Banyak orang yang bilang saat sudah memasuki dunia kerja, nanti kamu tidak bisa lagi mempertahankan idealisme kamu. Apalagi, jika kamu bekerja di perusahaan yang sudah memiliki SOP atau peraturan tertentu yang tidak bisa dilanggar.

Lalu, bagaimana jika kamu memiliki idealisme atau keyakinan yang begitu kuat dan kamu ingin tetap bisa bertahan di perusahaan tempatmu bekerja sekarang? Berikut ini tips yang bisa kamu coba untuk menghadapi dunia kerja!

1. Hargai pendapat orang lain

Credit: idntimes.com

Jika kamu ingin dihargai, maka kamu harus menghargai pendapat orang lain terlebih dahulu. Berikan apresiasi pada setiap pendapat yang menurutmu bagus dan tidak perlu menyindir pendapat yang menurutmu kurang tepat.

2. Ungkapkan ide pertama kali

Credit: glints.com

Saat ada kesempatan untuk mengungkapkan ide, cobalah untuk menjadi orang pertama yang mengungkapkannya. Ide pertama yang muncul biasanya akan menjadi dasar berpikir untuk ide- ide berikutnya. Jadi, jadikan momen ini sebagai kesempatanmu untuk mengungkapkan pendapat dengan rasa percaya diri.

3. Tampil dengan meyakinkan

Credit: okezone.com

Ide apapun yang kamu sampaikan harus konsisten agar mudah diterima oleh orang lain. Tanpa unsur paksaan jika ide itu mudah dicerna, orang lain akan mengikutimu dan artinya idealisme kamu bisa dipertahankan. Jangan sampai ada kalimat yang meragukan dari penyataanmu, agar orang lain setuju.

4. Dekati atasanmu

Credit: selipan.com

Cara paling mudah agar ide kamu bisa masuk ke dalam sebuah kerja tim adalah dengan mempengaruhi pimpinannya. Karena itu, dekati atasanmu dan ajukan ide tersebut secara personal, serta berikan argument- argumen positif yang bisa mempengaruhinya. Membujuk satu orang akan lebih mudah dibandingkan harus membujuk sekelompok orang.

5. Tunjukkan keuntungan dari ide kamu

Credit: diversityjournal.com

Sebelum mengungkapkan ide, sebaiknya tuliskan juga apa saja keuntungan dari ide yang kamu berikan tersebut jika berhasil dijalankan. Keuntungan- keuntungan tersebut harus berpengaruh langsung pada anggota tim, pimpinan, dan perusahaan. Dengan begitu, mereka akan memerikan respons yang lebih positif terhadap idemu.

6. Pastikan kamu bertanggung jawab

Credit: cheatsheet.com

Jika setiap idemu nanti sering diloloskan, maka pastikan kamu menjadi orang yang bertanggungjawab untuk apa yang terjadi nanti. Jangan sampai kamu lari jika ada masalah dengan pelaksanaan idemu, tunjukkan bahwa kamu memang berani dan menerima apapun yang terjadi dengan rasa bertanggungjawab penuh.

 

Featured Image - viewsonic.com