Disiplin kerja merupakan kepatuhan karyawan terhadap seluruh aturan yang ada di perusahaan tempat bekerja. Memiliki karyawan yang disiplin tentu akan memberikan dampak yang baik pada perusahaan. Namun, sayangnya tidak semua karyawan memiliki karakteristik yang sama. Ada yang disiplin, ada pula yang tidak.

Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan di kantor? Berikut ini 4 diantaranya.

1. Gaji dan kompensasi

Credit: indonesia.go.id

Faktor pertama yang mempengaruhi disiplin kerja karyawan adalah besarnya gaji dan kompensasi yang diberikan perusahaan. Jika gaji dan tunjangan yang diterima karyawan jumlahnya memuaskan, maka hal ini akan membuatnya lebih semangat dalam bekerja.

Sebaliknya, jika gaji yang diberikan tidak sesuai dengan beban kerja karyawan, maka makin lama kinerja karyawan pun akan menurun. Tidak menutup kemungkinan ia akan mencari penghasilan lain dari luar untuk menutup kebutuhannya, yang bisa berimbas pada waktu kerja dan kedisiplinan karyawan.

2. Ada aturan tertulis

Credit: dailysocial.id

Setiap perusahaan harus memiliki aturan pasti dalam mengatuk tindakan karyawan dalam lingkungan kerja. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kedisiplinan karyawan. Sebaiknya, aturan harus dibuat berdasarkan kesepakatan bersama dan sifatnya tetap, agar karyawan tahu dan dapat memahaminya dengan mudah.

Aturan tertulis adalah salah satu cara efektif untuk menumbuhkan disiplin kerja.

3. Ada sanksi nyata

Credit: sleekr.co

Ada aturan, tentunya ada sanksi. Setiap karyawan yang melakukan pelanggaran harus dikenakan sanksi yang sesuai. Dengan adanya sanksi nyata, karyawan akan berpikir dua kali sebelum ia melakukan pelanggaran.

Sanksi bisa dimulai dari hal yang sederhana, seperti jika terlambat akan dikenai potongan gaji. Atau sanksi yang lebih besar bisa diberikan jika karyawan ketahuan menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan pribadi, maka perusahaan bisa meminta ganti rugi pada karyawan. Sanksi yang ada juga harus diberlakukan sama rata kepada semua karyawan tanpa pandang bulu.

4. Peran atasan

Credit: medium.com

Dalam menumbuhkan disiplin kerja karyawan, tentu saja tidak lepas dari campur tangan atasan. Karyawan mencontoh apa yang dilakukan oleh atasannya. Oleh karena itu, mulailah dari dirimu sendiri, misalnya datang pagi- pagi, menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan tidak menggunakan jam kerja untuk hal yang tidak berguna.

Pemimpin yang disiplin akan membuat bawahannya merasa segan sehingga mereka pun akan mengikuti sifat disiplin tersebut. Dan selain memberikan contoh yang baik, jangan segan untuk menegur karyawan yang kurang disiplin.

 

Setiap orang memang memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda, maka progress yang ditunjukkan karyawan pun akan berbeda. Dengan mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi disiplin kerja, diharapkan kamu bisa mencoba untuk menumbuhkan disiplin kerja di lingkungan perusahaan tempatmu bekerja.

 

Featured Image - lawdonut.co.uk