Setiap orang pasti memiliki gaya berpikir dan cara bekerja yang berbeda- beda. Hal inilah yang membuat perencanaan kerja di kantor tidak mudah untuk dilakukan. tapi, jika kamu sudah berhasil membuat rencana kerja yang baik, pekerjaan yang berat pun akan terasa lebih mudah untuk dikerjakan.

Dengan melakukan rencana kerja, stress pun bisa berkurang. Selain itu, kamu juga bisa melakukan evaluasi terhadap hasil kerjamu, apakah sudah sesuai harapan atau belum.

Untuk mencapai hal- hal tersebut, kamu perlu membuat rencana kerja yang baik. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya.

1. Menyusun jadwal

Credit: geofflake.com.au

Kamu harus mengetahui hal apa saja yang akan kamu lakukan pada hari itu. Dengan mengetahui kegiatan dan tujuan kamu pada satu hari tersebut, maka akan memudahkan kamu untuk menyusun rencana kerja.

2. Buat to do list

Credit: workplacehero.me

Kegiatan dalam satu hari memang banyak. Untuk itu, susun kegiatan tersebut berdasarkan dari yang terpenting terlebih dahulu. Dengan menuliskan pekerjaan yang harus kamu lakukan, kamu jadi lebih bisa untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Selain itu, membuat to do list juga memperkecil kemungkinan kamu lupa mengerjakan sesuatu.

3. Tentukan kapan saja kamu bisa melakukan multitasking

Credit: lifewithlaurenblog.com

Melakukan multitasking memang seringkali menimbulkan dampak buruk pada pekerjaan. Karena, ketika kamu melakukan multitasking pikiranmu jadi terbagi ke beberapa hal. Sebenarnya multitasking bukanlah hal yang buruk, tetapi jika kamu bisa mengaplikasikannya di waktu yang tepat.

4. Meja kerja bersih

Credit: housebeautiful.com

Berpikir dengan tenang saat melakukan suatu pekerjaan memang sangat dibutuhkan. Tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika kamu memiliki merja kerja yang berantakan. Untuk itu, sebelum kamu mulai menyusun rencana kerja, ada baiknya kamu merapihkan meja kerjamu terlebih dahulu.

5. Evaluasi

Credit: i-sight.com

Ketika kamu sudah menyelesaikan pekerjaan yang sudah kamu buat dalam rencana kerjamu, mungkin ada beberapa hal yang mengalami kendala. Kamu bisa mengevaluasi kendala tersebut untuk waktu berikutnya. Dengan begitu, kendala tersebut tidak terulang lagi dan kamu juga akan lebih terampil dalam membuat rencana kerja selanjutnya.

Itu dia 5 cara membuat rencana kerja yang baik, coba kamu terapkan dan stress dalam bekerja pun bisa berkurang!

 

Featured Image - Pinterest.com