Banyak orang yang masih sering mengaitkan puasa dengan kondisi tubuh lemas, kurang produktif, dan gampang sakit. Padahal, puasa merupakan kegiatan yang dapat menyehatkan tubuh, lho. Selain itu, tetap bugar selama berpuasa pun bukan hal yang mustahil.

Nah, biar kesehatan dan kebugaran tubuh tetap terjaga selama puasa, ada beragam kunci sederhana yang dapat kamu terapkan. Apa saja hal tersebut? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

 

 

Pola Makan Sehat dan Seimbang

Credit Image - cnnindonesia.com

Bicara soal tubuh sehat dan bugar berarti bicara soal asupan nutrisi. Kamu perlu cek lagi menu-menu sahur dan buka puasa sebab biasanya ini jadi hal pertama yang menyebabkan tubuh lemas dan kurang produktif.

Nah, kamu disarankan untuk mengonsumsi menu makan sahur dan berbuka dengan kandungan nutrisi seimbang. Baik makronutrien maupun mikronutrien semua harus lengkap. Dan, hindari langsung kalap melahap semua makanan seusai berbuka puasa, karena ini bisa mengganggu kesehatan tubuh.

 

Tetap Aktif

Hidup aktif berlawanan dengan hidup sedenter. Hidup aktif berarti mengajak tubuh dan pikiran terus aktif dengan berbagai macam aktivitas. Kamu bisa melakukan jalan kaki minimal 10 ribu langkah setiap hari – ini merupakan cara hidup aktif dan sederhana.

Intinya, tidak ada alasan untuk malas bergerak. Selama 10 menit, tiap dua jam. Kamu bisa jalan di tempat, peregangan ringan di samping meja maupun kursi. Bagi yang sering duduk lama, kegiatan tersebut penting dilakukan secara rutin.

 

Minum Air yang Cukup

Credit Image - health.kompas.com

Pastikan untuk minum banyak cairan di antara waktu buka puasa sampai sahur. Pilih sup, jus tanpa gula, dan air putih.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi memang penting, terlebih bagi pasien virus corona yang ikut berpuasa. Ingat, menjalani ibadah puasa, bukan berarti konsumsi cairan berkurang lho. Pasien dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan minum 8 gelas air putih saat sahur, berbuka, saat makan malam, dan menjelang tidur.

Rumusnya bisa disesuaikan dengan kemampuan ya, misalnya minum satu gelas air putih saat sahur dan dua gelas usai makan. Kemudian, sisa lima gelasnya – dapat dipenuhi ketika berbuka puasa hingga jelang waktu tidur.

 

Latihan Fisik Secara Teratur

Dia menyarankan untuk menyediakan waktu untuk latihan fisik minimal 30 menit tiap sesi dengan frekuensi minimal 3 kali seminggu. Kemudian intensitasnya ditingkatkan perlahan jadi 5 kali seminggu. Tiap sesi disarankan olahraga dengan intensitas ringan hingga sedang.

Ada beberapa pilihan waktu yang bisa diaplikasikan yakni, 1-2 jam setelah buka puasa, 1 jam setelah sahur dan 30 menit sebelum buka puasa. Dan, untuk olahraga setelah bersantap, sebaiknya diberi jeda 1 jam.
 

Tetap Penuhi Kebutuhan Vitamin dan Mineral

Credit Image - investor.id

Selain melakukan sejumlah hal di atas, untuk menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa kamu juga disarankan mengonsumsi vitamin dan mineral – yang bisa diperoleh dari asupan multivitamin. Hal ini juga penting untuk menjaga kekebalan tubuh, lho.

Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin Enervon-C dan Enervon Active dua kali sehari, yakni ketika sahur dan berbuka jika diperlukan.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.


jadi, itulah kelima tips menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa. Pastikan kamu sudah menerapkannya, ya!

 

 

Featured Image – iradiofm.com

Source – cnnindonesia.com