Tak bisa dipungkiri, hari Lebaran merupakan momen yang menyenangkan bagi seluruh umat Islam di dunia. Namun, saking bahagianya, terkadang pengeluaran ketika Lebaran menjadi sulit terkontrol – dan akhirnya kamu malah menjadi boros.

Saat Lebaran, pengeluaran mungkin akan lebih banyak dari biasanya. Ini disebabkan oleh adanya kebiasaan mudik, memberi salam tempel, menjamu sanak saudara, dan menghadirkan berbagai sajian khas Lebaran.

Nah, biar kamu tidak boncos setelah Lebaran, berikut ini tips keuangan yang bisa diterapkan.

 

 

Ingat Kembali Hakikat Lebaran

Credit Image - suara.com

Bulan Ramadan, yang ditandai dengan puasa diakhiri dengan Idul Fitri, merupakan momentum bagi umat Islam agar bisa merefleksikan diri, berbagi kebaikan dengan sesama, dan tak kalah penting adalah mengasah empati.

Sayangnya hakikat Ramadan dan Idul Fitri sering kali ditandai dengan perilaku konsumtif, bahkan masa pandemik ini pun tidak menyurutkan hal ini. Oleh karena itu, agar keuangan tetap aman, sebaiknya kamu pahami lagi apa sebenarnya hakikat Ramadan dan Lebaran tersebut ya!

 

Batasi Pengeluaran

Cara kedua agar membuat keuangan tetap aman setelah Lebaran adalah dengan disiplin mengatur pengeluaran agar tidak melebihi pendapatan.

Selain itu, kamu juga harus lebih selektif dalam mengelola pengeluaran sebagai bentuk kompensasi atas pelonggaran yang kamu lakukan selama bulan puasa Ramadan dan Lebaran. Jadi, tidak ada lagi kata bokek setelah Lebaran!

 

Lunasi Utang

Credit Image - republika.co.id

Nah, apabila saat hari Lebaran kamu menggunakan kartu kredit untuk pembayaran, maka di bulan berikutnya sebaiknya lunasi tagihan utang kartu kredit tersebut.

Kemudian, jika ada utang lain lagi, maka sebaiknya dibuat perincian seberapa banyak dana yang harus disisihkan untuk membayarnya per bulan. Lakukan dengan konsisten agar bisa membantu memulihkan kondisi keuangan setelah Idul Fitri.

 

Kembali Rajin Menabung

Setelah selesai hari Lebaran, kamu bisa lakukan pembenahan kembali termasuk di pos tabungan. Caranya dengan memulai batasi pengeluaran dan kembali sisihkan sebagian dana untuk pos tabungan yang sudah terpakai selama Lebaran.

Selain itu, perlu diingat bahwa uang untuk tabungan sebaiknya sisihkan di awal, bukan menunggu apabila ada sisa pengeluaran.

Mengatur keuangan untuk hari Lebarang memang penting, kan? Namun biar pengaturan pengeluaran tetap maksimal, pastikan kamu sudah mempertahankan kondisi tubuh, termasuk dalam urusan energi dan stamina, ya.

Biar energi tetap terjaga, kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active – multivitamin tepat untuk menemani berbagai rutinitas harian, dan pastinya nyaman di lambung. Kamu bisa meminumnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

 

Jadi, jangan sampai kamu boros di momen Lebaran kali ini, ya. Tetap atur keuanganmu dengan menerapkan tips di atas!

 

 

Featured Image – blog.mekar.id

Source – idntimes.com