Hingga kini, tidak sedikit orang yang masih merasa sulit untuk bangun sahur, lho. Apakah kamu termasuk? Pada akhirnya, kamu pun sering melewati makan sahur – sehingga tubuh tidak mendapat asupan gizi yang cukup.

Jika gizi tidak tercukupi dengan baik, maka bukan tidak mungkin badan gampang merasa lesu dan kurang bersemangat. Tapi tenang, berikut ada 5 tips bangun sahur tepat waktu – tanpa harus terasa tersiksa.

Apa saja? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Tidur Lebih Awal

Credit Image - halodoc.com

Cara utama agar kamu bisa bangun sahur dengan tepat waktu adalah tidur lebih awal. Usahakan tidur tidak terlalu malam agar badan mendapatkan istirahat yang cukup, sehingga kamu pun agak lebih mudah bangun untuk sahur.

Meskipun interval waktu setelah buka puasa tidak terlalu panjang, kamu tetap harus beristirahat walau hanya beberapa jam saja. Ingat, jangan begadang, karena ini akan merusak jam tidur dan membuat kamu merasa lebih lelah ketika sedang berpuasa, lho!

Dan, agar bisa bangun dan tidak ketinggalan sahur, kamu bisa pasang alarm 15 sampai 30 menit sebelum waktu bangun yang diinginkan. Dengan begitu, kamu memiliki waktu ekstra untuk menyiapkan diri. Badan juga tidak kaget jika harus langsung makan.

 

2. Olahraga Teratur

Puasa bukan alasanmu untuk malas berolahraga, lho. Kamu tetap dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik ringan sebelum jam berbuka. Dilansir dari WebMD, olahraga secara rutin dapat memperbaiki kualitas tidurmu.

Karena sedang berpuasa, kamu tidak perlu olahraga yang berat. Setidaknya stretching atau jalan kaki 30 menit per hari sudah cukup. Nah, dengan tidur yang berkualitas, kamu dapat dengan mudah bangun untuk sahur. 

 

3. Atur Jam dan Jumlah Asupan

Credit Image - berkeluarga.id

Setelah berpuasa seharian, wajar jika kamu merasa lapar. Namun, disarankan untuk tidak makan terlalu banyak ketika sedang berbuka.  Hal ini dikarenakan jika terlalu kenyang, kamu justru bisa tidur sangat lama dan melewatkan jam bangun untuk sahur. 

Tak hanya terlalu banyak, perlu diingat juga bahwa waktu makan juga berpengaruh, lho. Makan terlalu malam akan membuat kamu sulit tidur. Dilansir dari Verywell, kamu membutuhkan setidaknya dua sampai tiga jam setelah makan untuk tidur. Ini adalah jangka waktu yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna makanan dengan baik.

 

4. Kurangi Minuman Tinggi Gula dan Kafein

Konsumsi minuman dengan kandungan kafein dan gula berlebihan dapat mengganggu tidurmu. Seperti yang sudah diketahui, kafein dapat membuat kamu melek dan lebih bersemangat untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Apalagi, jika ditambahkan dengan gula.

Jadi, jika ingin tidur berkualitas dan mudah bangun untuk sahur, coba kurangi atau bahkan hindari kafein dan gula.

Selain itu, menghindari makanan tinggi lemak juga sangat disarankan. Pada dasarnya, makanan berlemak akan memperlambat pencernaan. Hasilnya, kamu akan kesulitan tidur karena tubuh harus bekerja keras guna mencerna makanan berlemak tersebut.

Tak hanya itu, makanan berlemak juga bisa membuat tubuh lebih cepat lemas saat berpuasa seharian.

 

5. Jaga Kesehatan Selama Puasa, Yuk, Konsumsi Multivitamin Secara Rutin!

Credit Image - popmama.com

Selain bangun sahur tepat waktu – dan mengonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tidak gampang lemas ketika berpuasa, kamu juga dianjurkan untuk rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap. Direkomendasikan minum Enervon-C atau Enervon Active dua kali sehari bila diperlukan.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terutama bagi yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Lalu, bagaimana kalau punya aktivitas padat? Kamu direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan vitamin dalam Enervon Active tersebut dapat membantu pertahankan imunitas tubuh, sekaligus menjaga stamina agar tidak mudah lelah mesti beraktivitas seharian.

Selain menjaga kekebalan tubuh – berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, kedua multivitamin dari Enervon tersebut juga dapat mengoptimalkan metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Kalau sudah begini, kegiatan di bulan puasa pun semakin lancar, kan?

 

Itulah kelima tips untuk bangun sahur tepat waktu – dan tentunya tidak terasa berat. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – analisadaily.com

Source – glints.com