Pendidikan anak usia dini atau PAUD adalah Pendidikan yang diberikan kepada anak sebelum ia masuk ke sekolah dasar. Pendidikan ini diberikan pada anak berusia di bawah 6 tahun melalui berbagai jenis media dan metode. Secara Lembaga, Pendidikan anak usia dini dikemas dalam bentuk Taman Kanak- Kanan dan Playgroup, tetapi kamu juga bisa melakukannya secara mandiri.

Pendidikan ini dianggap mampu membantu perkembangan kognitif dan sosial anak- anak sebelum mereka masuk sekolah. Lalu, seberapa penting memberikan anak Pendidikan di usia dini? Berikut ini alasannya.

1. Membentuk jiwa pembelajar sejak dini

Credit: jawapos.com

Pendidikan anak usia dini dapat mendorong anak untuk menjadi pembelajar yang sejati. Anak- anak yang menempuh PAUD akan lebih menyukai belajar dan selalu merasa semangat untuk terus belajar. Jadi, sebelum anak masuk sekolah dasar, rasa suka belajar itu sudah tumbuh sejak masa PAUD.

2. Mampu bersosialisasi sejak dini

Credit: thejakartapost.com

Sosialisasi dengan orang- orang penting dilakukan untuk kelangsungan hidup manusia. Semakin awal kamu melatih kemampuan sosialisasi melalui PAUD, maka semakin cepat pula anak memiliki kepercayaan diri dan mengatasi rasa malu, yang membuatnya ia mampu bersosialisasi sejak kecil.

Rasa malu dan tidak percaya diri yang didiamkan terlalu lama dapat menghambat perkembangan sosial anak.

3. Mampu bekerja sama sejak kecil

Credit: foxnews.com

Kemampuan bekerja sama bisa didapatkan anak saat masih menjalani Pendidikan usia dini. Pada masa ini, anak akan mempelajari cara bekerja sama dalam kelas belajar yang menyenangkan. Kemampuan bekerja sama cukup penting untuk dilatih sejak anak masih berusia dini.

4. Melatih konsentrasi

Credit: aleteia.org

Anak yang langsung masuk ke sekolah dasar tanpa menerima Pendidikan anak usia dini, biasanya cenderung merasa seperti baru belajar. Anak seperti ini belum memiliki konsentrasi belajar seperti yang dimiliki oleh anak- anak di PAUD.

Anak yang menempuh Pendidikan usia dini memiliki daya konsentrasi yang sudah terlatih. Karena di lingkungan PAUD memberikan anak dukungan untuk memiliki konsentrasi tinggi.

5. Melatih kesabaran sejak dini

Credit: motherforlife.com

Pada masa usia dini, kesabaran manusia sudah mulai di uji. Selama masa Pendidikan usia dini, anak akan banyak terlibat pada banyak pengalaman sosial. Selama ini pula, anak dapat mengeksplorasi dan melatih kesabarannya. Misalnya, di PAUD anak akan diajarkan untuk mengantri dan menunggu gilirannya ketika akan melakukan sesuatu.

6. Memiliki rasa hormat kepada yang lebih tua sejak dini

Credit: eduzenith.com

Selama anakmu sedang menempuh Pendidikan usia dini, maka selama itu pula ia akan diajarkan untuk bersikap hormat kepada gurunya. Anak- anak akan melakukan apa yang diperintahkan oleh gurunya untuk bersikap hormat.

Anak akan menjadi terbiasa untuk menghormati orang lain, tidak hanya sebatas gurunya saja. Akan tetapi, juga hormat kepada orangtuanya, dan kepada orang yang lebih tua.

 

 

Featured Image - world.edu