Bagi para karyawan, hari raya Idul Fitri memang identik dengan waktu turunnya uang THR. Nah, biar tidak boros – dan uangnya terbuang sia-sia untuk hal yang konsumtif, ada baiknya kamu menginvestasikan uang THR yang diterima, nih.

Biasanya, uang THR yang kamu terima mencapai satu kali gaji. Nah, dalam prinsip dana darurat, dan pengeluaran tambahan.

Untukmu yang berminat untuk menginvestasikan uang THR, berikut ini tips yang patut diterapkan!

 

 

Sisihkan Uang THR dari Awal

Credit Image - ekrut.com

Kebanyakan orang berinvestasi bukan dengan dana yang telah ia sisihkan sedari awal, melainkan dengan dana yang tersisa di akhir bulan. Untuk kamu yang ingin berinvestasi menggunakan uang THR, maka ada baiknya disisihkan terlebih dahulu, ya.

Tidak menyisihkan uang untuk investasi merupakan hal yang tidak dianjurkan, lho. Sebab, selain nominal yang tidak menentu, hasil investasi tidak begitu maksimal bila dibandingkan dengan dana yang telah disisihkan sedari awal. Cara ini juga dapat membantu kamu untuk mengontrol pengeluaran bulanan.

 

Sebagai Permulaan, Tak Perlu Uang THR yang Besar, Lho

Banyak orang yang masih beranggapan bahwa sejak awal berinvestasi, maka kamu harus mengeluarkan modal yang besar. Padahal, ini tidaklah benar. Untuk menggunakan uang THR sebagai dana berinvestasi, ada baiknya gunakan secukupnya dahulu.

Dengan dana secukupnya, kamu sudah bisa mulai berinvestasi, kok. Bahkan, untuk pemula disarankan memulai dengan dana yang kecil lebih dahulu. Selain risiko yang lebih minim, kamu juga bisa fokus mengexplore produk investasi yang tepat dan sesuai.

 

Memiliki Pola yang Tepat Mengenai Investasi

Credit Image - sahamu.com

Berinvestasi perlu memiliki pola pikir yang optimis. Kamu akan mengalami kesulitan bila berinvestasi dengan penuh keraguan termasuk bila kamu tidak berani mengambil risiko. Tips yang satu ini tentu tidak boleh dianggap remeh, ya!

Tetapkan tujuan jangka panjang yang dapat memotivasi kamu untuk berinvestasi. Ingat, segala sesuatu membutuhkan waktu, kamu dapat mempelajari investasi yang tepat sembari membentuk pola pikir yang dapat mengantar-mu kepada kesuksesan.

 

Mempertimbangkan Inflasi

Jangan sampai mengabaikan inflasi saat berinvestasi, sebab inflasi dapat mempengaruhi kecil besarnya daya beli investasi kamu. Selalu pertimbangkan dengan baik hal tersebut untuk hasil jangka panjang yang dapat kamu terima.

Tapi tak perlu khawatir, karena, inflasi tidak selalu berpengaruh negatif, lho. Tapi, ada pula nilai positifnya. Pengaruh baik dari inflasi ini dirasakan oleh mereka yang menjadi debitur dan pengusaha. Bagi debitur, inflasi menjadikan uang yang dikembalikan memiliki nilai lebih rendah dibandingkan saat meminjam. Sementara bagi pengusaha, adanya inflasi memungkinkan pengusaha memperoleh pendapatan yang lebih tinggi dibanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan.

 

Menentukan Produk Investasi yang Sesuai Budget

Credit Image - harmony.co.id

Menentukan produk investasi yang tepat dapat dibayangkan seperti menentukan pasangan hidup, penting dan perlu kamu pahami terlebih dahulu seluk beluknya. Jangan sampai kamu asal-asalan memilih jenis investasi!

Pahami investasi apa yang menjadi kebutuhan kamu terlebih dulu, karena produk investasi yang kamu pilih harus sesuai dengan tujuan keuangan serta dana yang kamu siapkan. Bila kamu memilih produk investasi yang tidak begitu kamu pahami maka risiko kerugian dapat menanti diujung jalan.

Melakukan investasi dengan uang THR tentu harus ilakukan dengan berkonsentrasi, sehingga tidak ada hal yang terlewatkan, lho. Untuk menjaga fokus, kamu dianjurkan menjaga stamina tubuh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active di bulan puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Konsumsi multivitamin Enervon Active dua kali sehari, ketika sahur dan berbuka jika diperlukan.

 

Apakah kamu berminat menggunakan uang THR untuk berinvestasi? Sebelum melakukannya, yuk, coba tengok dahulu sejumlah tips di atas, ya. Yang terpenting, pastikan kamu sudah memilih jenis instrumen investasi yang tepat – dan sesuai kantong agar tidak menyesal di kemudian hari.

Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – finance.detik.com