5 Tips Olahraga di Tengah Padatnya Jadwal Silaturahmi Lebaran

5 Tips Olahraga di Tengah Padatnya Jadwal Silaturahmi Lebaran

font size A Ǎ

Masih dalam rangka momen hari Lebaran, melakukan silaturahmi merupakan agenda yang tidak boleh dilewatkan. Saking padatnya jadwal berkunjung ke rumah sanak saudara, mungkin, sebagian darimu sampai ada yang tidak punya waktu untuk beraktivitas fisik.

Tapi jangan jadikan agenda silaturahmi yang padat menjadi alasan untuk tidak menyempatkan diri berolahraga, ya. Pasalnya, olahraga dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus menghindari berat badan naik, apalagi kamu sudah banyak menyantap menu Lebaran yang tinggi lemak.

Berikut tips dan trik berolahraga yang bisa kamu terapkan ketika sedang sibuk.

 

 

Anggap Sebagai Kebutuhan, Bukan Aktivitas di Waktu Luang

5 Tips Olahraga di Tengah Padatnya Jadwal Silaturahmi Lebaran

Credit Image - halodoc.com

Pertama, buatlah komitmen untuk berolahraga. Anggap kegiatan tersebut sebagai kebutuhan dan bagian dari rutinitas, bukan hanya pengisi waktu luang. Jangan berhenti sampai di situ, ya. Redbook menuliskan, masukkan olahraga dalam jadwal kegiatan harianmu.

Setelah itu, jalankan jadwal tersebut dengan disiplin. Jangan mudah menunda olahraga ketika jamnya memang sudah tiba. Dengan begitu, meski rutinitasmu padat, kamu bisa tetap berolahraga – dan kesehatan makin terjaga.

 

Bangun Lebih Pagi

Sebelum berangkat untuk silaturahmi ke rumah sanak saudara, cobalah luangkan waktu di pagi hari untuk melakukan aktivitas fisik. Menurut VeryWell Fit, kamu bisa bangun 15 menit lebih pagi dan langsung berolahraga.

Tak perlu langsung melakukan olahraga yang berat. Coba mulai dari yang ringan dan mudah dilakukan seperti jalan pagi atau push up dan sit up. Tips olahraga saat sibuk ini mungkin terasa berat saat kamu baru memulainya. Akan tetapi, waktu 15 menit sebenarnya tak terlalu lama, kok.

 

Mulai Secara Perlahan

5 Tips Olahraga di Tengah Padatnya Jadwal Silaturahmi Lebaran

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Trik olahraga saat sibuk selanjutnya adalah mulai secara perlahan. Pergi ke gym dan melakukan latihan selama 1-2 jam bisa terasa berat. Akan tetapi, kamu tak harus mulai olahraga dari sana. Coba jalan pagi selama 5 menit setiap hari. Meski hanya sebentar, olahraga itu bisa efektif asal rutin dilakukan, lho.

Tak hanya itu, langkah kecil tersebut bisa menjadi sarana membentuk rutinitas olahraga. Walau begitu, jangan cepat puas setelah rutinitas terbentuk. Tingkatkan durasi olahragamu secara rutin. Perlahan tapi pasti, olahraga dengan durasi lama bukan lagi beban. Sebab, kamu memulai dari kebiasaan yang kecil.

 

Pilihlah Olahraga yang Sesuai

Kurang suka jalan pagi karena harus ganti baju dan keluar rumah? Banyak waktumu jadi terbuang karenanya? Coba olahraga yang bisa dilakukan dalam ruangan seperti lompat tali, Zumba, dan lain-lain. Dengan pilihan yang pas, olahraga lebih mungkin jadi rutinitas.

Bukan berarti kamu tak boleh berolahraga di luar ruangan, bahkan pergi ke gym dan latihan angkat beban. Selama kamu bisa rutin melakukannya, semua olahraga boleh dipilih.

 

Kurangi Durasi, Namun Lakukan Lebih dari Sekali

5 Tips Olahraga di Tengah Padatnya Jadwal Silaturahmi Lebaran

Credit Image - halodoc.com

Kamu cuma punya sedikit waktu luang di pagi, siang, dan sore hari sekaligus? Coba tips olahraga saat sibuk yang satu ini, yuk! Pecah olahragamu menjadi beberapa bagian. Misalnya, di pagi hari, kamu lompat tali selama 5 menit saja. Di sore hari, coba jalan kaki selama 10 menit.

Tapi, meskipun dipecah-pecah, tetap jadwalkan olahragamu, ya. Jaga juga komitmenmu dengan olahraga itu.

Mesti diingat, manfaat olahraga bisa semakin maksimal jika kamu sudah memenuhi kebutuhan nutrisi dengan tepat, lho. Selain mengonsumsi makanan sehat – kamu direkomendasikan mengoptimalkan asupan nutrisi dengan rutin minum multivitamin setiap harinya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet yang mengandung 500 mg vitamin C, atau Enervon-C Effervescent — dengan kandungan vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Kandungan vitamin B kompleks dalam multivitamin Enervon dapat membantu mengoptimalkan metabolsime, sehingga tubuhmu mampu memperoleh energi yang maksimal. Dan pastinya vitamin C dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit, ya.

 

Apakah kamu punya agenda silaturahmi yang padat di momen Lebaran kali ini? Yuk, tetap sempatkan diri untuk berolahraga dengan menerapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – limone.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!