5 Kegiatan di Bulan Ramadan, Bikin Ibadah Puasa Makin Bermakna

5 Kegiatan di Bulan Ramadan, Bikin Ibadah Puasa Makin Bermakna

font size A Ǎ

Tak bisa dipungkiri, Ramadan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia. Tak hanya harus berpuasa, namun ada banyak sekali hal positif yang dapat kamu lakukan di bulan suci ini.

Ingat, berpuasa bukan sekedar menahan rasa haus dan lapar saja, tetapi juga mesti dihabiskan dengan melakukan kegiatan bermakna – seperti kelima aktivitas di bawah ini. Apa saja aktivitas yang dimaksud tersebut?

Berikut rangkumannya!

 

 

Tidak Hanya Tidur, Tapi Menahan Nafsu

5 Kegiatan di Bulan Ramadan, Bikin Ibadah Puasa Makin Bermakna

Credit Image - alodokter.com

Puasa bukan alasan buat mager dan tiduran aja. Tidur seharian justru akan membuat puasa terasa lebih lama dan tubuh terasa lemas. Di samping itu, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk kamu belajar mengontrol emosi dan menahan segala hawa nafsu. 

Entah itu nafsu untuk makan dan minum, nafsu akan amarah, atau nafsu untuk bergosip, pokoknya semua hal yang berkaitan dengan hati dan perilaku. Lantas, sudahkah kamu menahan sejumlah nafsu tersebut?

 

Mengoptimalkan Kegiatan Ibadah

Yang sudah pasti, bulan Ramadan jadi kesempatan kamu untuk mengoptimalkan ibadah, lho. Ibadah rutin seperti salat berjamaah dan membaca Al-Qur'an akan mendapat pahala yang berlipat ganda dari Allah. 

Selain itu, kamu bisa melengkapi amalan dengan salat sunnah, tilawah, dan bersedekah. Jadi, jangan ragu untuk memperbanyak sedekah di bulan ini, ya!

 

Berbagi Kebaikan dengan Sesama

5 Kegiatan di Bulan Ramadan, Bikin Ibadah Puasa Makin Bermakna

Credit Image - yooreka.id

Sebenarnya untuk berbagi kebaikan kepada sesama gak mesti di momen Ramadan saja kok. Kamu pun bisa melakukannya setiap hari. Tapi karena ini adalah bulan Ramadan, di mana Allah SWT menggandakan setiap kebaikan yang dilakukan oleh umatnya, maka momen ini gak boleh kamu sia-siakan begitu saja!

Salah satu amalan kebaikan yang bisa kamu lakukan adalah dengan berdonasi kepada mereka yang membutuhkan. Misalnya, kamu bisa memberikan donasi di beberapa platform terpercaya – cara ini pun lebih mudah dilakukan, lho.

 

Membuat dan Berbagi Takjil

Buka puasa kurang afdol rasanya kalau gak ada menu takjil. Setuju? Ada banyak banget makanan yang bisa kamu beli di pedagang takjil. Mulai dari makanan manis, gurih, hingga minuman segar penghilang dahaga.

Nah, tidak hanya membeli takjil, kamu juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Tentu saja, ini lebih higienis dan hemat. Jangan lupa, setelah selesai membuat takjil, kamu bisa membagikannya ke tetangga maupun orang lain yang membutuhkan.

 

Mencoba Kegiatan Baru

5 Kegiatan di Bulan Ramadan, Bikin Ibadah Puasa Makin Bermakna

Credit Image - kumparan.com

Selama puasa, kamu juga bisa mencoba berbagai kegiatan baru yang positif. Misalnya dengan mengikuti kajian online, berkebun, membuat kerajinan DIY, membaca buku atau mengeksplor berbagai hal baru lainnya. 

Nah, agar kegiatan bermakna di bulan Ramadan bisa dilakukan secara maksimal, pastikan kamu sudah memiliki energi yang cukup, ya. Untuk menjaga energi, kamu disarankan mengonsumsi rangkaian multivitamin dari Enervon, lho.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet – dengan kandungan Vitamin C 500 mg. Atau, Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

 

Gimana? Bulan puasa tentu tidak hanya dihabiskan untuk bermalas-malasan saja, ya. Justru ini menjadi momen yang tepat bagimu untuk melakukan berbagai kegiatan positif, lho!

 

 

Featured Image – blog.justika.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!