Jalan kaki merupakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja. Bahkan tanpa sadar sebenarnya hampir setiap hari kamu berjalan kaki. Namun ternyata, manfaat jalan kaki tidak sesederhana kelihatannya. Kamu bisa mendapat sedugang keuntungan dari berjalanan kaki selama 30 menit dalam sehari.

Apa saja manfaatnya? Berikut ini ulasannya

1. Mengurangi gejala varises

Credit: hellosehat.com

Seiring bertambahnya usia, varises sangat mungkin terjadi. Kondisi ini disebabkan oleh adanya pembengkakan pembuluh darah vena yang biasanya terjadi di sekitar betis dan kaki. Dengan melakukan jalan kaki 30 menit sehari bisa mengurangi pembengkakan tersebut.

2. Menurunkan risiko penyakit kronis

Credit: idntimes.com

Jalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes. Bahkan ditemukan fakta bahwa berjalan kaki rutin setiap hari bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko stroke sebesar 20 hingga 40 persen.

Orang yang berjalan kaki 30 menit per hari atau melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama lima hari setiap minggunya memiliki risiko penyakit kardiovaskular 30 persen lebih rendah dibanding dengan yang tidak.

3. Membuat suasana hati menjadi baik

Credit: health4health.com

Berjalan kaki 30 menit sehari ternyata sama dengan makan tiga buah dark chocolate. Ini artinya berjalan kaki dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dan menimbulkan rasa senang. Suasana hati yang baik akan membuat harimu penuh dengan produktivitas yang baik serta positif.

4. Menurunkan berat badan

Credit: lifestyle.kompas.com

Berjalan kaki yang dilakukan secara teratur dapat membantu meningkatkan respon tubuh terhadap insulin, yang berujung pada berkurangnya lemak pada perut.

Berjalan kaki meningkatkan metabolisme tubuh dengan membakar kalori ekstra yang biasanya bertumbuh menjadi lemak. Jika asupan kalori sehari- harimu berlebih, maka dengan berjalan kaki 30 menit sehari dapat membakar 200 kalori per minggunya.

5. Melancarkan sistem pencernaan

Credit: hellosehat,com

Setelah mengonsumsi makan- makanan berat yang penuh dengan lemakdan karbohidrat, maka usahan jangan langsung tidur atau duduk menonton TV, karena ini dapat mengganggu kinerja sistem pencernaanmu.

Kamu perlu berjalan selama 30 menit yang dapat membantu memperlancar kerja sistem pencernaanmu. Selain itu, berjalan kaki setelah makan juga dapat membantu menjaga kadar gulamu tetap stabil dan tidak memberikan lonjakan yang membahayakan tubuh.

Nah, itu dia segudang manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan berjalan kaki selama 30 menit sehari. Selain berjalan kaki, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dari Enervon yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

 

Featured Image - hellosehat.com

Jadi tunggu apa lagi, mulailah untuk hidup lebih sehat dari hal termudah yang bisa kamu lakukan.