Mengasah kecerdasan linguistik – alias verbal anak sejak usia dini ternyata dapat mendukung kelancaran proses belajar, akademis, hingga kesuksesan karir Si Kecil di masa mendatang, moms. Untuk melakukannya, ada beragam tips yang dapat dilakukan, lho.

Kecerdasan linguistik dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menata dan menyampaikan pikiran dengan baik, melalui susunan kata – yang dapat berbentuk lisan, tulisan, atau membaca. Tentu saja, kecerdasan ini sangatlah penting, kan, moms?

Nah, untuk mengasah kecerdasan linguistik Si Kecil, berikut ini 5 tips jitu yang dapat moms terapkan. Yuk, di simak sampai habis!

 

 

1. Membaca dengan Lantang

Credit Image - suara.com

Kebiasaan membaca memang penting untuk perkembangan bahasa, tapi cobalah lengkapi dengan aktivitas membaca dengan lantang untuk mengasah kecerdasan linguistik anak. Dilansir dari busyteacher.com, membaca dengan lantang akan membantu mengasah berbagai kemampuan verbal linguistik seperti:

  • Memperkaya kosakata.
  • Meningkatkan pemahaman membaca.
  • Melatih variasi penggunaan intonasi dalam berbagai konteks berbeda.
  • Meningkatkan kemampuan mendengarkan dan membaca.
  • Meningkatkan kemampuan untuk menyusun dan mengedit kata dalam proses menulis maupun berpikir.

Supaya mendapatkan manfaat maksimal, biasakan Si Kecil membaca dengan lantang berbagai jenis tulisan berbeda seperti cerita, puisi, berita, atau naskah drama, moms.

 

2. Bermain Peran

Selanjutnya, untuk melatih kecerdasan linguistik Si Kecil, moms dapat mengajaknya untuk melakukan permainan peran.

Dari sebuah studi yang dilansir Education Resources Information Center, diketahui kalau bermain peran juga sangat baik untuk mengasah berbagai kemampuan yang dibutuhkan dalam kecerdasan verbal linguistik.

Mulai dari kemampuan membedakan cara berkomunikasi sesuai dengan posisi dan situasi, analisis dan pemecahan masalah dalam subjek spesifik, mengekspresikan diri dengan baik, hingga meningkatkan penggunaan kata dan representasi simbolik.  

Supaya lebih menarik, moms pun bisa kenalkan Si Kecil dengan berbagai variasi peran di dunia nyata seperti seorang ibu, reporter, dokter, pelayan restoran, teller bank, dan sebagainya. Dijamin tidak membosankan, ya!

 

3. Menulis Jurnal

Credit Image - popmama.com

Moms, tidak hanya mendengarkan, membaca, maupun berbicara saja, namun kecerdasan linguistik Si Kecil juga dapat diasah dengan menuangkan isi pikiran menjadi kata-kata tertulis, baik dalam bentuk tulisan tangan maupun digital, lho.

Untuk melakukannya, kamu bisa mendorong Si Kecil untuk mulai menulis blog atau jurnal tentang pengalamannya di sekolah, saat berlibur, atau saat bersama teman. Sebagai variasi, Si Kecil juga bisa dilatih menulis dalam bentuk cerita pendek, naskah berita ringan, atau puisi.

 

4. Mengajak Diskusi atau Berdebat

Jangan salah moms, perdebatan tidak selalu bersifat negatif, kok. Bahkan, dengan melatih debat mengenai beragam macam isu, maka hal ini dapat memberikan manfaat positif bagi kemampuan berpikir, kepercayaan diri, serta melatih kecerdasan linguistik Si Kecil.

Secara spesifik, debat melatih anak untuk berpikir kritis, menyusun kata secara cepat untuk mempresentasikan argumen yang bisa dipahami, serta membuat kesimpulan logis dari gabungan informasi yang didapat dan dimilikinya.

Debat itu berbeda dengan diskusi dan adu argument, lho. Untuk berdebat secara sehat, berikan Si Kecil kesempatan untuk mencari sebanyak mungkin informasi tentang topik yang akan dibahas, disampaikan dalam bahasa formal dan sopan, dilakukan dalam waktu terbatas, dan dengan kesempatan seimbang untuk menyampaikan pendapat.

 

5. Melakukan Wawancara

Credit Image - diadona.id

Yang terakhir, melatih kecerdasan linguistik anak juga dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan wawancara. Aktivitas ini bisa menjadi kegiatan sederhana yang dapat membantu melatih melatih kemampuan berkomunikasi untuk mengumpulkan informasi mendalam dan terperinci.

Nah, Si Kecil bisa mulai dengan mewawancarai orangtua – maupun keluarga terdekat tentang topik umum, lalu setelah lebih mahir ia bisa mulai mewawancarai orang lain tentang topik yang lebih lebih berat.

 

5. Dukung Kecerdasan Linguistik Anak, Penuhi Kebutuhan Nutrisinya!

Untuk mendukung kecerdasan anak, termasuk kecerdasan linguistik, pastikan moms juga sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya. Tentu saja, hal ini berkaitan dengan perkembangan Si Kecil sekaligus bisa membantu menjaga kesehatan tubuhnya.

Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin. Sebagai pelengkap, kamu juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Namun, multivitamin apa yang direkomendasikan?

Berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol. Sejumlah vitamin ini penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak, lho.

Selain itu, Enervon-C Plus Sirup dapat bantu optimalkan tambuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah deretan tips yang dapat moms lakukan untuk mengasah sekaligus meningkatkan kecerdasan linguistik Si Kecil. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – sunnygoldnugget.com