Tertawa Termasuk Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif, Kok Bisa?

Tertawa Termasuk Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif, Kok Bisa?

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa ada beragam cara meningkatkan imun tubuh yang paling sederhana? Ya, ini termasuk tertawa yang nyatanya dapat menguatkan kekebalan, lho. Meski demikian, sayangnya tertawa seringkali susah dilakukan, apalagi seiring bertambahnya usia serta kerap dilanda stres. Jika begini, intensitas tertawa pun berkurang, ya.

Namun nyatanya, sering tertawa ternyata termasuk sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh. Diketahui, kekebalan yang kuat sangat diperlukan terutama di masa pandemi Covid-19. Lantas, sebenarnya apa sih hubungan tertawa dengan kekebalan yang lebih kuat?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya!

 

 

Bagaimana Tertawa Membantu Meningkatkan Kekebalan?

Tertawa Termasuk Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif, Kok Bisa?

Credit Image - alodokter.com

Seperti yang sudah diketahui, sistem imunitas tubuh juga ikut dipengaruhi oleh pikiran atau perasaan. Ketika pikiranmu dipenuhi dengan hal- hal negatif, kondisi ini akan memicu reaksi kimia yang memengaruhi imunitas tubuh, sehingga rasa stres pun tercipta.

Dilansir dari Very Well Mind, saat stress, hormon kortisol ikut melonjak. Kondisi ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatasi peradangan, mengendalikan keseimbangan garam dan air, mengatur kadar gula, dan menggangu tekanan darah.

Untuk itu, dianjurkan agar rajin tertawa. Selain dapat mengurangi stres, tertawa juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, dengan mendongkrak jumlah sel yang menghasilkan antibodi dan meningkatkan kinerja sel T, yang termasuk bagian dari sel darah putih yang memiliki kemampuan untuk mengenali patogen penyebab penyakit dan melawan infeksi.

 

Manfaat Tertawa Lainnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tertawa Termasuk Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif, Kok Bisa?

Credit Image - kompas.com

Selain dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan imun tubuh, tertawa juga bisa memberikan dampak baik lainnya buat kesehatan, nih. Seperti empat hal berikut ini:

1. Mengurangi Stres dan Menurunkan Risiko Depresi

Saat tertawa, beban pikiran akan sedikit berkurang, sehingga perasaan jadi lebih lega dan lebih baik. Ini terjadi karena meningkatnya produksi hormon endorfin saat tertawa dan berkurangnya produksi hormon pemicu stres, seperti kortisol.

Selain mengurangi stres, tertawa juga bisa menurunkan risiko depresi dan gangguan kecemasan. Tertawa juga mampu menetralkan emosi negatif yang dapat menimbulkan depresi.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Tertawa dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah dan melancarkan peredaran darah, lho. Peredaran darah yang lancar dan meningkatnya kinerja pembuluh darah jadi hal penting untuk jaga kesehatan jantung.

Selain itu, menurut sebuah penelitian seperti yang dilansir dari alodokter.com, tertawa berdampak baik bagi kesehatan jantung karena dapat menurunkan hormon stres, mengurangi peradangan pada arteri dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

 

3. Menciptakan Pikiran Positif

Masih berkaitan dengan hormon endorfin, tertawa juga mendorong pelepasan hormon endorfin yang membuat tubuh memiliki perasaan positif dan bahagia. Dilansir dari Kompas.com, hormon endorfin juga meningkatkan kesejahteraan mental dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, tertawa membuat kamu terhubung dengan orang disekitar. Perasaan inilah yang membuat kita terhindar dari rasa kesepian. Bermanfaat bagi orang sekitar, saat kita tertawa pun orang disekitar akan merasakan energi positif yang kamu ciptakan.

 

4. Tubuh Lebih Rileks

Amarah dan konflik berkepanjangan bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Saat marah, detak jantung biasanya naik atau jadi tidak beraturan. Nah, faktanya, tertawa dapat membantu meredam amarah secara instan, lho! Tertawa lepas dapat meredakan ketegangan dan stres fisik. Setelah tertawa pun seluruh tubuh bisa rileks selama 45 menit kemudian.

 

Tips Menjaga Kesehatan Lainnya

Tertawa Termasuk Cara Meningkatkan Imun Tubuh yang Efektif, Kok Bisa?

Credit Image - herosupermarket.co.id

Selain tertawa, ada cara meningkatkan imun tubuh lainnya yang juga perlu diterapkan. Mudahnya, kamu perlu menjalani gaya hidup sehat.

Hidup sehat tersebut dapat dilakukan dengan rutin mengonsumsi makanan bergizi, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan cairan, serta istirahat selama 7-8 jam semalam. Dan, agar lebih optimal lengkapi pola hidup sehat dengan mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin, ya.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu direkomendasikan untuk meminum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg Vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Tidak hanya dapat menjaga kekebalan tubuh saja, namun multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi sumber energi. Kalau yang ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

 

Wah, tertawa memang merupakan salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang sederhana untuk dilakukan, ya? Jadi, mulai sekarang kamu bisa rutin tertawa agar kesehatan fisik dan mental ikut terjaga!

 

 

Featured Image – klikdokter.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!