Puasa dapat mendatangkan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh, tak hanya bagi orang dewasa saja namun juga anak-anak. Berpuasa bisa menyehatkan pencernaan, sekaligus memaksimalkan metabolisme.

Namun sayangnya, tidak sedikit anak-anak yang mengalami sakit perut ketika berpuasa, lho. Apalagi, ini merupakan ibadah puasa pertama bagi anak. Nah, hal tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti makan berlebihan ketika berbuka dan sahur.

Untuk mengatasi masalah sakit perut pada anak ketika puasa, berikut ini cara yang bisa dilakukan.

 

 

Ajari Anak Mengunyah dengan Benar

Credit Image - orami.co.id

Saat tiba waktunya berbuka puasa setelah menahan lapar seharian, mungkin anak merasa sangat kelaparan. Tak jarang hal ini membuat anak makan dengan lahap dan mengunyah dengan cepat. Padahal ini bisa membuat perut anak jadi sakit karena lambung bekerja lebih keras. 

Ajari anak mengunyah makanan secara perlahan. Walaupun tidak harus dihitung, tetapi sebaiknya makanan dikunyah sebanyak 32-33 kali. Selain itu, minta anak untuk fokus pada makanannya tanpa diselingi dengan menonton televisi atau video.

 

Konsumsi Makanan Berserat

Perlu diketahui, salah satu penyebab anak sakit perut saat puasa adalah kurangnya asupan serat. Padahal serat berperan penting untuk melancarkan pencernaan, terutama mengatasi sembelit. 

Sajikan menu berbuka puasa dan sahur yang mengandung serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan, yang ringan dan mudah dicerna Si Kecil.

 

Batasi Asupan Makanan Olahan

Credit Image - kompas.com

Mungkin kamu pernah mengalami terlambat mempersiapkan sahur dan menyajikan makanan olahan yang praktis. Sesekali tidak masalah, kok. Tetapi sebaiknya batasi konsumsi makanan olahan saat bulan puasa karena terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan dapat menyebabkan anak mengalami radang usus. 

Sebagai gantinya, sajikan makanan yang diolah dari bahan-bahan segar, seperti ikan, daging, ayam, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, supaya nutrisi anak tercukupi dan lebih sehat. 

 

Banyak Minum Air Putih

Sedang berpuasa bukan berarti konsumsi air putih anak menurun lho, Ma. Pastikan anak mendapatkan asupan air putih yang cukup selama berpuasa. Minum air putih 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sebelum tidur, 2 gelas saat sahur, dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh anak selama seharian.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan yang mengandung probiotik terbukti meningkatkan kesehatan pencernaan. Makanan yang mengandung probiotik mengandung bakteri baik yang melindungi pencernaan anak. Sajikan makanan yang mengandung probiotik saat sahur dan berbuka puasa, seperti yogurt dan tempe.

 

Makan Secukupnya

Credit Image - sehatq.com

Dalam pikiran anak-anak, ketika berpuasa seharian penuh, mereka akan sangat kelaparan sehingga ketika tiba waktunya makan, mereka cenderung makan sebanyak-banyaknya. Inilah yang membuat perut anak justru terasa sakit karena lambung bekerja keras mencerna makanan. 

Ajarkan pada anak untuk makan secukupnya saja dengan menu yang seimbang gizinya supaya meski makan dalam jumlah tidak terlalu banyak, tubuhnya tetap fit dan tidak merasa kelaparan.

 

Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Ketika berpuasa, yang tak kalah pentingnya untuk menjaga kesehatan tubuh, yaitu dengan memenuhi kebutuhan viamin dan mineral Si Kecil. Dengan begitu, anak pun bisa lebih kuat menjalani puasa selama seharian. 

Sebagai vitamin tambahan untuk menjaga imunitas anak, moms bisa memberikan suplemen vitamin tambahan untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin harian anak. Cara ini juga direkomendasikan untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Untuk multivitamin moms bisa memberikan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Jadi, itulah deretan tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi – dan mengatasi rasa sakit perut pada anak ketika berpuasa.

 

 

Featured Image – orami.co.id

Source – popmama.com