Menjalankan cara hidup sehat seringkali dianggap sebagai sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang, terutama ketika kamu sedang menjalankan program diet.  Memulai diet pun jadi hal yang berat karena kamu sudah membayangkan apa saja makanan yang tidak boleh dimakan. Padahal, jika dicermati lebih baik, diet bisa jadi hal yang menyenangkan dan kamu bisa menjalani hidup sehat.

Meski cara hidup sehat tidak mudah dilakukan, tetapi hal ini memiliki banyak manfaat, seperti dapat membantu,u menjaga berat badan, meningkatkan energi, hingga mencegah terkena penyakit.

Berikut ini 5 cara hidup yang perlu kamu coba:

1. Makan secara sehat dan seimbang

Credit: liputan6.com

Cara hidup sehat yang paling penting adalah mendapat asupan gizi yang baik. Agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal, kamu membutuhkan asupan gizi seimbang.

Jika kamu memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, maka kamu perlu mencatat semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. caratan ini bermanfaat untuk menjadi pengingatmu agar membatasi konsumsinya.

2. Makan dan minum sealami mungkin

Credit: nutraceuticalsworld.com

Banyak makanan dan minuman yang diproduksi oleh industri dan mengalami proses produksi yang panjang. Hal ini menyebabkan makanan dan minuman membutuhkan bahan pengawet. Usahakan untuk menghindari makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, dan kamu bisa menggunakan bahan pangan yang lebih alami.

3. Olahraga secara teratur

Credit: kompasiana.com

Cara hidup sehat yang seringkali dilewatkan oleh masyarakat saat ini adalah olahraga. Padahal, jika kamu melakukan olahraga dengan benar, dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh, menguatkan otot dan juga tulang.

Sebaiknya evaluasi aktivitasmu sehari- hari, apakah didominasi dengan kegiatan duduk saja atau sudah cukup bergerak. Menurut pakar kesehatan, disarankan untuk berolahraga 150 menit tiap minggunya.

4. Hindari stress

Credit: learntruehealth.com

Kegiatan sehari- hari seringkali menimbulkan stress. Gejala fisik yang ditimbulkan yaitu sakit kepala, meningkatkan tekanan darah, sakit perut, dada terasa sakit, dan susah tidur. Kamu dapat mengelola stres dengan melakukan hobi, yoga, atau meditasi. Dan jangan lupa untuk selalu mengucap rasa syukur agar membuat jiwamu lebih tenang.

5. Istirahat cukup

Credit: huffpost.com

Istirahat yang cukup adalah kunci untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang sehat. Pastikan jam tidurmu tercukupi. Dan jika kamu kesulitan untuk tidur, kamu bisa mengatasinya dengan mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik saat menjelang tidur.

 

Featured Image - geelongmedicalgroup.com.au