Mudik lebaran memang kegiatan yang menyenangkan, namun juga melelahkan mengingat perjalanan panjang yang harus ditempuh. Jika kondisi kesehatan kurang prima, maka bukan tidak mungkin kamu bisa jatuh sakit ketika mudik.

Agar tubuh tetap sehat dan bugar ketika mudik – dan pastinya imunitas terjaga secara optimal, berikut ini 5 tips sederhana yang bisa kamu terapkan. Penasaran? Yuk, segera simak informasi selengkapnya sampai habis!

 

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - 99.co

Bagi para pemudik, terutama yang akan menempuh perjalanan jarak jauh hingga lintas provinsi, menjaga stamina tubuh dengan beristirahat secara cukup adalah sebuah keharusan. Apalagi jika kamu menyetir mobil atau mengendarai motor, sebaiknya beristirahat ekstra jika perjalanan yang kamu lakukan mencapai 7–8 jam.

Jika kamu melakukan perjalanan jauh, pertimbangkan untuk menginap di tengah perjalanan agar tetap bisa menjaga kondisi tubuh tetap prima. Selain itu, hindari menyetir kendaraan terlalu lama. Sebagai salah satu persiapan mudik, ajak seseorang atau anggota keluarga lain yang juga bisa menyetir sehingga dapat dilakukan secara bergantian.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Meski sedang mudik, namun kamu tetap harus mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga perut terasa kenyang lebih lama.

Selain itu, makanan bergizi akan memberikan nutrisi baik agar tubuh tetap sehat dan bugar selama mudik. Siapkan camilan sehat berupa buah dan makanan sehat dan rendah lemak lainnya saat perjalanan mudik. Hindari makanan pinggir jalan yang diragukan kandungan dan kebersihannya, yang justru bisa membuat kamu sakit perut, bahkan diare, saat mudik.

 

Perbanyak Minum Air

Credit Image - mstar.com.my

Saat mudik, umumnya seseorang justru menghindari banyak air minum karena takut terlalu sering buang air kecil selama perjalanan. Padahal, kurangnya asupan air dapat menyebabkan kurang konsentrasi dan badan lemas akibat kurang cairan.

Jadi, jangan sampai kamu jadikan malas buang air kecil sebagai alasan untuk tidak minum yang cukup. Usahakan untuk selalu berhenti di rest area setiap 2–3 sekali untuk ke toilet sekaligus beristirahat sejenak.

 

Siap Sedia Obat-Obatan Penting

Sebelum memulai perjalanan mudik, jangan lupa untuk membawa obat-obatan sederhana seperti obat antidiare, obat sakit kepala, obat antialergi, obat sakit maag, obat antimuntah dan mual, khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan, termasuk obat-obatan jika namun memiliki kondisi tertentu seperti obat diabetes, hipertensi, kolesterol, vertigo, asma, dan lain-lain.

 

Konsumsi Suplemen Daya Tahan Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Ada banyak orang yang pemenuhan nutrisi hariannya tak cukup hanya dari makanan. Oleh karena itu, mengonsumsi suplemen bisa menjadi solusi. Agar tubuh tetap bugar selama mudik, kamu dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin lengkap agar daya tahan tubuh terjaga.

Suplemen sebaiknya mengandung vitamin dan mineral, seperti pilihan multivitamin dari Enervon – yang bisa kamu konsumsi setiap hari bila diperlukan.

Kamu dapat minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas!

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

Dan untuk anak-anak, bisa berikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – yang penting untuk dukung perkembangan kecerdasan anak.

Tak hanya itu, Enervon-C Plus Sirup pun dapat bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Nah, itulah kelima tips agar tetap sehat dan bugar selama mudik. Yuk, diterapkan!

 

 

Featured Image – halodoc.com

Source – klikdokter.com