Ahli gizi berperan penting dalam meningkatkan kesehatan dan mencegah penyakit pada sebagian besar orang. Seorang ahli gizi bertugas untuk memastikan kondisi kesehatanmu dalam keadaan prima dengan menyarankan pola makan sehat dan bergizi. Jika ingin hidup sehat, kamu bisa coba menerapkan pola makan sehat yang dianjurkan oleh ahli gizi berikut ini.

1. Menambah asupan protein

Credit: beritagar.id

Pola makan sehat yang dianjurkan oleh ahli gizi adalah menambah asupan protein yang berperan sebagai salah satu pondasi utama untuk membentuk otot, kulit, hormon, dan sel serta jaringan pada organ tubuh. Makanan berprotein tinggi dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga massa otot dan pembakaran lemak pun bertambah. Selain itu, makanan berprotein dapat membantu tubuh kenyang lebih lama.

Kebutuhan harian protein yang direkomendasikan adalah 46 gram untuk wanita dan 56 gram untuk pria. Untuk memenuhi kebutuhan protein harian kamu bisa mengonsumsi telur, daging tanpa lemak, oatmeal, susu, brokoli, kacang lentil, ikan, dan udang.

2. Konsumsi lemak baik

Credit: dictio.id

Pola makan sehat kedua yang dianjurkan adalah mengonsumsi lemak sehat. Ada dua jenis lemak yang baik untuk tubuh yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3. Kedua jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol baik darah dan menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Asupan lemak sehat yang direkomendasikan yaitu 44-77 gram per hari. kamu bisa mendapatkan lemak baik dari makanan seperti alpukat, kacang- kacangan, minyak sayur seperti minyak zaitun dan canola, selai kacang, ikan salmon, tahu, dan kacang kedelai.

3. Karbohidrat kompleks

Credit: hellosehat.com

Seperti protein, karbohidrat kompleks merupakan sumber energi untuk tubuh. Dalam karbohidrat kompleks juga terkandung vitamin, mineral, dan serat. Dapatkan karbohidrat kompleks dari makanan seperti nasi, pasta, roti, kacang polong, biji- bijian, brokoli, wortel, apel, dan pisang.

4. Tambahkan yogurt saat mengonsumsi buah

Credit: yogurtinnutrition.com

Yogurt mengandung protein hewani, kalsium, kalium, zinc, vitamin B2, B12, dan magnesium. Selain itu, yogurt juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menyehatkan pencernaan. Sajikan yogurt dengan potongan buah segar seperti stroberi, nanas, atau taburi dengan flaxseed. Hindari yogurt dengan pemanis tinggi dan pilih yogurt yang kaya akan kandungan vitamin D.

5. Serat

Credit: medicalnewstoday.com

Serat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan terutama usus. Serat dapat membantumu menurunkan berat badan, menurunkan gula darah, dan mencegah konstipasi.

Asupan serat harian yang direkomendasikan adalah 25 gram untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Beberapa makanan yang mengandung serat adalah buah pir, stroberi, apel, pisang, buah bit, brokoli, lentil, sereal, bubur gandum, kacang almond, biji chia, dan ubi manis.

 

Itulah beberapa tips pola makan sehat dari ahli gizi yang bisa diterapkan dalam keseharianmu. Selain itu, jangan lupa batasi makanan olahan atau makanan asin yang mengandung banyak garam, dan batasi minuman dengan pemanis. Sebagai gantinya, kamu bisa minum susu rendah lemak atau jus buah segar. Dan konsumsi vitamin C dari Enervon setiap harinya untuk bantu jaga daya tahan tubuh kamu.

 

Featured Image - diabetes.org