Ngeblank Saat Interview Kerja? Gak Banget! Ini 5 Cara Mengatasinya

Ngeblank Saat Interview Kerja? Gak Banget! Ini 5 Cara Mengatasinya

font size A Ǎ

Merasakan gugup ketika akan menjalani wawancara kerja merupakan hal yang wajar dialami. Namun, rasa grogi tersebut tak boleh terbawa hingga sesi interview berlangsung, lho. Alih-alih lancar, kamu justru bisa ngeblank saat ditanyai beragam pertanyaan. Tentu saja, kamu tak ingin ini terjadi, kan?

Ketika menjalani wawancara kerja, pasti ada perasaan campur aduk yang seringkali muncul. Misalnya, rasa senang karena punya kesempatan, tapi ada pula rasa khawatir akan kegagalan. Nah, kekhawatiran tersebutlah yang dapat membuatmu gugup dan akhirnya ngeblank.

Ngeblank adalah hal yang sering terjadi ketika sesi wawancara. Untuk mengatasinya, berikut ini 5 tips yang perlu diterapkan!

 

 

#1 – Persiapkan Diri dan Materi

Ngeblank Saat Interview Kerja? Gak Banget! Ini 5 Cara Mengatasinya

Credit Image - cerdika.com

Ngeblank adalah hal yang bisa dihindari dengan menyiapkan dirimu dan materi secara matang, lho. Dilansir dari The Balance Careers, langkah pertama, cobalah mencari tahu segala hal tentang perusahaan tempat kamu melamar. 

Kemudian, kenali pula produk yang dimiliki perusahaan, budaya perusahaan, target jangka panjang atau misi perusahaan, dan siapa saja pesaing ataupun brand yang bekerjasama dengan perusahaan.

Persiapan awal sangatlah dibutuhkan sebagai langkah awal dalam menghadapi interview, lho. Tujuannya agar ketika nanti pewawancara menanyakan mengenai perusahaan, kamu sudah memiliki sedikit gambaran tentang perusahaan tersebut.

Nah, tidak hanya mengetahui tentang perusahaan, persiapkan juga jawaban yang nantinya berkaitan dengan kepribadian. Pastikan bahwa kamu sudah menyiapkan jawaban yang berkaitan dan dapat menarik perusahaan. Kalau sudah begini, momen ngeblank dapat dihindari, kan?

 

#2 – Rajin Berlatih

Sepertinya, ngeblank adalah salah satu hal yang ditakutkan oleh para peserta wawancara. Apakah kamu setuju? Untuk mengatasinya, rajinlah berlatih biar tak merasa grogi ketika menjalani sesi interview kerja, ya.

Cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca dan menganggap bayangan kamu di kaca adalah pewawancara. Tatap matanya saat berbicara, agar kamu terkesan bahwa kamu serius dalam bekerja dan memperhatikan.

Penting juga untuk tidak menghafal jawaban yang sudah kamu siapkan. Sebaiknya, bagilah informasi ke dalam beberapa poin penting. Hal ini agar kamu terlihat lebih natural dalam menjawab dan terlihat lebih siap.

 

#3 – Buat Pertanyaan yang Mungkin Muncul

Ngeblank Saat Interview Kerja? Gak Banget! Ini 5 Cara Mengatasinya

Credit Image - berkeluarga.id

Cara selanjutnya untuk mengatasi ngeblank adalah dengan mencoba mengantisipasi pertanyaan apa yang mungkin akan muncul dan ditanyakan. Nah, kamu bisa mencari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan ketika wawancara dan bagaimana cara menjawabnya.

Selain itu, coba juga untuk mencari pertanyaan jebakan agar nantinya kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan baik. Ketika kamu sudah melakukan hal ini, saat interview kamu pastinya akan lebih siap dan dapat memberikan kesan baik kepada pewawancara.

 

#4 – Tetap Tenang dan Berpikir Positif

Hal yang perlu kamu ingat ketika melakukan interview kerja adalah untuk tetap berpikir positif dan tenang. Jangan sampai kamu memikirkan hal yang tidak penting yang nantinya hanya membuat semakin grogi.

Dalam hal ini, kamu dapat memikirkan hal-hal yang membuatmu senang. Atau, juga dapat berbicara dengan orang yang kamu percaya untuk mendapat dukungan lebih. Apabila kamu tidak bisa melakukan interview kerja ini sendirian, kamu bisa juga mengajak seseorang untuk menemani kamu pergi ke lokasi.

Hal ini akan membantumu tetap bisa memfokuskan pikiran terhadap hal yang positif dan menjadi tetap tenang. Dengan cara ini, ngeblank adalah sesuatu yang dapat dihindari ketika sesi wawancara kerja, kan?

 

#5 – Menjaga Konsentrasi

Ngeblank Saat Interview Kerja? Gak Banget! Ini 5 Cara Mengatasinya

Credit Image - zurich.co.id

Nah, biar ngeblank ketika wawancara dapat dihindari dan diatasi dengan baik, maka kamu juga penting untuk menjaga konsentrasi, lho. Ini bisa kamu lakukan dengan menjaga energi tubuh agar tetap maksimal, ya.

Energi bisa dijaga dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk membantu proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh pasokan energi yang cukup setiap harinya. Dengan begitu, tubuh tidak mudah lelah selama menjalani aktivitas.

Vitamin B kompleks dapat ditemukan dalam berbagai sumber makanan, seperti daging merah dan daging ayam, ikan, kerang, kacang-kacangan, telur, gandum, dan sayuran hijau. Untuk menu sarapan, kamu bisa memadukan oatmeal dengan potongan buah, atau sandwich roti gandum dengan telur, maupun isian selai kacang.

Sejumlah makanan kaya akan vitamin B kompleks tersebut memang dapat membantu membentuk energi untuk tubuh. Namun, kamu juga bisa memperoleh asupan vitamin B dengan mengonsumsi suplemen multivitamin yang punya kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active memiliki kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Seperti yang sudah disebutkan, kandungan vitamin B kompleks Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas.

Dan pastinya, kandungan vitamin C di dalam kedua multivitamin tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak rentan terkena berbagai macam penyakit!

 

Tenang, ngeblank adalah suatu hal yang dapat kamu hindari, terutama ketika wawancara kerja, kok. Cukup lakukan sejumlah tips sederhana di atas, maka sesi interview pun dapat berjalan lancar. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – kitalulus.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!