5 Tips Sukses Membuat Lamaran Pekerjaan, Bikin Dilirik Banyak Perusahaan!

5 Tips Sukses Membuat Lamaran Pekerjaan, Bikin Dilirik Banyak Perusahaan!

font size A Ǎ

Sudah memiliki CV – atau resume yang menarik, namun masih sering tidak lolos seleksi di perusahaan yang dituju? Bisa jadi, hal ini disebabkan oleh lamaran pekerjaan yang kurang tepat, lho. Surat lamaran kerja memiliki pengaruh yang besar untuk memikat pihak perusahaan.

Surat lamaran pekerjaan menampilkan kemampuanmu dalam menulis – dan hal ini bisa menjadi keunggulan dibandingkan dengan kandidat lainnya. Pada intinya, surat tersebut harus menjawan dua pertanyaan penting, yakni mengapa kamu cocok menjadi kandidat dan nilai plus yang dimiliki.

Agar menarik hati pihak perusahaan, berikut tips membuat lamaran pekerjaan yang baik.

 

 

Tujukan Lamaran Pekerjaan Secara Spesifik

5 Tips Sukses Membuat Lamaran Pekerjaan, Bikin Dilirik Banyak Perusahaan!

Credit Image - glints.com

Istilah "To whom it may concern" atau departemen SDM di sebuah perusahaan yang dicantumkan dalam surat lamaran kerja adalah cara cepat surat lamaran pekerjaanmu tidak dilirik, lho. Lebih baik, selalu cobalah membuat surat lamaran kerja yang ditujukan pada spesifik orang.

Misalnya adalah manajer HRD atau kepala departemen. Sertakan juga nama, jabatan, perusahaan, dan alamat pada bagian atas surat lamaran kerja di bawah tanggal.

Namun, jika kamu tidak tahu spesifik orang yang dituju, cara mudahnya adalah dengan mencari di LinkedIn. Masukkan nama perusahaan dan beberapa kata kunci pada kolom pencarian, semisal "Google, hiring manager, sales" dan sejumlah profil akan muncul.

 

Jelaskan Tujuan Surat

Cara membuat surat lamaran pekerjaan berikutnya, yaitu kamu mesti menjelaskan tujuan surat tersebut. Kata-kata pembuka dalam surat lamaran kerja tidak perlu bertele-tele. Faktanya, menurut pakar karier di Harvard, kata-kata pembuka harus jelas, tegas, dan lugas.

Selanjutnya, jelaskan tujuan kamu menulis surat lamaran kerja, mulai dari posisi yang kamu lamar – dan jika memungkinkan, beritahu pula bagaimana kamu mengetahui informasi mengenai lamaran pekerjaan tersebut.

 

Hindari Menulis Ulang CV

5 Tips Sukses Membuat Lamaran Pekerjaan, Bikin Dilirik Banyak Perusahaan!

Credit Image - zety.com

Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, kamu tidak usah menulis esai 1.000 kata yang merangkum CV. Surat ini adalah kesempatan untuk menjelaskan mengapa kamu sangat tertarik pada perusahaan serta visi dan misinya.

Tidak perlu terlalu formal dan kaku, sebaiknya gunakan bahasa sendiri dan masukkan sejumlah kata-kata yang menarik untuk membuat surat lamaran pekerjaan lebih "menggigit." Jika kamu memiliki pendidikan atau pengalaman kerja yang relevan, pastikan menyertakannya dalam satu atau dua contoh kunci.

Dan ingat, kamu juga harus menjelaskannya dengan penuh kepercayaan diri. Pembaca surat lamaran pekerjaan juga memandang surat tersebut sebagai contoh kemampuan menulismu, lho.

 

Jangan Terlalu Sering Menggunakan Kata “Saya”

Ketimbang menggunakan kata-kata yang berbunga-bunga dan sifat-sifat yang klise seperti "mampu berpikir cepat" atau "kreatif," lebih baik gunakan kata-kata yang mencerminkan aksi secara konkrit, seperti:

  • Untuk menunjukkan kemampuan memimpin – gunakan kata berhasil memimpin, memperoleh kontrak, menugaskan, mengarahkan, memimpin, dan mendelegasikan.
  • Tunjukkan kemampuan komunikasimu dengan kata ganti, seperti menerjemahkan, mempresentasikan, mengegosiasikan, memoderatori, dan mengedit.
  • Untuk menunjukkan kemampuan riset kamu bisa gunakan kata memeriksa, menguji, menciptakan model, menginvestigas, dan membuat sistemmatik.
  • Dan, kamu bisa menunjukkan kemampuan kreativitas dengan berkata mendesain ulang, mengembangkan, mengintegrasikan, menciptakan konsep, membentuk, serta merancang.

Selain itu, hindari terlalu banyak menggunakan kata "saya." Sebab, ini akan menunjukkan bahwa kamu mencari apa yang bisa didapatkan dari perusahaan. Fokusnya harus pada bagaimana perusahaan bisa memperoleh sesuatu dari kamu.

 

Pilih Kalimat Penutup yang Sesuai

5 Tips Sukses Membuat Lamaran Pekerjaan, Bikin Dilirik Banyak Perusahaan!

Credit Image - hrmkenyahub.com

Untuk menutup surat lamaran pekerjaan, kamu harus mencantumkan kembali minat pada posisi tersebut dan ucapkan terima kasih kepada pembaca atas pertimbangannya. Di samping itu, tegaskan bahwa kamu menunggu kabar baik dari mereka dan bubuhkan tanda tangan, ya.

Agar proses mencari kerja tetap optimal, selain memperhatikan surat lamaran pekerjaan, kamu juga mesti menjaga energi tubuh agar kondisi tetap fit, sehingga mencari kerja tidak terhambat, ya.

Agar hal itu tidak terjadi, kamu juga disarankan untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active, nih. Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk Enervon, kamu bisa segera kunjungi e-commerce di Tokopedia, ya!

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah tahu ya cara tepat untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang baik. Yuk, mulai diterapkan biar cepat dilirik oleh perusahaan impianmu!

 

 

Featured Image – karirgogo.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!