Biar Tak Bokek, Yuk, Atur Keuangan Selama Hari Raya dengan Cara Ini!

Biar Tak Bokek, Yuk, Atur Keuangan Selama Hari Raya dengan Cara Ini!

font size A Ǎ

Sudah menjadi permasalahan banyak orang kalau di momen Lebaran biasanya menjadi lebih boros. Sebenarnya, mengatur keuangan ketika Lebaran tidak bisa dimulai secara mendadak, lho. Melainkan sudah harus direncanakan sejak awal bulan puasa.

Tapi, bagaimana kalau sudah terlambat merencanakan keuangan tersebut? Tenang, masih ada beberapa tips yang dapat menyelamatkan pengeluaran di detik-detik terakhir. Tanpa perlu berlama-lama, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Evaluasi Kebiasaan Pengeluaran

Biar Tak Bokek, Yuk, Atur Keuangan Selama Hari Raya dengan Cara Ini!

Credit Image - cashadvanceqmvt.com

Saat Lebaran, rasanya sangat sulit untuk tidak mengeluarkan uang untuk berbelanja. Pasalnya, secara umum semua orang yang merayakannya akan berbelanja, mulai dari baju baru hingga makanan untuk keluarga besar dan tamu.

Padahal, kamu tidak harus begitu, lho. Lebaran bisa dijalankan secara tidak berlebihan. Misalnya, kamu tidak wajib membeli baju baru. Lebih baik, gunakan baju terbaikmu yang sudah ada saat ini.

Selalu catat pengeluaran, dan perhatikan agar tidak melampaui batas yang wajar. Tentunya, latih juga dirimu agar tidak menjadi impulsif dan membeli barang yang tidak penting.

 

Pikir-Pikir Lagi!

Nah, sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu, selalu berikan dirimu waktu untuk berpikir. Cobalah untuk menunggu 1-2 hari setelah merasa tertarik untuk membeli suatu hal. Apakah barang tersebut memang dibutuhkan? Apakah harus dibeli sekarang?

Tanyakanlah baik-baik pada dirimu apakah kamu layak mengeluarkan uang untuk barang yang diinginkan itu. Dengan begini, kamu bisa menekan keinginan berbelanja impulsif yang sering kali menjadi penyebab boros saat Idul Fitri.

 

Alihkan Pengeluaran

Biar Tak Bokek, Yuk, Atur Keuangan Selama Hari Raya dengan Cara Ini!

Credit Image - cermati.com

Tips selanjutnya agar hemat saat lebaran adalah dengan mengalihkan pengeluaran. Mungkin, kebutuhan lebaranmu memang banyak. Untuk itu, cobalah atur lagi alokasi uang belanjamu – agar pengeluaran jadi tidak berlebihan.

Lihat apakah ada aspek pengeluaran lainnya yang tidak begitu penting yang bisa dialihkan untuk kebutuhan Lebaran. Misalnya, kamu mengalokasikan sekian ratus ribu untuk membeli barang hobimu. Untuk bulan ini, kamu dapat tunda hal tersebut terlebih dahulu.

 

Tetap Membuat Target Tabungan

Sebelumnya, sudah dikatakan bahwa untuk berhemat saat lebaran, sebaiknya kamu mulai dari bulan Ramadan. Alasannya, agar kamu tetap bisa menabung – dan uang tidak terbuang begitu saja, apalagi untuk hal-hal yang kurang penting.

Dari satu bulan sebelum lebaran, kamu disarankan untuk menetapkan target pengeluaran yang realistis saja. Lalu, mulailah coba targetkan berapa tabungan harian yang masuk akal dan cara-caranya untuk mencapai target tersebut.

 

Membuat Hadiah Sendiri

Biar Tak Bokek, Yuk, Atur Keuangan Selama Hari Raya dengan Cara Ini!

Credit Image - artikel.rumah123.com

Hari Lebaran memang identik dengan memberi hadiah bagi kerabat dan keluarga. Agar hemat saat lebaran, tips yang bisa kamu terapkan adalah dengan lebih cermat memilih hadiah. Kamu tentu bisa membeli hadiah tertentu dengan budget yang dibatasi.

Akan tetapi, kamu juga bisa berhemat lebih dengan membuatnya sendiri. Biasanya, ini akan lebih murah dibanding membeli. Misalnya, kamu bisa membuat kue Lebaran sendiri dan membagikannya. Selain itu, kamu bisa mencari ide kreatif lainnya yang tak kalah menarik.

Meski butuh lebih banyak waktu, hadiah seperti ini akan lebih berkesan juga bagi para penerimanya.

Mengatur keuangan untuk hari Lebarang memang penting, kan? Namun biar pengaturan pengeluaran tetap maksimal, pastikan kamu sudah mempertahankan kondisi tubuh, termasuk dalam urusan energi dan stamina, ya.

Biar energi tetap terjaga, kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Sudahkah kamu mengatur keuangan di momen Lebaran tahun ini? Biar tak boros, terapkan sejumlah tips di atas, yuk!

 

 

Featured Image – lifestyle.okezone.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!