Diketahui, virus corona penyebab Covid-19 berpotensi menjadi penyakit endemi. Hal serupa pun disampaikan oleh Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indoneesia, Zubairi Djoerban yang memprediksi Indonesia mampu memasuki fase endemi dalam waktu 1 sampai 3 bulan ke depan.

Nah, memasuki masa endemi, masyarakat pun diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan sekaligus berbagai persiapan lainnya. Lantas, apa saja hal yang harus dilakukan untuk menyiapkan diri menuju endemi?

Berikut ini informasinya.

 

 

Mendapat Vaksinasi Lengkap, Termasuk Booster

Credit Image - idxchannel.com

Vaksinasi merupakan salah satu cara untuk memberikan proteksi maksimal kepada warga dari bahaya penularan virus corona. Disarankan agar setiap orang segera melakukan vaksinasi Covid-19. Jika sudah mendapatkan dua dosis vaksin, kamu disarankan untuk segera melakukan vaksin booster.

Sementara itu, Satgas Covid-19 meminta masyarakat untuk menjalani vaksinasi dosis ketiga atau booster selambat-lambatnya dua pekan sebelum mudik.

 

Lakukan Pertemuan di Ruang Terbuka

Masyarakat dianjurkan untuk memilih tempat yang terbuka ketika bertemu dengan orang lain. Pasalnya, udara yang terus berputar di satu ruangan bisa berpotensi membawa virus Covid-19 dan menularkan, meskipun orang dalam ruangan itu sudah menggunakan masker.

Jika harus berkegiatan di ruangan, kamu disarankan membuka jendela ruangan sehingga sirkulasi udara berjalan dengan baik. Dalam satu ruangan yang diisi beberapa orang, harus memiliki sirkulasi udara sehingga terjadi pergantian udara dari luar ruangan.

 

Tetap Rajin Mencuci Tangan – dan Jaga Kebersihan

Credit Image - generali.co.id

Cuci tangan adalah salah satu dari protokol 5M yang sejauh ini ampuh memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Orang lain dapat dengan mudah terinfeksi dengan menyentuh benda, lalu memegang bagian mata, hidung, atau mulutnya.

Hal ini yang kemudian menjadi alasan penting untuk mencuci tangan hingga benar-benar bersih. Caranya dengan menggunakan sabun dan air mengalir atau produk antiseptik berbasis alkohol.

Selain itu, jagalah kebersihan lingkungan yang juga berpengaruh pada kesehatanmu. Dalam hal ini, kamu disarankan untuk rutin membersihkan lingkungan agar terhindar dari berbagai virus, termasuk virus corona.

 

Tutup Hidung dan Mulut Ketika Batuk dan Bersin

Orang yang terjangkit corona dapat memercikkan droplet saat bersin atau batuk dan dapat menempel pada permukaan benda. Apabila tidak menutup mulut dan hidung saat batuk serta bersin, droplet dapat menyebar ke orang lain.

Tutup hidung dan mulut menggunakan tisu atau sapu tangan saat batuk atau bersin. Namun, jika tak ada tisu atau sapu tangan maka tutup batuk dan bersin dengan lengan dalam baju. Dan, hindari menutup dengan jari-jari tangan, apalagi jika tak segera cuci tangan dengan sabun.

 

Tetap Menjaga Kekebalan Tubuh

Credit Image - lifepal.co.id

Selain menerapkan sejumlah hal di atas, dalam mempersiapkan diri menuju masa endemi, kamu juga tetap harus menjaga kekebalan tubuh. Jika sudah kuat, maka risiko terinfeksi virus pun bisa semakin diminimalisir.

Jagalah kesehatan fisik dengan mendapat istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Wah, itulah kelima persiapan yang mesti dilakukan dalam rangka memasuki masa transisi dari pandemi ke endemi Covid-19. Jadi, tetap terapkan protokol kesehatan dan pertahankan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit!

 

 

Featured Image – ed.stanford.edu

Source – cnnindonesia.com