Meski terdengar mudah, cuci tangan tidak sesepele yang dikira. Cara cuci tangan yang baik dan benar sangat penting, terutama untuk anak- anak agar kuman yang ada di tangan mereka bisa hilang. Dan sebagai hasilnya, si kecil akan terhindar dari penyakit.

Ada berbagai penyakit yang bisa menular melalui sentuhan. Mulai dari ISPA, diare, pneumonia, cacingan, hepatitis A, bronkiolitis, meningitis, dan berbagai penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus atau bakteri yang ditularkan jika tidak mencuci tangan dengan benar.

Banyak sekali aktivitas si kecil yang membuatnya berisiko untuk tertular penyakit. Mulai dari bermain, berinteraksi dengan teman, menggunakan alat tulis, dan memegang barang- barang lainnya. Semua ini bisa menjadi perantara bakteri maupun virus tanpa disadari oleh si kecil.

Jadi, cuci tangan sangat penting dan merupakan perlindungan pertama pada tubuh si kecil.

Mengajarkan anak cara cuci tangan yang benar

Credit: kumparan.com

Untuk menjaga si kecil, kamu bisa mulai mengajarkannya cara mencuci tangan yang benar, seperti berikut ini:

  • Basahi tangan dengan air mengalir.
  • Cuci tangan dengan air saja tidak cukup untuk membunuh kuman. Jadi, siapkan sabun cuci tangan untuk si kecil. Dan disarankan untuk menggunakan sabun khusus yang mengandung antibakteri.
  • Ajarkan si kecil untuk menggosok tangannya hingga bersih sekitar 15 sampai 20 detik. Agar lebih menyenangkan, kamu bisa sembari mengajak si kecil bernyanyi, alih- alih menghitung berapa detik waktu mencuci tangan.
  • Bersihkan kedua telapak dan punggung tangan, sela- sela jari, di bawah kuku, hingga pergelangan tangan.
  • Bilas hingga tangan benar- benar bersih dari sabun. Lalu keringkan dengan handuk atau bisa juga menggunakan tisu.

Kapan sebaiknya si kecil harus cuci tangan?

Credit: popmama.com

Setelah kamu mengetahui cara mengajari si kecil mencuci tangan dengan benar. Berikut ini adalah beberapa waktu yang tepat meminta anak untuk mencuci tangannya:

  • Setelah si kecil bermain di luar rumah, pastikan ia mencuci tangannya sebelum kembali beraktivitas di dalam rumah.
  • Disarankan untuk mengajari anak mencuci tangan sebelum makan. Dan kamu yang mempersiapkan makannya juga harus mencuci tangan sebelum, selama, dan sesudah mengola bahan- bahan mentah.
  • Pada musim pilek dan flu, virus penyebab flu dapat dengan mudah menginfeksi anak. Jadi, ingatkan si kecil untuk rajin cuci tangan, agar tidak mudah terserang infeksi.
  • Walaupun kelihatannya bersih dan wangi, bakteri di dalam toilet tetap saja banyak. Jadi, penting bagimu atau bahkan si kecil untuk mencuci tangan setelah selesai dari toilet, agar terhindar dari beragam penyakit.

Menyayangi si kecil dapat diungkapkan dengan berbagai cara. Selain memberikan beragam mainan yang ia sukai dan makanan yang bernutrisi, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan tangannya agar tidak mudah terkena penyakit. Oleh karena itu, mulailah mengajari si kecil untuk cuci tangan dengan bersih dan benar, agar kesehatannya tetap terjaga.

 

Featured Image - momsagainstcooties.com