Tak bisa dipungkiri, selama puasa, kamu cenderung lebih malas dan hanya ingin rebahan saja. Apakah kamu setuju? Ya, dengan hal ini, maka keinginan untuk berolahraga bakal terus menurun. Bahkan, banyak pula yang berpikir bahwa olahraga tanpa adanya asupan air dan makanan hanya akan membuat lemas.

Namun, anggapan tersebut ternyata salah, lho. Tetap berolahraga selama berpuasa justru bisa memberikan energi bagi tubuh sekaligus mendatangkan beragam manfaat baik bagi kesehatan. Apa saja keuntungan tersebut?

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Pembakaran Lemak Semakin Maksimal

Credit Image - cnnindonesia.com

Tidak adanya asupan yang masuk ke dalam tubuh membuat olahragamu lebih efektif. Umumnya beberapa makanan yang ke dalam tubuh berubah menjadi lemak dan pada akhirnya tertimbun karena kondisimu yang jarang bergerak.

Dengan tidak adanya asupan makanan, maka tidak ada pula penimbunan lemak pada perut. Pada akhirnya, olahraga yang kamu lakukan menjadi sangat efisien untuk membakar lemak tersebut. Jika kamu sedang diet, hal ini tentu sangat menguntungkan, ya!

 

Mengembalikan Waktu Biologis Otot dan Otak

Apakah kamu memiliki pola tidur yang tidak menentu beberapa waktu belakangan ini? Dengan berolahraga saat puasa, waktu tidur tersebut dapat berubah dan kembali seperti semula.

Selain itu, olahraga selama puasa pun bisa membantu proses pembentukan otot, lho. Perlu kamu ketahui ketika berpuasa, produksi hormon insulinmu akan beroperasi dengan cara berbeda. Ketika kamu makan sebelum berolahraga, hormon insulinmu akan naik dan meningkatkan produksi lemak.

Pada akhirnya ketika kamu berolahraga dengan kondisi setelah makan, energi yang kamu kerahkan tidak digunakan untuk menambah massa otot, melainkan membakar lemak dalam tubuh. Itulah kenapa berolahraga sambil berpuasa lebih cepat menambah massa otot.

 

Tubuh Tampak Lebih Muda dan Atletis

Credit Image - zurich.co.id

Bertambahnya massa otot juga baik terhadap penampilanmu. Itu membuat kulitmu makin kencang dan memberikanmu tampilan yang lebih muda. Tak hanya itu saja, serat ototmu juga terus muda yang berarti meningkatkan tingkat energi bagi pria maupun wanita.

Saat berada dalam kondisi puasa, olahraga mengajarkan tubuhmu untuk menggunakan energi lewat lemak. Lewat  melakukan proses itu, secara metabolisme tubuhmu menjadi lebih fleksibel yang secara otomatis meningkatkan kemampuan atletismu. Tubuhmu terasa lebih ringan dan berenergi.

 

Mengurangi Depresi

Depresi terkadang datang di saat berpuasa lantaran kalian terus merasakan dan memikirkan lapar dan haus yang melanda. Belum lagi ditambah pikiran yang lain. Berolahraga mampu mengurangi hal tersebut.

Kegiatan mengeluarkan keringat ini menyibukkanmu dan membuatmu lupa waktu. Alhasil, waktu berpuasa pun tidak terasa. Jadi, untukmu yang masih malas berolahraga, yuk, segera lawan perasaan tersebut!

 

Daya Tahan Tubuh Lebih Terjaga

Credit Image - republika.co.id

Perlu diketahui, perut kosong, tubuh lemas, ditambah beban kerja, membuat seseorang rentan stres, lho. Beban pikiran maupun psikologis sangat berisiko terhadap menurunnya daya tahan tubuh. Dengan olahraga, maka kamu dapat mengurangi beban pikiran dan masalah psikologis tersebut. “

Kalau lagi capek bekerja ditambah lapar dan haus, sebagian besar orang memang gampang stres. Ini bisa membuat daya tahan tubuh lemah dan jadi rentan terkena penyakit.

Selain dengan berolahraga, menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa juga mesti diimbangi dengan hidup sehat lainnya, seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, dan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dan memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral selama puasa juga tak boleh ketinggalan, lho. Kedua nutrisi ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kedua multivitamin andalamu ini dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Nah, kalau yang ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya, ya.

Dan yang pasti kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak gampang sakit.


Jadi, apakah kamu masih mau malas berolahraga di bulan puasa? Sebaiknya, segera lawan rasa malas tersebut, ya. Pasalnya, rajin bergerak ketika puasa justru bisa mendatangkan beragam manfaat baik buat kesehatan!

 

 

Featured Image – editorial.femaledaily.com

Source – idntimes.com