Hidup di kota besar memang membuat kita dikelilingi oleh polusi. Kemana pun kita pergi, kita pasti akan melihat pekatnya polusi, terutama kepulan asap yang keluar dari kendaraan bermotor. Bahkan, jika melihat ke langit, jarang sekali kita menemukan warna biru cerah karena rendahnya kualitas udara di kota besar, termasuk Jakarta.

Tidak hanya dari asap kendaraan bermotor, polusi udara juga berasal dari pabrik, debu, hingga bencana kebakaran hutan yang sering terjadi. Hal ini dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan kita.

Kondisi tubuh yang lemah akibat polusi akan berdampak pada sel- sel tubuh. Tidak heran bila kita jadi mudah terkena gangguan pernapasan, mulai dari tenggorokan gatal hingga batuk- batuk karena terkena asap.

Solusi yang paling tepat bukanlah mengendalikan polusinya. Karena, mengendalikan polusi udara tidaklah mudah, butuh waktu dan usaha ekstra dari berbagai pihak. Sementara itu, yang kita bisa lakukan agar tetap sehat adalah mengendalikan diri sendiri. Caranya dengan melindungi sel- sel dalam tubuh dari paparan polusi dengan memberi asupan nutrisi yang tepat. Walaupun di saat kita melindungi diri sendiri, dampak dari polusi tetap dirasakan. Namun, tubuh kita tidak mudah terserang berbagai penyakit akibat polusi udara tersebut.

Asupan nutrisi lewat makanan yang dikonsumsi setiap hari belum tentu cukup, karena seringkali pola makan harian kita belum meliputi semua elemen yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu, kita membutuhkan tambahan vitamin agar tubuh tetap sehat. Salah satunya, dari vitamin B kompleks dan vitamin C.

Vitamin B kompleks, yang terdiri atas beberapa jenis vitamin B, bisa jadi solusi dalam menjaga kesehatan tubuh. Karena, vitamin B kompleks merupakan jenis vitamin larut dalam air yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tubuh, serta mendukung fungsi- fungsi tubuh agar tetap optimal.

Sedangkan, vitamin C dapat membantu menangkal zat- zat polutan yang masuk ke dalam tubuh serta menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, vitamin C mengandung antioksidan yang terbukti dapat mencegah penurunan fungsi pernapasan akibat tingginya kadar polusi udara.

Vitamin C dan B Kompleks merupakan kombinasi yang efektif untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperbaiki sel- sel dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi Enervon- C, yang tersedia dalam bentuk sirup untuk anak, Effervescent yang menyegarkan, dan juga dalam bentuk tablet.

Namun, perlu diingat bahwa efek dari vitamin itu tidak instan. Artinya, kita perlu minum vitamin secara konsisten selama 90-120 hari agar bisa merasakan manfaatnya.

Nah, pilihannya ditanganmu. Pastikan kamu mengonsumsi kombinasi vitamin tersebut secara teratur agar dapat hidup sehat meskipun setiap hari terkena polusi udara.