Tak bisa dipungkiri, Lebaran merupakan momen yang identik dengan makanan enak, tinggi akan lemak, dan juga bersantan. Kamu boleh saja, lho, menyantap sejumlah hidangan Lebaran, namun biar tetap seimbang, pastikan tetap aktif bergerak.

Ketika libur Lebaran, mungkin kamu memiliki waktu luang untuk melakukan berbagai hal, termasuk berolahraga. Nah, setelah melakukan aktivitas fisik, ya.

Berikut deretan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan selama Lebaran.

 

 

Naik Turun Tangga

Credit Image - sehatq.com

Olahraga pertama, naik turun tangga, sepertinya mudah dilakukan, ya? Untuk kamu yang punya lantai 2 di rumah, maka bisa melakukan olahraga ringan ini. Kamu cukup naik turun tangga sebanyak beberapa kali dengan kecepatan seperti jogging

Dengan begitu, tubuh bisa kembali aktif dan metabolisme tubuh pun akan lebih baik. Setelah makan berlemak dan berminyak, tentu kamu perlu menjaga kadar lemak di dalam darah, salah satunya yaitu dengan olahraga kardio seperti ini. 

 

Push Up dan Sit Up

Sudah diketahui, salah satu olahraga favorit yang cukup lengkap melatih banyak otot adalah push up dan sit up. Kamu bisa melakukan di mana saja, termasuk di kamar atau sambil nonton. 

Push up bisa membantu melatih otot tangan, kaki, dan perut. Sedangkan sit up mampu membakar lemak di perut dengan mudah. Tapi, satu hal yang harus diperhatikan adalah kamu tidak bisa melakukan olahraga ini dengan perut yang penuh. Jadi, pilih waktu yang tepat, ya!

 

Plank Untuk Membakar Kalori

Credit Image - marca.com

Satu lagi gerakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah adalah plank. Yang satu ini cukup mudah namun mampu membuat kamu berkeringat. Plank memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah membakar kalori. Sangat cocok untuk kamu yang baru saja menghabiskan banyak makanan khas Lebaran, kan?

Selain itu, gerakan satu ini pun baik untuk mengencangkan perut, lho. Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya. Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Nah, perut rata dan kencang adalah manfaat plank lainnya yang bisa didapatkan jika rutin melakukannya.

Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien. Keseluruhan hal tersebut berperan dalam menjaga kebugaran tubuh secara umum dan menunda proses penuaan dini.

 

Wall-Sit yang Bisa Dilakukan Sambil Menonton

Untuk kamu yang cukup malas bergerak di hari raya ini, maka bisa lakukan wall-sit. Kamu bisa mencari tembok mana saja dan berdiri tegak sambil menempelkan punggung di tembok. 

Kemudian turunkan badan dan tekuk lutut seperti sedang duduk di atas kursi. Setelah 3 detik, berdirilah kembali dengan perlahan. Lakukan berulang sampai 10-20 kali.  Olahraga ini bisa melatih otot perut dan paha serta kaki. Bebas lemak menumpuk!

 

Jogging Untuk Mencari Udara Segar

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Untukmu yang bosan di rumah, nah, kamu bisa cari kegiatan di luar dengan melakukan jogging. Pilih sore hari karena siangnya kamu pasti sibuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Jogging bisa menjaga metabolisme tubuh dan kesehatan jantung serta paru. Selain itu, olahraga ini juga efektif untuk membakar kalori. Saat jogging di luar rumah, pastikan untuk mengenakan masker dan tidak berdekatan dengan orang lain, ya. 

Biar kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

 

Jadi, tak ada lagi alasan untuk bermalas-malasan berolahraga selama Lebaran, karena kamu bisa melakukan beragam gerakan ringan di atas, lho. Yuk, rutin bergerak biar lemak tidak menumpuk!

 

 

Featured Image – getlost.id

Source – popmama.com