Kerja freelance memang seringkali dipandang sebelah mata, terutama sebagian orang yang mengganggap bahwa kerja freelance tidak menghasilkan uang sebanyak ketika kamu bekerja full time. Meski begitu, kerja freelance memiliki keuntungan tersendiri, seperti jam kerja yang lebih fleksibel dan waktu kerja pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

Namun dari berbagai keuntungan kerja freelance, kamu tetap harus cermat dalam memilihnya. Berikut ini jenis pekerjaan freelance yang banyak ditawarkan di lowongan kerja!

1. Penulis

Credit: medium.com

Menulis merupakan salah satu pekerjaan freelance yang banyak dibutuhkan. Kalau kamu memiliki skill untuk menulis, dapat mengekspresikan apa yang kamu ketahui melalui kata- kata, cobalah untuk menjadi seorang penulis lepas.

Pada umumnya, perusahaan membutuhkan penulis untuk menulis artikel- artikel sesuai orderan. Atau bisa juga di beberapa website online maupun forum jual beli online.

2. Guru les privat

Credit: listenandlearn.org

Jika kamu memiliki ilmu salah satu pelajaran atau mata kuliah yang telah dipelajari, kamu bisa menjadi guru les privat. Karena selain mendapatkan uang, kamu sekaligus bisa mendapat tambahan ilmu lagi. Mengajari orang adalah salah satu cara belajar untuk dirimu sendiri yang paling ampuh.

3. Reporter

Credit: thebalancecareers.com

Jika kamu memiliki skill atau minat di dunia jurnalistik, kamu bisa mencoba bekerja sebagai reporter freelance di media. Jaman sekarang, seorang jurnalis tidak harus bekerja full time dan tetap di satu kantor saja. Tetapi, bisa dilakukan paruh waktu.

Tugasnya cukup sederhana namun tetap menantang, yaitu seperti memberikan laporan kejadian di tempat yang telah ditentukan, atau membuat berita mengenai daerah tempat tinggalmu.

4. Barista

Credit: theindependent.co.uk

Kamu suka nongkrong di coffee shop bareng teman- teman dan mencoba beragam jenis minuman baru? Kenapa tidak coba jadi baristanya saja? Lowongan sebagai barista banyak ditawarkan di coffee shop, khususnya untuk part time.

Persyaratan untuk menjadi barista juga cukup mudah dan biasanya tidak membutuhkan pengalaman khusus. Dan jam kerjanya juga bisa disesuaikan dengan jadwal keseharian kamu.

5. Fotografer

Credit: karircerah.com

Jaman sekarang banyak kebutuhan foto yang semakin mendesak, terutama untuk berbagai macam acara seperti pesta pernikahan, ulang tahun, wisuda, dan lain sebagainya. Jika kamu memiliki kemampuan untuk memotret dan skill editing foto yang baik. Kamu bisa coba pekerjaan ini. Bekerja sebagai fotografer juga bisa sekaligus mengembangkan skill fotografimu, lho!

 

Featured Image - wanderlust.co.uk