Berbicara mengenai jahe memang sudah tidak asing lagi bukan? Karena tumbuhan yang sering menjadi bumbu dapur ini pasti ada di setiap dapur-dapur orang Indonesia. Apalagi buat kamu yang memang suka memasak yaa, penampakan dari tumbuhan ini pun selalu ada di kehidupan sehari-hari. Namun, apakah kamu sudah tahu manfaat dari jahe yang baik untuk tubuh?

Perlu untuk kamu ketahui juga kalau jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara, kemudian baru menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya khas, selain menjadi bumbu dapur, teryata tumbuhan ini juga sering dijadikan bahan pengobatan alternatif di Tiongkok, India hingga Timur Tengah.

Memiliki jahe yang segar, strukturnya yang kokoh, halus dan tidak berjamur pun menjadi cara untuk mengetahui bagaimana kualitas dari sebuah tumbuhan ini. Nah, apa saja sih manfaat dari jahe yang bisa kamu gunakan untuk kesehatan? Daripada kamu semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!

Mengatasi Masalah Pencernaan

3 Manfaat Baik dari Jahe untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: artikelmedis.com

Satu manfaat dari jahe yang perlu kamu ketahui ialah berfungsi untuk mengatasi masalah pencernaan. Bahkan sudah dikenal dari generasi ke generasi kalau tumbuhan ini menjadi alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Kangungan phenolic dalam jahe pun berfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan.

Jahe juga disebut sebgai carminative, suatu substansi yang bisa mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan kamu. Dengan menggunakan jahe kamu bisa mengatasi masalah pencernaan seperti kolik dan dyspepsia.

Mengurangi Rasa Mual

3 Manfaat Baik dari Jahe untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: nagaswarafm.com

Selain bisa mengatasi masalah pencernaan, ternyata jahe juga memiliki manfaat lainnya yaitu mengurangi rasa mual yang biasanya disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatan kanker.

Kamu bisa memakan jahe secara mentah atau menjadikannya minuman, bahkan jahe dalam bentuk permen pun dapat bekerja baik terutama mengatasi mual. Sehingga kalau tiba-tiba rasa mual itu datang, jangan lupa untuk mengandalkan jahe yaa.

Mencegah Penyakit Kulit

3 Manfaat Baik dari Jahe untuk Kesehatan Tubuh Kamu! Credit: /tolakangin.co.id

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang sehat serta bersih? Pasti hampir semua orang ingin bukan? Nah, ternyata jahe memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit loh. Tak heran apabila orang jaman dahulu banyak yang menggunakan jahe sebagai substansi untuk menyehatkan kondisi kulit.

Jahe sendiri meruapakan salah satu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicu keluatnya keringat. Pengeluaran keringat sendiri juga bisa bermanfaat ketika kamu sedang demam atau flu. Selain itu pengeluaran keringat juga berfungsi untuk melindungi kulit kamu dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.

Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin, diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteri seperti E.coli, staphylococcus aureus, serta jamu yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar manfaat baik jahe terdapat kesehatan tubuh kamu? Silakan saja dicoba dan rasakan sendiri khasiatnya yaa. Utamakan selalu hidup sehat dan jangan lupa untuk meminum Enervon setiap hari agar kebutuhan vitamin C di dalam tubuh kamu selalu terpenuhi!

Source: hellosehat.com

 

Featured Image: honestdocs.id