Sebagian besar dari kamu pasti setuju kalau mentega itu bisa membuat makanan jadi lebih nikmat dan lezat. Meskipun begitu, mentega sangat tinggi kolesterol yang membahayakan tubuh. Mungkin ini saatnya kamu untuk mencari pengganti mentega yang lebih sehat.

Ketika mempertimbangkan pengganti mentega, cobalah cari makanan dengan lemak alami yang memiliki rasa serta konsistensi yang tidak menimbulkan dampak buruk.

Jadi, apa saja bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai pengganti mentega? Berikut ini listnya!

1. Minyak zaitun

Credit: classlifestyle.com

Minyak zaitun kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menyehatkan jantungmu dan juga membantu menjaga berat badan. Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan yang dapat membuat kulitmu tampak lebih sehat.

Minyak zaitun bisa digunakan untuk menumis sayuran, sebagai drizzle salad, dan lain sebagainya. Minyak ini merupakan salah satu minyak masakan teraman yang bisa kamu gunakan.

2. Greek yogurt

Credit: cheatsheet.com

Greek yogurt memiliki tekstur pekat, tidak mengandung banyak lemak, dan memiliki jumlah kalori yang lebih rendah dari mentega. Greek yogurt bisa menjadi salah satu pengganti mentega yang bebas lemak dan sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Greek yogurt bisa menambah rasa segar dan membuatmu kenyang lebih lama, terutama jika dicampurkan ke dalam makanan pencuci mulut.

3. Minyak kelapa

Credit: betterhomesandgardens.com

Tidak hanya untuk kesehatan kulit dan rambut, minyak kelapa juga bisa menjadi pengganti mentega yang menyehatkan. Minyak kelapa bisa membakar lemak jahat di dalam tubuhmu. Selain itu, minyak kelapa juga bisa jadi sumber energi yang baik untuk otak, dan membantumu tetap fokus sepanjang hari.

4. Alpukat

Credit: ksn.com

Tidak hanya membuat makanan jadi semakin lezat, namun alpukat juga bisa dijadikan sebagai pengganti mentega dalam kue bikinanmu, lho! Alpukat mengandung lemak sehat dan juga antioksidan, yang mampu menjaga kesehatan jantung dan juga melancarkan pencernaanmu.

5. Mashed banana

Credit: marksdailyapple.com

Pisang merupakan buah serba guna yang bisa menggantikan mentega, terutama di makanan- makanan favorit kamu. Selain kaya akan potassium, pisang juga kaya akan serat yang dapat membantumu mengurangi berat badan. Kamu bisa menggunakan pisang untuk membuat kue, pancake, waffle, atau dijadikan sebagai pengganti mentega pada roti.

Nah, siapa bilang makanan enak harus selalu menggunakan mentega sebagai bahan utamanya? Ini saatnya kamu mulai mengurangi konsumsi lemak tak jenuh dengan bahan makanan yang lebih menyehatkan dan bermanfaat bagi tubuh.

Selain mengganti mentega dengan makanan yang lebih sehat, kamu juga perlu mengonsumsi vitamin C dari Enervon setiap harinya. Agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan kamu pun terhindar dari berbagai penyakit!

 

Featured Image - foodrevolution.org