Mengajak Si Kecil untuk bersilaturahmi ketika Lebaran memang bisa menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua, lho. Bagaimana tidak? Terkadang anak bisa saja menjadi rewel, entah karena kelelahan atau bosan – dan kemudian membuat suasana terasa kurang nyaman.

Di sisi lainnya, moms tentu ingin mengajak anak untuk bersilaturahmi, mengingat kini kegiatan berkumpul sudah kembali diperbolehkan – setelah dua tahun dilarang akibat masih tingginya penularan virus corona.

Untuk moms yang ingin membawa Si Kecil berkumpul bersama sanak saudara, berikut 5 tips yang bisa diterapkan agar ia tak rewel.

 

 

1. Utamakan Kenyamanan Anak

Credit Image - mommiesdaily.com

Si Kecil yang masih berusia kecil biasanya lebih gampang moody saat merasa kurang nyaman bertamu di rumah orang-orang yang belum dikenalnya.

Utamakan kenyamanan anak dengan mempersiapkan semua keperluannya, misalnya memilih waktu yang tepat untuk bepergian, menyiapkan makanannya, hingga memilih pakaian yang nyaman untuk dikenakan.

Walau ingin anak terlihat menggemaskan, sebaiknya hindari pakaian dengan bahan yang membuatnya gerah atau terlalu banyak aksesori. Pilih pakaian yang terbuat dari katun yang membuatnya tetap merasa nyaman walau banyak bergerak.

 

2. Persiapkan Kebutuhan

Siapa pun tentu enggan mendengar rengekan anak yang minta pulang karena bosan. Hal ini sebenarnya normal karena anak yang usianya masih cukup muda biasanya sulit untuk duduk diam, apalagi saat berkumpul di dalam ruangan yang penuh dengan orang dewasa yang tak ia kenal.

Untuk mengalihkan perhatiannya, pastikan moms sudah menyiapkan berbagai kebutuhannya. Mulai dari snack ringan favorit, mainan maupun buku kesukaannya, hingga boneka yang biasanya dibawanya saat tiduran. Jika ingin memberinya gadget, sebaiknya pilihkan video atau lagu anak yang dapat dinikmatinya dan membuatnya tetap ceria.

 

3. Ceritakan Rencana Silaturahmi

Credit Image - tirto.id

Dari jauh-jauh hari, sebaiknya moms sudah ceritakan rencanamu saat melakukan silaturahmi di hari Lebaran nanti. Seperti berdongeng, sebutkan rumah siapa saja yang akan dikunjungi di hari raya dan apa saja yang bisa ia lakukan di sana.

Selain itu, jangan lupa untuk membiasakan anak dengan peraturan sopan santun yang telah dibuat, misalnya mengatakan tolong, maaf, dan terima kasih, hingga mengucapkan salam.

Jika Si Kecil akhirnya berulah, posisikan tubuh sejajar dengan tinggi anak dan ingatkan peraturan yang sudah disepakati. Hindari untuk menghukumnya di depan orang-orang karena akan membuatnya malu dan suasana pun jadi kurang nyaman bagi semua orang.

 

4. Beri Hadiah

Nah, jika Si Kecil mampu bersikap manis dan tentunya tidak rewel hingga selesai bersilaturahmi, maka tidak ada salahnya bagi moms untuk memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi, lho.

Berikan mainan, buku, atau pakaian baru dengan gambar maupun model kesukaannya yang bikin penampilannya makin kece. Jadikan hadiah tersebut sebagai reward karena telah bersikap baik selama berkunjung ke rumah kerabat.

 

5. Pastikan Kondisinya Sehat

Credit Image - alodokter.com

Sebelum berangkat, pastikan kondisi kesehatan si kecil dalam kondisi prima. Perhatikan adanya perubahan pada anak, misalnya tiba-tiba lemas, suhu badan yang meningkat, atau lebih rewel daripada biasanya.

Jangan memaksakan untuk mengajaknya bersilaturahmi karena berisiko membuat kesehatannya semakin menurun atau makin tak nyaman saat berkunjung ke rumah kerabat.

Biar kesehatan Si Kecil tetap terjaga selama bersilaturahmi, moms juga mesti memastikan bahwa asupan makananya sudah baik, termasuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Moms dapat memberikan banyak asupan sayur dan buah, lho.

Selain itu, untuk mengoptimalkan asupan vitamin dan mineral, moms direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

Lantas, apakah moms mengajak Si Kecil untuk bersilaturahmi di momen Lebaran kali ini? Biar ia tidak rewel, coba terapkan sejumlah tips di atas, yuk!

 

 

Featured Image – germancentre.co.id