5 Jenis Asupan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sedang Kurang Tidur

5 Jenis Asupan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sedang Kurang Tidur

font size A Ǎ

Tahukah kamu bahwa apa yang dimakan dan diminum dapat memengaruhi kualitas tidur di malam hari? Jenis makanan dan minuman tertentu bahkan dinilai ampuh untuk mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia, lho.

Memang, asupan makanan dan minuman tidak bisa langsung mengatasi masalah tidur. Pasalnya, gangguan tersebut juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mungkin sudah berlangsung dalam waktu lama.

Untuk membantu mengurangi masalah insomnia dari makanan dan minuman, berikut 5 jenis asupan yang direkomendasikan.

 

 

1. Daging Ayam

5 Jenis Asupan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sedang Kurang Tidur

Credit Image - eatthis.com

Melansir American Sleep Association, daging ayam bisa membantu kamu tidur nyenyak karena mengandung triptofan – yang merupakan salah satu asam amino esensial, yakni bagian terkecil protein yang tidak dapat diproduksi tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.

Triptofan dibutuhkan dalam produksi serotonin, melatonin, serta vitamin B6. Serotonin memberikan rasa rileks dan mood baik, vitamin B6 amat penting untuk pembentukan melatonin, sedangkan melatonin adalah hormon yang mengatur siklus tidur.

 

2. Ikan

Ikan biasanya identik dengan protein, tapi makanan ini ternyata bermanfaat untuk mengatasi insomnia karena kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 membantu pembentukan melatonin sambil bekerja dengan serotonin untuk menjaga keseimbangan siklus tidur.

Produksi melatonin biasanya baru dimulai begitu memasuki malam hari. Makan ikan beberapa jam sebelum tidur membantu merangsang pembentukan melatonin lebih awal sehingga kamu lebih cepat mengantuk.

 

3. Kacang Almond

5 Jenis Asupan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sedang Kurang Tidur

Credit Image - bola.com

Kacang almond merupakan sumber alami hormon melatonin. Makanan ini juga padat akan berbagai mineral, terutama magnesium. Mengonsumsi beberapa butir almond saja sudah cukup untuk memenuhi 19% kebutuhan magnesium setiap hari.

Magnesium dapat membantu kamu tidur nyenyak dengan cara meredakan peradangan pada tubuh. Mineral ini juga mampu mengurangi kadar kortisol, yakni hormon penyebab stres yang kerap mengganggu tidur di malam hari.

 

4. Buah-Buahan

Beberapa jenis buah mengandung melatonin sehingga bisa membantu kamu tidur lebih cepat tanpa banyak terbangun di tengah malam. Ini sebabnya buah menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk mengatasi insomnia.

Pilihlah buah dengan kandungan melatonin yang tinggi seperti kiwi, nanas, dan jeruk. Cobalah mengonsumsi dua buah beberapa jam sebelum tidur selama satu bulan. Cara ini diyakini dapat menambah durasi tidur hingga satu jam.

 

5. Konsumsi Vitamin B dan Vitamin C untuk Bantu Masalah Susah Tidur

5 Jenis Asupan yang Sebaiknya Dikonsumsi Ketika Sedang Kurang Tidur

Credit Image - productnation.co

Tahukah kamu bahwa kedua vitamin tersebut – ternyata juga dapat membantu atasi masalah susah tidur? Memiliki peran untuk jaga kekebalan tubuh, vitamin C serta vitamin B kompleks pun dikenal sebagai nutrisi yang bisa meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dikutip dari sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 – dalam Jurnal PLOS One menunjukkan bahwa seseorang dengan kadar vitamin C rendah dalam tubuhnya, punya kecenderungan alami masalah sulit tidur. Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekurangan vitamin C – berkaitan erat dengan insomnia.

Peroleh asupan vitamin C dari berbagai sumber tinggi nutrisi, seperti jeruk, jambu biji, pepaya, stroberi, kiwi, dan nanas.

Selain itu, kamu bisa mengonsumsi vitamin B kompleks, lebih tepatnya vitamin B6. Jenis vitamin yang satu ini dapat  membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja – namun, sejumlah vitamin di atas bisa kamu penuhi, hanya dengan rutin mengonsumsi multivitamin saja! Tak perlu repot lagi, kan? Cocok untukmu yang punya aktivitas padat, lho.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagaimana kalau ingin perlindungan lebih ekstra? Bisa konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari.

Dan untukmu yang punya masalah lambung sensitif bisa minum Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina biar tidak mudah lelah, sekaligus pertahankan imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Bagimu yang sedang mengalami masalah susah tidur, hal tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi beberapa asupan di atas, lho. Yuk, dicoba!

 

 

Featured Image – answersguide.net

Source – hellosehat.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!