diet aman ketika ancaman Omicron terus melonjak, lho. Kamu disarankan untuk menghindari minuman bersoda, jus kemasan, minuman berenergi, teh atau kopi sachet.

Tapi, bagaimana kalau sedang ngidam makanan yang manis-manis? Sebagai alternatif yang lebih sehat, kamu dapat memilih buah-buahan. Kalau mau mengonsumsi jenis dessert maka pastikan dalam porsi kecil saja, ya!

 

#6 – Rajin Berolahraga

Dalam metode penurunan berat badan yang tepat, kegiatan olahraga memang sangat dianjurkan, ya. Bukan hanya membantu program diet, tapi cara ini juga baik untuk menjaga kesehatan sekaligus menguatkan imunitas, lho.

Selain itu, olahraga menjaga tubuh tetap bugar sehingga terhindar dari obesitas. Kamu disarankan untuk menggunakan pakaian olahraga setiap pagi sehingga tidak hanya bermalas-malasan di rumah. Ingat, olahraga tak harus keluar rumah, kok. Kamu bisa melakukan latihan fisik di rumah, seperti aerobik hingga jalan kaki selama 45 menit.

 

#7 – Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin Harian

7 Tips Diet Sehat di Tengah Ancaman Omicron, Tak Bikin Imun Melemah, Kok!

Credit Image - alodokter.com

Yang tak kalah pentingnya dalam cara menurunkan berat badan, yaitu tetap memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, sehingga tubuh tak gampang lemas ketika melakukan aktivitas harian. Selain dari asupan bernutrisi, maksimalkan kebutuhan vitamin dan mineral dengan rutin mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent – dengan kandungan vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Itulah ketujuh tips yang dapat diterapkan bagimu yang ingin diet di tengah ancaman varian Omicron. Dengan deretan cara di atas, berat badan pun bisa turun tanpa harus mengobarkan kekuatan imun. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – vantage.id

Source – detik.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!