Banyak pasien Covid-19 varian Omicron yang mengalami gejala ringan, lho. Agar cepat pulih, kamu disarankan untuk tetap rutin bergerak – atau melakukan olahraga ringan saja. Tenang, olahraga ini bisa dilakukan di kamar saja, kok!

Meski sedang terpapar Omicron, bukan berarti kamu boleh bermalas-malasan. Dengan rajin bergerak, imunitas dapat turut meningkat, sehingga penyakit pun bisa dilawan secara maksimal. Nah, apakah kamu termasuk yang sedang kekebalan makin kuat.

Berikut ini 5 gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan ketika mengalami Omicron dengan gejala ringan. Yuk, disimak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Wall Push Up

Credit Image - fifty5fitness.com

Gerakan yang pertama adalah standing push up atau wall push up, kalau push up di lantai terlalu melelahkan, maka bisa bersandar pada tembok. Kamu bisa melakukannya sambil berdiri dan tempatkan tangan di tembok seperti akan push up

Tekuk tangan tanpa menggerakkan kaki dan dorong kembali. Lakukan 10 setiap set. Berhenti jika dirasa lelah. Dengan rutin melakukan olahraga ini selama isolasi mandiri, dijamin tubuh terasa segar – dan proses pemulihan pun makin optimal!

 

#2 – Donkey Kick

Sembari tiduran di atas kasur, tidak harus dilakukan di atas matras atau pusat kebugaran, kamu pun juga bisa melakukan gerakan donkey kick ini. Gerakan mudah ini dilakukan dengan cara memosisikan tubuh merangkak di atas kasur.

Usahakan pilih pinggiran kasur agar kamu bisa memosisikan sebelah kaki di kasur dan sebelah lainnya menjuntai. Untuk bagian kaki yang menjuntai, gerakan kakimu seperti saat gambar ya. Lakukan bergantian antara kaki kiri dan kanan. Gerakan ini dilakukan masing-masing 30 detik.

 

#3 – Jack-Knife Sit-Up

Credit Image - idntimes.com

Terlalu lama rebahan juga bisa membuat badan makin pegal-pegal. Namun terlalu lama berdiri kadang bikin lemas juga, lho. Untuk mengatasinya, selama masa isolasi mandiri pun kamu sangat disarankan rutin berolahraga.

Sebagai alternatif lainnya, kamu dapat rebahan sembari melakukan gerakan jack-knife sit-up. Caranya, rebahan dan angkat kedua kaki sampai lurus ke atas dan sentuhlah dengan kedua tangan. Turunkan kaki dengan perlahan dan ulangi semampunya. 

 

#4 – Bicycle Crunch

Sama seperti gerakan sebelumnya dengan memosisikan tubuhmu sambil tiduran. Lakukan gerakan bicycle crunch dengan durasi selama 30 detik. Bicycle crunch perlu dilakukan dengan kepala sedikit menengadah. Hal ini bertujuan agar hasil dari gerakan ini dapat terlihat dengan jelas.

Untuk melakukannya, baringkan tubuh dengan posisi telentang di lantai, posisikan kedua tangan di bagian belakang kepala, angkat kedua kaki secara bersamaan – kemudian, tekuk kaki kiri dan gerakan siku kanan – dan ulangi gerakan tersebut secara bergantian, lakukan gerakan ini sebanyak 2-3 set.

 

#5 – Squat

Credit Image - popmama.com

Meski tidak bergejala berat, biasanya Omicron membuat tubuh lemas. Kalau kamu merasa pusing dengan squat tanpa sandaran, maka bisa coba dengan menempelkan tubuh di tembok.  Kamu bisa mencobanya dengan berdiri dan memajukan kedua kaki ke depan. Kemudian turunkan tubuh perlahan dan tekuk kaki. Lakukan perlahan jika takut pusing. 

Atau, kamu bisa lakukan squat di atas kasur dapat kamu lakukan dengan santai dengan hasil yang luar biasa. Pertama-tama, posisikan tubuhmu seperti sedang berlutut. Kemudian ubah posisi kaki seperti mau jongkok secara bergantian. Lakukan gerakan ini selama 30 detik, dijamin kamu bakal lebih bugar.

Rajin berolahraga memang memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh, termasuk membantu proses pemulihan ketika terinfeksi Covid-19 varian Omicron. Nah, biar makin maksimal, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

 

Jadi, itulah kelima gerakan olahraga ringan yang dapat dilakukan ketika sedang isolasi mandiri. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – onnit.com

Source – popmama.com