Jika moms sedang mengajari Si Kecil untuk mulai berpuasa di tahun ini, mungkin hal tersebut cukup menantang, ya. Bukan hanya soal menahan rasa haus dan lapar, tetapi kamu pun mesti mencari cara agar anak tidak mudah bosan ketika sedang ngabuburit Ramadan.

Untuk mengalihkan rasa bosan – maupun perasaan yang kurang menyenangkan, moms dapat mengajak anak ngabuburit Ramadan dengan melakukan beragam permainan yang seru, lho. Lantas, apa saja permainan yang direkomendasikan?

Berikut ini 5 di antaranya!

 

 

1. Bermain Masak-Masakan

Credit Image - review.bukalapak.com

Moms, selepas azan ashar biasanya anak mulai tidak bersemangat dan lesu, nah, kamu bisa mengajak anak untuk bermain masak-masakan sebagai permainan untuk ngabuburit Ramadan, lho. Memasak bisa menjadi permainan yang menyenangkan, karena bisa melakukannya sambil bermain peran, misalnya menjadi koki.

Selain itu, Si Kecil juga bisa bermain masak-masakan sambil menemani moms memasak untuk buka puasa. Berikan ia tugas dalam proses memasak yang tidak membahayakan, misalnya mencuci buah dan sayur.

Memasak bersama anak memiliki banyak manfaat, lho. Dilansir dari Kids Health, memasak mampu membangun kemampuan dasar anak seperti menghitung. Sebagai contoh, anak belajar angka dari menghitung jumlah telur yang digunakan untuk memasak menu buka puasa.

Tidak hanya itu, Si kecil juga bisa belajar mengenal warna dari sayur dan buah yang sedang dicuci. Secara perlahan, moms bisa mengenalkan kosakata baru pada anak ketika sedang memilih bahan makanan, misalnya sayur oyong, gula merah, atau sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya.

 

2. Petak Umpet

Permainan ngabuburit Ramadan berikutnya yang dapat moms lakukan bersama Si Kecil, yakni petak umpet. Permainan satu ini pun bisa dijadikan sebagai sarana olahraga sembari menunggu waktu berbuka puasa, lho.

Moms dan anak bisa main petak umpet sekitar 15 atau 20 menit sebelum waktu buka puasa. Atau, kamu juga bisa main petak umpet di luar rumah sambil membeli takjil atau menu berbuka puasa.

Mengutip dari Better Health, berjalan santai bisa mengurangi sendi dan otot yang kaku dan membuat tulang lebih kuat. Berjalan santai juga bisa meningkatkan daya tahan otot anak dan mengurangi lemak di tubuh.

 

3. Bermain Congklak

Credit Image - kompasiana.com

Saat Si Kecil sudah mulai tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas menjelang waktu buka puasa, bermain congklak bisa jadi pilihan permainan untuk ngabuburit Ramadan, lho. Kegiatan yang satu ini pun dapat dilakukan sembari bersantai.

Congklak tidak memerlukan aktivitas fisik yang terlalu banyak, cukup duduk sambil menunggu waktu berbuka sehingga tidak menghabiskan banyak tenaga anak. Congklak merupakan permainan tradisional yang menyenangkan dan tak memerlukan banyak tenaga. Permainan ini melibatkan dua orang. Nah, moms bisa mengajak bermain bersama ayah, kakak, atau adik.

 

4. Kuis Tebak-Tebakan

Kalau anak tidak ingin bermain fisik dan hanya bersantai di kursi, moms bisa mengajaknya untuk mengikuti permainan kuis atau tebak-tebakan untuk ngabuburit. Sebagai contoh, kamu bisa bermain ABC lima dasar dengan pertanyaan seputar jenis binatang sesuai kelompoknya, misalnya jenis reptil, hewan mamalia atau hewan yang hidup di air.

Permainan ngabuburit  Ramadan ini bisa membuat waktu berpuasa terasa singkat karena dihabiskan dengan cara menyenangkan. Atau, kamu juga bisa bermain tebak-tebakan saat menonton film. Kegiatan ini pun bisa dijadikan sebagai permainan seru bersama anak sembari menunggu berbuka puasa.

Misalnya, moms dapat menanyakan jalan cerita dari film yang ditonton, kemudian meminta anak untuk menceritakan kembali. Kegiatan ini pun mampu melatih imajinasi Si Kecil sekaligus kemampuan komunikasinya.

 

5. Board Game

Credit Image - lifestyle.okezone.com

Ada beberapa jenis permainan anak yang tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk ngabuburit Ramadan, misalnya monopoli, ular tangga, atau puzzle. Permainan ini bisa dilakukan sambil duduk santai menunggu jam buka puasa. Buat suasana bermain lebih seru dengan mengoleskan bedak atau losion di wajah ketika salah satu kalah dari permainan.

Nah, biar kegiatan ngabuburit Ramadan makin menyenangkan, moms mesti memastikan bahwa kebutuhan nutrisi anak sudah terpenuhi dengan baik, ya. Selain menyajikan menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Gimana, moms? Apakah tahun ini Si Kecil sudah mulai belajar berpuasa? Sembari menunggu waktu berbuka, kamu bisa mengajaknya untuk melakukan permainan di atas – yang cocok dijadikan sebagai aktivitas ngabuburit Ramadan, ya!

 

 

Featured Image – fimela.com