Saat ini, kasus positif Covid-19 sudah mulai melandai, setelah sebelumnya mengalami peningkatan akibat varian Omicron. Berkaitan dengan hal tersebut, kegiatan mudik lebaran pun sudah diperbolehkan, asal sudah memenuhi sejumlah syarat, seperti mendapat vaksinasi.

Pemudik diimbau agar sudah melengkapi dosis vaksinasi, baik itu dosis primer – pertama dan kedua, sekaligus booster. Hal ini pun dilakukan guna meminimalisir risiko penularan pada kelompok rentan. Lantas, kalau belum booster, apakah masih boleh mudik?

Jika belum mendapat booster – atau baru divaksinasi satu dosis, maka masih harus menunjukkan hasil tes PCR negatif Covid-19. Lebih lanjut, berikut ini informasi lengkapnya.

 

 

Akan Disediakan Tempat Vaksin di Transportasi Umum

Credit Image - ekonomi.bisnis.com

Bagi pemudik yang sudah booster vaksin Covid-19 tak perlu lagi menunjukkan hasil tes negatif PCR maupun antigen. Menurutnya, pemerintah nantinya juga bakal menyediakan sejumlah tempat vaksinasi di lokasi perjalanan mudik seperti fasilitas umum.

Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan agar memudahkan vaksinasi warga sekaligus meningkatkan cakupan vaksinasi utamanya booster dan dosis kedua pada kelompok rawan dan lansia.

Jadi, jika warga ingin mendapat booster selama perjalanan mudik, nanti akan dipersiapkan oleh Kementerian Perhubungan tempat-tempat vaksinasi gratis di fasilitas transportasi umum.
 

Vaksinasi Menjadi Syarat Mudik

Credit Image - kabarmedan.com

Ketika mudik lebaran, umumnya tempat yang dikunjungi, yakni orangtua yang sudah berusia lanjut. Agar silaturahmi dapat berjalan aman, maka syarat mendapat vaksin bagi para pemudik wajib untuk dipenuhi terlebih dahulu.

Jika tidak divaksinasi tidak lengkap, dampaknya negatif terutama pada orangtua. Kelompok tersebut memang menjadi sasaran kunjungan anak-anaknya, karena itu, disarankan kalau mau mudik itu sebaiknya di-booster, supaya memperkecil risiko orang yang dikunjungi nanti terkena paparan virus corona.

Ada pun syarat mudik untuk vaksin dosis satu, dua, dan tiga, yaitu:

  • Dosis satu: tes negatif Covid-19.
  • Dosis dua: tes negatif antigen.
  • Dosis ketiga atau booster: bebas syarat hasil tes negatif.

 

Masyarakat Diperbolehkan Mudik, Tapi Langkah Pencegahan Tetap Harus Dilakukan!

Credit Image - tribunnews.com

Kegiatan mudik sudah boleh dilakukan di tengah pandemi. Namun, agar mudik tetap aman dan nyaman, pastikan tetap menjalani protokol kesehatan, sehingga tingkat penularan tetap bisa ditekan – dan tak terjadi lonjakan kasus positif lagi.

Tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan. Kalau pun harus berada di ruang publik, pilihlah lokasi terbuka dan memiliki ventilasi udara yang baik.

Dan kamu pun dianjurkan tetap menjaga kesehatan fisik, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 
Itulah deretan syarat mudik bagi masyarakat yang mendapatkan vaksin dosis satu, dua, maupun tiga. Agar tetap aman dan nyaman, pastikan kamu tetap menjalani prokes dan menjaga kekebalan tubuh selama kegiatan mudik agar silaturahmi bisa di #JalaniBersamaTanpaRagu.

 

 

Featured Image – nasional.okezone.com

Source – detik.com