Di zaman sekarang, mungkin ada banyak orang yang belum terlalu memprioritaskan dana pensiun. Mungkin, kamu menganggap masih memiliki banyak waktu untuk mempersiapkannya. Eits, anggapan tersebut ternyata salah, lho. Karena, semakin dini kamu menyiapkan dana pensiun, maka masa tua makin terjamin.

Tak hanya dapat menikmati masa tua dengan nyaman, nantinya kamu pun tak perlu bergantung pada orang lain, seperti anak maupun cucu. Tentu saja, kamu ingin masa tuamu sudah terjamin, kan? Kalau begitu, yuk, mulai kumpulkan dana pensiun sedini mungkin!

Tapi, dalam mengumpulkan dana pensiun, ada sejummlah kesalahan yang mesti dihindari, nih. Berikut ini 5 kesalahannya – simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

#1 – Merasa Tak Punya Uang untuk Mengumpulkan Dana Pensiun

Credit Image - hai.grid.id

Salah satu hal yang sering jadi alasan seseorang untuk sulit menabung, termasuk menabung dana pensiun, yakni merasa tidak ada uangnya. Padahal, permasalahan sebenarnya terletak pada niat atau kemauan, lho.

Kalau kamu sudah merasa dana pensiun itu penting, pasti akan ada jalan keluarnya. Misalnya, dengan menghemat makan siang. Yang biasanya jajan di luar, sekarang jadi bawa bekal dari rumah. Jika sehari saja, kamu bisa menghemat 15 ribu rupiah, selama 20 hari, kamu sudah bisa mengantongi 300 ribu rupiah, kan?

 

#2 – Yakin Masih Punya Banyak Waktu?

Alasan ini yang umum menyebabkan banyak orang menunda-nunda menabung dana pensiun. Merasa sekarang masih muda, dan usia pensiun masih lama, jadi tidak merasa mendesak. Tapi, yakin kamu masih punya banyak waktu? Makin ditunda, maka waktu yang dimiliki makin sedikit, lho.

Tak terasa, waktu terus bergulir. Dan ketika usia sudah mendekati pensiun baru sadar, kalau selama ini belum mempersiapkan dana untuk hari tua. Akibatnya, uang yang terkumpul hanya sedikit, sehingga tidak bisa menopang kebutuhan ketika masa pensiun tiba. Pilihannya, cari kerja lagi atau mengandalkan pemberian uang dari anak.

Jadi, memang baiknya mulai kumpulkan dana pensiun sedini mungkin, ya. Lebih cepat, lebih baik!

 

#3 – Ingin Menikmati Masa Muda Dahulu

Credit Image - catatanmini.com

Wajar, kok, ketika masih muda, kamu ingin bersenang-senang. Namun, jangan sampai mengorbankan masa depan, dengan tidak memikirkan sama sekali besar pemasukan dan pengeluaran.

Jika penghasilan di masa muda selalu habis untuk leha-leha, nanti di masa depan baru terasa dampaknya. Ketika yang lain sudah punya rumah serta berbagai aset, kamu masih mengandalkan gaji bulanan.

Saat yang lain mampu menikmati masa pensiun dengan santai dan gembira sambil bercengkerama dengan anak cucu, kamu masih berkutat untuk cari penghasilan demi kebutuhan sehari-hari. Hindari kesalahan yang satu ini, yuk!

 

#4 – Berpikir Setelah Pensiun akan Tetap Bekerja

Optimis boleh, tapi tetap harus realistis dan mempertimbangkan semua hal dengan matang. Gak ada yang melarang untuk tetap bekerja setelah masa pensiun. Hanya saja, kamu mesti sadar diri, bahwa di usia senja, tenaga sudah beda. Kamu tidak bisa lagi seperti masih muda.

Lagipula, itu pun kalau memang ada perusahaan yang masih mempekerjakanmu. Namun, gimana kalau tidak ada? Jadi, berharap harus yang terbaik. Namun, jangan lupa mempersiapkan apabila terjadi hal yang terburuk.

 

#5 – Mengandalkan Pesangon

Credit Image - glints.com

Perusahaan memang menyediakan pesangon dengan jumlah yang cukup besar ketika kamu pensiun nanti. Namun, jangan dilupakan, sebesar apa pun jumlah uangnya, kalau cuma dihabiskan, tanpa ada pemasukan pasti akan ludes juga.

Ini yang kadang disesali oleh karyawan yang sudah menginjak usia senja. Saat diberi pesangon, baru kepikiran membuka bisnis dari dana pensiun tersebut. Karena belum ada pengalaman, banyak yang kemudian berakhir gulung tikar. Dana pensiun habis, sementara pekerjaan sudah gak punya. Ribet, kan?

 

#6 – Sering Merasa Lelah

Apa sih kaitannya kesalahan satu ini dengan mengumpulkan dana pensiun? Ya, kalau kamu gampang lelah, maka kegiatan bekerja untuk menyiapkan dana tersebut pun bakal terhambat, kan? Kalau sudah begini, produktivitas pun terus menurun.

Jadi, dalam menyiapkan dana pensiun pastikan kamu sudah menjaga energi tubuh. Untuk menjaganya, apalagi buatmu yang punya aktivitas padat, disarankan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, sudahkah kamu mulai untuk mengumpulkan dana pensiun? Ingat, jangan ditunda-tunda, ya. Mulai sedini mungkin biar kamu dapat menikmati masa tua secara maksimal!

 

 

Featured Image – bisnismuda.id