Si Kecil Kecanduan Game Online? Kenali Deretan Ciri-Cirinya, Moms!

Si Kecil Kecanduan Game Online? Kenali Deretan Ciri-Cirinya, Moms!

Bermain game online memang menjadi salah satu aktivitas yang banyak digemari banyak kalangan, apalagi anak-anak, moms. Namun, dibalik keseruan dari kegiatan satu ini, ada dampak buruk yang mengintai, apalagi kalau Si Kecil sudah kecanduan game online. Tapi, gimana cara mengenalinya?

Setidaknya ada lima ciri-ciri anak yang kecanduan game online. Jika Si Kecil gemar bermain jenis game tersebut, pastikan moms terus memantaunya – dan kenali ciri-ciri kecanduan agar risiko buruknya dapat segera dihindari.

Berikut 5 ciri-ciri kecanduan game online. Silahkan simak ulasannya di bawah ini!

 

 

Bermain Game Selama Beberapa Jam dalam Sehari

Si Kecil Kecanduan Game Online? Kenali Deretan Ciri-Cirinya, Moms!

Credit Image - alodokter.com

Idealnya bermain game online hanya dilakukan dalam durasi singkat, karena merupakan aktivitas pengisi waktu luang saja. Nah, kalau anak sudah kecanduan game online, aktivitas tersebut justru bisa dilakukan selama berjam-jam, lho, moms.

Bermain game online bisa dikatakan masih dalam batas wajar jika dimainkan dalam satu atau dua jam per hari atau cuma di weekend saja, misalnya. Tapi, orang yang memiliki gejala kecanduan game online umumnya bisa menghabiskan waktu selama 10 hingga 14 jam per hari untuk bermain.

Kecanduan game online sering dimulai saat kanak-kanak dan menjadi lebih parah ketika usia remaja karena pada usia ini orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan dunia virtual di ponsel.

 

Kehilangan Minat pada Aktivitas Lainnya

Ciri-ciri anak yang sudah kecanduan game online berikutnya, yaitu biasanya Si Kecil hanya memikirkan game saja di otaknya, sehingga akan lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain permainan tersebut.

Bahkan, saking sudah kecanduannya dengan game online banyak orang yang mengalami penyakit ini akhirnya kehilangan minat pada aktivitas yang lebih penting seperti sekolah, lho. Selain itu, mereka juga seringkali putus sekolah sebelum waktunya. Jadi, pastikan moms tetap memerhatikan ciri-ciri yang satu ini!

 

Emosi Menjadi Kurang Stabil

Si Kecil Kecanduan Game Online? Kenali Deretan Ciri-Cirinya, Moms!

Credit Image - klikdokter.com

Perubahan suasana hati adalah hal yang sangat umum ditemukan pada penderita penyakit kecanduan game online – apalagi jika Si Kecil tidak diizinkan atau tidak dapat bermain game yang ia sukai. Apakah anak mengalami hal ini?

Nah, tidak dapat bermain game di sini seperti misalnya karena gadget anak di sita atau waktu bermain game yang dibatasi oleh kamu, moms. Keterbatasan bermain game tersebut umumnya membuat penderita menjadi moody, mudah tersinggung, marah, bahkan menyakiti orang lain atau dirinya sendiri.

 

Berat Badan Ikut Berubah

Ketika kecanduan game online semakin parah, biasanya hal tersebut juga berpengaruh pada kesehatan penderitanya. Salah satunya yang banyak ditemui adalah perubahan berat badan pada Si Kecil, lho, moms.

Sang buah hati biasanya seringkali melewatkan makan atau menunggu sampai mereka benar-benar merasa sangat lapar sebelum akhirnya makan. Di beberapa kasus ada juga penderita kecanduan game online yang mengalami kelebihan berat badan karena kurangnya olahraga dan makan makanan yang berkalori tinggi.

 

Perubahan Pola Tidur

Si Kecil Kecanduan Game Online? Kenali Deretan Ciri-Cirinya, Moms!

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Anak yang mengalami kecanduan game online seringkali membalik pola tidur mereka, pagi menjadi malam dan sebaliknya. Umumnya, ia akan bermain game di jam di mana orang 'normal' lainnya tidur dan akan tidur di jam ketika orang lain justru sibuk melakukan aktivitas seperti bekerja atau sekolah.

Inilah juga alasannya kenapa para pecandu game online seringkali putus sekolah, moms. Selain itu, pola tidur yang seperti ini juga membuat penderita umumnya mengalami kekurangan vitamin D karena jarang terkena sinar matahari.

 

Kecanduan Game Online Sebabkan Kekurangan Nutrisi, Pastikan Moms Berikan Asupan Multivitamin Lengkap!

Ketika anak mengalami kecanduan game online, maka risiko kekurangan nutrisi juga bisa terjadi, lho. Pasalnya, terlalu lama bermain video game membuat Si Kecil abai – atau tidak mau meluangkan waktunya untuk mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi.

Nah, selama proses mengatasi kecanduan game online tersebut, maka moms mesti memastikan asupan nutrisi anak sudah tercukupi, ya.

Sebagai pelengkap dan juga memastikan agar anak mendapatkan nutrisi yang cukup, moms bisa memberikannya multivitamin dengan kandungan lengkap – seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Kandungan vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak – yang juga dapat membantu mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil, sehingga dapat membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya dan meningkatkan nafsu makannya.

 

Wah, bagaimana, moms? Sekarang kamu sudah mengenali deretan ciri-ciri anak yang mengalami kecanduan game online, kan? Jika Si Kecil mengalaminya, pastikan kamu segera melakukan tindakan agar dampak buruknya tidak dialami!

 

 

Featured Image – berkeluarga.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!